Penilaian Tingkat Risiko dan Alokasi Aset

Ajaib: Penilaian Tingkat Risiko dan Alokasi Aset
Ajaib: Penilaian Tingkat Risiko dan Alokasi Aset

Ahli perencana keuangan merekomendasikan pendekatan metodis untuk berinvestasi.

Langkah 1. Penilaian Tingkat Risiko: Setiap investor harus memperkirakan kemampuan mereka untuk mengambil risiko. Biasanya ini bisa dilakukan dengan menjawab pertanyaan seperti: “Apakah Anda lebih suka berinvestasi dalam portofolio yang Return 10% setiap tahun atau Return 30% dalam satu tahun tetapi kehilangan 20% di tahun berikutnya?”

Langkah 2. Alokasi Aset: Berdasarkan skor penilaian tingkat risiko, setiap investor harus memutuskan kelas aset mana (Saham, Pendapatan Tetap/ Obligasi, Pasar Uang, dll) yang mereka akan investasikan dan berapa banyak. Contohnya, berinvestasi 90% di saham dan 10% di pendapatan tetap atau 70% di pendapatan tetap dan 30% di pasar uang.

Kemampuan untuk mengambil risiko harus menjadi ukuran objektif – ditentukan oleh berapa banyak uang yang Anda miliki dan apakah Anda memiliki sumber penghasilan untuk mengganti kerugian dalam investasi. Alokasi aset harus didorong oleh ukuran objektif dan bukan ukuran subjektif.

Oleh karena itu kami di Ajaib telah membuat alat-alat perencanaan keuangan online yang membuat pendekatan metodis untuk berinvestasi mudah untuk Anda. Tim lulusan PhD dan MBA kami dari ITB dan Stanford University menggunakan penelitian akademis untuk membantu Anda mengetahui penilaian tingkat risiko Anda dan alokasi aset yang cocok untuk Anda.

Share to :
Tags: , ,
Artikel Terkait