Bisnis & Kerja Sampingan, Rumah Tangga Masa Kini

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube dengan Mudah

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube dengan Mudah

Saat ini sudah tidak terhitung banyak situs-situs yang mengulas mengulas tentang cara mendapatkan uang dari YouTube. Tapi, berhati-hatilah karena sebagian tulisan tersebut hanya menawarkan dorongan yang naif dan hanya dapat mengubah cara pandang kamu karena penjelasannya yang kurang mendalam. Tapi tenang saja. Di bawah ini kami sajikan beberapa hal penting jika kamu sangat tertarik ingin mengetahui cara mendapatkan uang dari YouTube.

Buatlah Channel Youtube 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun YouTube terlebih dahulu. Caranya, sign in ke YouTube, kemudian buatlah channel-nya. Untuk masuk dan mendaftar, kamu dapat memanfaatkan akun Google, supaya tidak mengisi data form dari awal lagi.

Setelah itu buatlah nama untuk saluran YouTube kamu. Lalu pikirkan konsep untuk konten tersebut. Sebisa mungkin nama dan konten kamu menarik. Agar warganet ‘terprovokasi’ untuk klik saluran YouTube yang kamu miliki.

Monetisasi Channel YouTube Kamu

Sign in ke akun YouTube yang kamu punya. Kemudian pilih menu account information yang ada di kanan atas dan tekan creator studio. Lalu di menu bagian kiri, pilihlah channel kemudian tekan status and features. Lalu pilihlah enable monetisation dan setujui semua persetujuan yang ada.

Sambungkan Ke Google AdSense

Setelah monetisasi pada channel YouTube kamu diaktifkan, lakukan associate serta approved Google AdSense account kamu ke YouTube account milikmu. Nantinya bakal ada fitur YoTube Analytic yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan track penghasilanmu. Namun itu dapat terbayar kalau kamu melengkapi dan mengikuti YouTube payment treshold yang ada.

Tingkatkan Conversion Rate Ke Product Page 

Apabila kamu memiliki sebuah usaha, maka channel YouTube tersebut dapat dijadikan salah satu sarana cara mendapatkan konsumen. Caranya, ciptakan sebuah content yang memperlihatkan bahwa produk usahamu sangat menarik untuk dikonsumsi atau dipakai, dengan promosi secara halus.

Setelah itu, kamu perlu membuat sebuah link pada product page di kolom deskripsi video YouTube yang kamu miliki. Para vlogger seringkali melakukan hal ini ketika menjual produk dengan halus. Misalnya, pada video review menu masakan di suatu resto atau warung makan. Biasanya bakal di-shoot produk tertentu seperti merek kecap, saus, atau pelezat makanan lainnya. Cara demikian dapat diterapkan di content  YouTube kamu.

Arahkan Traffic Sebagai Afiliasi Link

Afiliasi marketing adalah sebuah cara untuk mendapatkan uang dari Internet yang sangat potensial. Namun seringkali para pelaku afiliasi marketing ini tidak menjelaskan secara detail bagaimana cara menghasilkan uang dari Internet ini.

Namun, cobalah ciptakan channel YouTube yang menarik dan manfaatkan untuk mengarahkan ke afiliasi link. Hal ini lebih efisien daripada mengarahkan viewer dengan menggunakan sebuah blog ke afiliasi link. Karena saat ini orang seringkali lebih tertarik ke visual dibanding membaca tulisan panjang.

Buatlah Content Yang Unik Dan Berbeda

Sah-sah saja jika kamu mencari cara mendapatkan uang dari YouTube. Tapi, sebelum memikirkan soal uang, kamu perlu membuat content yang unik dan berbeda. Kamu perlu melakukan observasi mengenai content-content apa saja yang menarik dan mendapatkan minat yang tinggi dari viewer.

Dari observasi tersebut, tulislah catatan mengenai alasan content-content itu disukai dari sudut pandangmu. Kemudian ciptakan sendiri contentmu dengan cara unik dan buatlah sesuatu yang berbeda dari content lainnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait