Asuransi & BPJS

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik 2020 yang Jadi Pilihan

Ajaib.co.id – Mobil merupakan aset yang diminati oleh masyarakat. Selain sebagai aset, mobil merupakan kendaraan yang dipergunakan sehari-hari. Meski aset ini memiliki nilai penyusutan setiap tahunnya, belum lagi dengan biaya perawatannya, minat masyarakat masih tinggi. Inilah alasan orang masih membutuhkan asuransi mobil terbaik.

Kendaraan yang satu ini bukanlah barang mewah lagi bagi masyarakat. Masyarakat lebih memilih mobil untuk menjadi sarana transportasi sehari-hari. Dengan adanya sistem cicilan, pastinya jumlah pemilik mobil akan semakin meningkat.

Kebanyakan orang sangat merawat dan melindungi mobilnya. Salah satunya adalah membeli dan menggunakan asuransi mobil. Umumnya, biaya asuransi mobil terbilang cukup mahal.

Namun, sekarang ini sudah ada beberapa asuransi mobil terbaik yang bisa menjadi referensi kamu. Yuk, simak dulu artikelnya di bawah ini!

Jenis Asuransi Mobil

Sebelum mengetahui apa saja asuransi mobil terbaik, kamu harus pahami dulu jenis-jenis asuransi kendaraan.

a. Asuransi Total Lost Only (TLO)

Asuransi Total Lost Only (TLO) merupakan jenis asuransi yang akan memberikan jaminan ketika mobilmu hilang karena dicuri. Jenis asuransi ini juga menyediakan jaminan ketika ada rusak berat, di mana kerusakan pada mobil kamu dengan nilai sekitar 75% dari harga mobil saat itu.

Jika kerusakan mobilmu kurang dari 75%, maka kamu tidak bisa mengajukan klaim asuransi. Klaim kamu akan ditolak, karena tidak memenuhi persyaratan pengajuan klaim asuransi.

Jika harga mobil yang kamu miliki adalah Rp100.000.000 dan biaya kerusakannya mencapai Rp80.000.000, maka biaya perbaikan mobilmu dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Jika biaya perbaikan mobilnya hanya Rp65.000.000, kamu tidak bisa mengajukan klaim asuransi.

b. Asuransi All Risk

Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi all risk akan memberikan perlindungan dan pembiayaan penuh ketika mobilmu rusak. Jenis asuransi ini juga memberikan perlindungan ketika mobilmu hilang dicuri. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Dengan bentuk pelayanan dan perlindungan tersebut, maka biaya premi yang harus kamu bayar setiap bulannya akan lebih tinggi dibanding jenis asuransi TLO.

Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Asuransi mobil sangat diperlukan oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki mobil. Berikut ini adalah rekomendasi asuransi mobil terbaik di Indonesia:

a. Asuransi Sinarmas

Asuransi Sinarmas memiliki salah satu produk unggulan, yaitu Simasnet. Keuntungan dari Simasmet adalah bisa melakukan klaim langsung ke bengkel atau dealer yang bekerja sama dengan Sinarmas ketika mobilmu rusak.

Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu menikmati fasilitas cicilan 0% untuk kartu kredit BCA, serta layanan 24 jam.

b. Allianz

Jenis asuransi ini sudah dikenal dan diakui dunia. Allianz sendiri memiliki produk asuransi mobil, yakni Asuransi Allianz Mobilku. Allianz Mobilku menawarkan tiga paket yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti:

  • Allianz Mobilku Grand: memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau pencurian mobil.
  • Allianz Mobilku ECO: memberikan sejumlah uang atau premi yang terjangkau.
  • Allianz Mobilku Suka-suka: memberikan paket asuransi sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk mengajukan klaim asuransi, kamu tidak perlu datang ke kantor Allianz. Kamu bisa mengajukan klaim tersebut di situs resmi Allianz.

c. Asuransi Jasarahaja Putera

Jenis asuransi ini merupakan asuransi mobil yang paling diminati oleh banyak orang. Sebab, Jasarahaja Putera menawarkan harga premi yang murah dibanding perusahaan asuransi lain. Jasarahaja Putera memiliki dua jenis asuransi, yakni Total Lost Only (TLO) dan all risk.

Asuransi Jasarahaja Putera sudah berdiri sejak 1993 silam. Hingga saat ini, perusahaan asuransi ini memiliki 27 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

d. Asuransi Adira

Salah satu produk asuransi terbaik dari Adira adalah Autocilin Auto Insurance. Produk asuransi ini memiliki berbagai manfaat untuk kamu; fasilitas mobil derek, proses klaim yang mudah, dan premi yang ekonomis. Adira menyediakan asuransi jenis all risk dan Total Lost Only (TLO).

Untuk pengajuan klaim, kamu bisa menghubungi pihak Adira. Setelah itu, pihak Adira akan datang dan mengantar jemput mobilmu ke bengkel.

e. ACA Otomate

Ada salah satu layanan menarik yang ditawarkan oleh ACA Otomate, yaitu memberikan layanan mobil pengganti jika mobilmu sedang diperbaiki. Dengan begitu, kamu bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan mobil tersebut.

Selain itu, ada juga layanan road side assistance yang bakal membantu kamu untuk memperbaiki mobil yang rusak di lokasi.

f. Axa Auto Insurance

Axa Auto Insurance menawarkan empat jenis perlindungan asuransi mulai dari basic TLO, comprehensive, smart drive TLO, serta smart drive comprehensive. Di mana, pada perlindungan smart drive, baik TLO maupun comprehensive, terdapat perluasan manfaat meliputi jaminan atas pemogokan, kerusuhan, huru-hara, terorisme, sabotase, banjir dan angin topan, gempa bumi dan tsunami, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Di mana, dengan menggunakan asuransi ini, ketika kamu kehilangan kunci mobil pun kamu tetap bisa mendapatkan ganti rugi. Untuk membelinya, kamu bisa melakukannya secara online melalui situs resmi Axa Auto Insurance.

Manfaat Asuransi bagi Kendaraan

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi mobil. Di bawah ini adalah beberapa manfaat asuransi bagi kamu dan juga mobilmu.

1. Memberikan perlindungan

Manfaat pertama memiliki asuransi mobil adalah memberikan perlindungan bagi kamu sebagai pemilik kendaraan terhadap kerugian akibat kejadian tidak terduga. Kerugian ini bisa berupa kerusakan kendaraan akibat terjadi kecelakaan , kehilangan akibat dicuri dan lain-lain. Selain itu, ada juga beberapa perlindungan yang bisa kamu dapatkan, misalnya ketika terjadi huru hara, gempa bumi, banjir, dan sebagainya.

2. Membantu perencanaan keuangan

Dengan adanya asuransi kendaraan, kamu juga bisa memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik dan teratur. Misalnya, ketika mobilmu mengalami kerusakan, kamu pasti harus mengeluarkan biaya untuk perbaikannya. Sedangkan, ketika kamu menggunakan asuransi, pihak asuransi sudah mengganti dalam hal biaya, sehingga kamu tidak perlu terbebani atas seluruh biaya yang timbul, sehingga perencanaan keuangan menjadi tidak terganggu.

3. Memberikan rasa aman

Kepemilikan asuransi kendaraan juga bisa memberikan rasa aman, ketenangan batinm dan meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, ketika kamu dalam perjalanan, maka kamu tidak akan was-was apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Meski begitu, kamu sebagai pengemudi tetap harus berhati hati dan waspada saat mengunakan kendaraan.

4. Perlindungan lebih

Pada beberapa jenis asuransi kendaraan, kamu biasanya juga akan ditawarkan berbagai perlindungan lebih, selain perbaikan (asuransi all risk ) atau penggantian unit kendaraaan (asuransi TLO ), misalnya penawaran bantuan hukum ke pihak ketiga, layanan asuransi jiwa, dan sebagainya. Hal ini bisa memberikan manfaat lebih bagi pengguna asuransi.

5. Mendapatkan layanan tambahan

Pada saat mengalami sesuatu hal di jalan, ada beberapa perusahaan asuransi menawarkan layanan tambahan, misalnya fasilitas hotline 24 jam, dan derek mobil. Layanan mobil pengganti bermanfaat pada saat mobil yang diasuransikan sedang dalam proses perbaikan, sehingga aktivitas keseharian kamu tidak terganggu.

Tips Membeli Asuransi Sesuai Budget

Asuransi mobil sangat bermanfaat untuk melindungimu dari kerugian keuangan di masa depan. Sudah banyak perusahaan asuransi yang bisa jadi referensi kamu, dan banyak produk yang bisa dipilih.

Setelah mengetahui rekomendasi asuransi mobil di atas, maka kamu sudah memahami betapa pentingnya memiliki asuransi. Di bawah ini AJaib akan menjelaskan beberapa tips memilih asuransi mobil yang harus kamu perhatikan.

1. Kenali kondisi mobil dan lokasi penggunaan

Untuk memilih asuransi mobil yang sesuai kebutuhan, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memahami kondisi mobil terlebih dulu. Di mana, mobil baru dan mobil keluaran lama memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga layanan asuransi yang perlu dipilih pun bisa berbeda.

Jika harga mobil tergolong tinggi, mobil membutuhkan biaya besar meski untuk kerusakan ringan, maka sebaiknya pilihlah asuransi all risk yang memberikan perlindungan meski hanya kerusakan ringan, seperti tergores.

Selain kondisi mobil, kamu juga harus memerhatikan lokasi yang sering ditempuh mobil tersebut. Misalnya, jika jalanan yang dilalui sehari-hari cukup lengang namun tempat tinggalmu terkenal tingkat kriminalitas tinggi, maka pilihlah asuransi TLO.

2. Pilih asuransi dengan premi sesuai kebutuhan dan kemampuan

Premi asuransi mobil memiliki biaya yang cukup besar. Kamu tentu tidak ingin bukan menunggak premi? Selain tidak bisa mendapatkan manfaat asuransi secara maksimal. Jadi, cobalah hitung dengan benar berapa besar dana yang bisa kamu alokasikan untuk membayar premi.

Misalnya, rata-rata harga premi asuransi mobil mulai dari 0,8 hingga 1 persen dari harga mobil untuk asuransi TLO, dan 2 hingga 3 persen dari harga mobil untuk asuransi mobil all risk. Kemudian bandingkan besaran premi dan fasilitas yang diberikan oleh tiap perusahaan asuransi.

3. Cek kredibilitas perusahaan asuransi

Reputasi perusahaan asuransi bisa dilihat dari rasio keluhan pelanggan, kualitas bengkel rekanan perusahaan, serta prosedur klaim yang tidak menyulitkan nasabah.  Untuk mendapatkan informasi tersebut, cobalah mencari informasi tentang perusahaan asuransi di berbagai sumber, mulai dari Internet hingga bertanya langsung kepada nasabah asuransi mobil yang kamu kenal. Selain itu, pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Perhatikan fitur yang ditawarkan

Setiap jenis asuransi mobil akan memberikan keuntungan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan kamu telah mengetahui fitur layanan apa saja yang diberikan perusahaan dan jenis asuransi. Bukan hanya layanan utama, namun juga layanan tambahan, seperti fasilitas mobil derek, pengadaan mobil pengganti, mobil ambulans, hotline service, dan sebagainya. Meski terlihat menarik, kamu tidak perlu menambah perluasan jaminan jika merasa tidak terlalu membutuhkan.

5. Perhatikan layanan bengkel rekanan

Bengkel rekanan adalah salah satu aspek penting dalam memilih asuransi. Di mana, ketika terjadi sesuatu pada mobil, bengkel rekananlah yang menjadi tujuan utama untuk melakukan perbaikan.  Selain memastikan bengkel rekanan memiliki reputasi baik, pastikan juga perusahaan asuransi memiliki bengkel rekanan yang dekat dengan lokasimu. 

Memiliki asuransi mobil menjadi salah satu cara memproteksi finansial dari risiko kerugian yang tidak dapat diprediksi. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dan kemampuanmu untuk mendapatkan manfaat asuransi mobil yang optimal. 

Artikel Terkait