10 Pertanyaan Tentang Asuransi yang Sering Dibahas

pertanyaan tentang asuransi
pertanyaan tentang asuransi

Asuransi merupakan produk keuangan yang akan memberikan uang sebagai pertanggungan jika nasabah mengalami risiko kehidupan. Banyaknya pertanyaan tentang asuransi cukup membantu calon nasabah yang masih bingung tentang asuransi.

Saat ini produk asuransi semakin banyak, seperti: asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kepemilikan, asuransi kendaraan, asuransi bisnis, asuransi properti, pendidikan sampai asuransi perjalanan. Dengan begitu semakin banyak pula pertanyaan tentang asuransi.

Meskipun saat ini produk asuransi semakin banyak dan semakin populer, namun beberapa masyarakat belum mengetahui sistem asuransi. Pertanyaan tentang asuransi cukup banyak, namun dari semuanya terdapat beberapa pertanyaan umum dari calon nasabah. Berikut beberapa pertanyaan tentang asuransi yang umum ditanyakan nasabah:

Mengapa harus membeli produk asuransi?

Pertanyaan tersebut umum ditanyakan masyarakat yang masih awam dengan asuransi. Jawaban atas pertanyaan tersebut yakni dengan memberikan penjelasan rinci tentang manfaat asuransi yang akan dinikmati nasabah.

Karena manusia pasti akan meninggal dunia, terkena sakit atau kecelakaan atau bencana lainnya yang akan mengganggu kestabilan finansial. Dengan memiliki asuransi keuntungan yang akan didapatkan adalah terbebasnya dari biaya ketika terkena musibah sesuai jenis asuransi yang kamu ambil.

Bisa dibayangkan berapa ratus juta yang harus kamu keluarkan jika suatu hari nanti ternyata kamu terkena penyakit yang bisa menghabiskan seluruh tabunganmu seperti kanker, jantung, dan sebagainya? Dengan adanya asuransi ini, kamu tidak perlu memikirkan masalah tersebut. Karena meskipun kamu mengalami penyakit, seluruh biaya rumah sakit akan dijamin oleh asuransi. Sehingga kamu bisa lebih fokus pada penyembuhan dibanding memikirkan biaya yang besar.

Bagaimana dengan asuransi kesehatan dari perusahaan?

Pertanyaan tentang asuransi meskipun perusahaan tempatmu bekerja sudah mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan bahkan untuk anak dan istrimu. Terdapat tiga alasan kamu tetap harus memiliki asuransi pribadi.

Pertama, tidak adanya jaminan bahwa perusahaanmu akan memberikan asuransi jika kamu tidak dapat bekerja karena masalah kesehatan. Jika kamu mengajukan polis asuransi dan sudah memiliki riwayat penyakit maka kecil kemungkinan kamu akan diterima.

Kedua, biasanya plafon yang diberikan asuransi perusahaan tidak terlalu besar. Sebagai keluarga pastinya ingin memberikan perawatan yang layak bukan, salah satu solusi untuk masalah tersebut adalah dengan tetap memiliki asuransi kesehatan pribadi.

Yang ketiga, hampir semua perusahaan yang memberikan asuransi kesehatan kepada karyawannya hanya sampai pensiun. Jika kamu baru mengajukan asuransi kesehatan pribadi, maka pembayaran preminya akan sangat tinggi karena usia dan riwayat penyakit yang dialami.

Apa saja yang dicover perusahaan asuransi?

Perlu diketahui, tidak semua macam penyakit dan kondisi ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan. Jadi, sebelum kamu membeli asuransi, cobalah konsultasikan kepada agen asuransi secara lengkap mengenai penyakit dan kondisi kamu, baik yang ditanggung perusahaan asuransi, maupun yang tidak. Selain itu, kamu juga bisa tanyakan lebih lanjut mengenai tindakan-tindakan yang ditanggung asuransi, seperti biaya medical check up, konsultasi, dan sebagainya. Jangan sampai asuransi yang kamu beli malah sia-sia dan tidak bisa membantu kamu ketika mengalami penyakit tertentu.

Seberapa luas jaringan rumah sakit rekanan?

Ini juga menjadi hal penting yang harus kamu ketahui sebelum membeli asuransi. Semakin luajaringan rumah sakit rekanan, tentu semakin baik untuk kamu dan keluargamu nantinya. Artinya, kamu bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan medis di mana pun dan kapan pun. Kemungkinan membayar dengan sistem cashless pun jadi lebih besar. Tanyakan juga rumah sakit rekanan yang ada di luar negeri. Karena mungkin saja kamu membutuhkannya ketika kamu berada di luar Indonesia.

Selain itu, luasnya cakupan rumah sakit rekanan juga dapat menjadi indikasi kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Jadi, penting buat kamu untuk memilih asuransi yang memiliki banyak rumah sakit rekanan, terutama di sekitar tempat tinggalmu. 

Apa akibatnya jika terlambat bayar premi?

Seperti yang sudah kamu ketahui, ketika kamu membeli asuransi, kamu berkewajiban untuk membayar premi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Jika tidak, maka ada kompensasi yang harus ditanggung.  Biasanya, juka premi tidak dibayar, beberapa perusahaan asuransi akan menangguhkan sementara status kepesertaan, sehingga kamu tidak dapat melakukan klaim asuransi. 

Namun, ada juga perusahaan asuransi yang menerapkan denda sekian persen dari total premi dan lama keterlambatan. Aturan polis standar AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia), keterlambatan pembayaran melebihi waktu yang ditentukan dapat membuat polis menjadi batal secara otomatis alias hangus.

Untuk mengetahui hal ini, cobalah konsultasikan pada agen asuransi mengenai dampak keterlambatan bayar, serta dispensasi yang ditawarkan jika mengalami kesulitan pembayaran premi sesuai jadwal. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas auto debit rekening pada tenggat waktu pembayaran untuk menghindari lupa bayar.

Berapa besaran limit pertanggungan yang diterima?

Tidak ada asuransi yang memberikan limit unlimited. Pasti setiap produk asuransi memiliki limit atau plafon klaim biaya kesehatan. Jika produk asuransi yang ditawarkan tidak sesuai kebutuhan, kamu bisa meminta alternatif produk lain dengan premi yang masih terjangkau. Umumnya, asuransi menawarkan dua jenis penetapan limit, yaitu limit per perawatan dan limit gabungan semua perawatan. 

Di mana, limit per perawatan, plafon pertanggungan dihitung untuk masing-masing jenis perawatan. Misalnya, biaya rawat inap sebesar Rp50 juta per tahun, biaya operasi sebesar Rp25 juta per tahun, biaya konsultasi sebesar Rp20 juta per tahun, dan sebagainya.

Sementara limit gabungan akan dihitung untuk total gabungan seluruh jenis perawatan. Misalnya, maksimal sebesar Rp300 juta dalam setahun. Dibandingkan tipe limit yang pertama, tipe limit ini membuat nasabah dapat menggunakan berbagai layanan perawatan yang diperlukan dengan lebih fleksibel dan sesuai kebutuhan, selama limit masih terpenuhi.

Apakah produk asuransi murni atau rider dari unit link?

Masih banyak orang yang belum memahami jenis produk asuransi murni dan rider. Nah mana yang terbaik? Tentu asuransi kesehatan murni, bukan rider (asuransi tambahan) dari kombinasi asuransi dan investasi alias unit link. 

Pada unit link, premi akan dibagi menjadi asuransi jiwa, investasi, baru asuransi kesehatan. Dengan begitu, umumnya premi akan lebih mahal dari asuransi murni, namun proteksi atau pertanggungannya jauh lebih sedikit.  Hal ini berbeda dengan asuransi murni yang preminya hanya diperuntukkan untuk tanggungan biaya kesehatan. Karena itulah, preminya terhitung lebih murah untuk nilai pertanggungan yang lebih tinggi. 

Bagaimana jika saya sehat terus?

Kamu bisa memiliki kehidupan sehat dengan disiplin menjalankan pola hidup sehat seperti olahraga, makan teratur dan bergizi, tidak mengonsumsi alkohol, dan lain sebagainya yang bisa merusak kesehatan dan tidak stres.

Jadi seberapa yakin kamu bisa konsisten menjalankan pola hidup sehat tersebut tanpa stres. Dengan gaya hidup saat ini yang serba instan, mobilitas tinggi dan tuntutan pekerjaan. Lalu bagaimana jika terjadi kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja.

Namun, ketika kamu tetap merasa rugi untuk membeli asuransi kesehatan, kamu sekarang bisa memilih dan membayar premi sesuai dengan kebutuhan. Saat ini juga banyak tersedia asuransi yang bisa dicairkan jika tidak terjadi klaim hingga masa asuransi berakhir.

Apakah semua orang harus memiliki asuransi?

Tidak, semua orang tidak harus memiliki asuransi jika yakin bisa menanggung semua kebutuhan dari risiko kehidupan yang bisa terjadi kapan saja. Jika tidak yakin sanggup menanggung semua risiko kedepannya namun masih mengabaikannya, itu sama dengan mempertaruhkan masa depan keluarga sendiri.

Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi?

Tahapan untuk mengajukan klaim, yang pertama kamu harus membaca isi polis asuransi yang sekaligus sebagai bukti fisik perjanjianmu dengan perusahaan asuransi. Polis asuransi bisa menjadi bukti kuat untuk mengajukan klaim.

Saat mengajukan klaim, kamu harus ke kantor agen asuransi dengan membawa polis asuransi beserta bukti dan dokumen yang terkait. Hal tersebut untuk mempermudah kamu dalam meminta uang ganti rugi apabila pemilik asuransi jiwa meninggal.

Itulah beberapa pertanyaan tentang asuransi yang umumnya ditanyakan masyarakat yang masih awam dengan asuransi. Dengan memiliki asuransi jiwa, bisa menjadi jaminan untuk anak dan istri apabila terjadi sesuatu di luar dugaan yang tidak diinginkan. Selain pertanyaan di atas, kamu juga bisa benar-benar memahami mengenai besaran premi yang harus kamu keluarkan setiap bulannya dan apa saja yang ditanggung oleh asuransi tersebut.

Selain asuransi, kamu juga bisa menyiapkan investasi yang dapat digunakan untuk tujuan dana darurat ataupun masa pensiun kamu. Ajaib merupakan salah satu platform yang dapat membantu kamu menyiapkan dana darurat ataupun pensiun melalui instrumen investasi reksa dana.

Dengan Ajaib, kamu bisa menetukan tujuan investasimu dan jenis investasi yang ingin kamu gunakan. Setalah itu, biarkan manajer investasi yang akan mengelola dana investasi yang telah kamu simpan didalamnya. Mudah bukan? Jadi tunggu apalagi? Investasikan uang yang kamu miliki sekarang demi masa depan yang lebih aman dan bebas dari masalah keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait