4 Kamera Rekomendasi untuk Vlogger, Hasilnya Bisa Diandalkan

kamera rekomendasi untuk vlogger
kamera rekomendasi untuk vlogger

Tertarik mencari uang melalui vlog? Kamu harus menyiapkan kamera yang bagus. Oleh karena itu, kamu harus tahu kamera rekomendasi untuk vlogger melalui ulasan berikut ini.

Mendengar istilah vlogger, pastilah tidak asing di telinga kamu. Vlogger atau pembuat konten video menggunakan kamera saat ini sedang menjamur di kalangan generasi muda. Menjadi seorang vlogger atau pembuat konten video tak ubahnya seperti blogger.

Beda Vlogger dan Blogger

Jika seorang blogger menyajikan informasi dalam bentuk artikel, maka vlogger menyajikan informasi bentuk video. Video ini umumnya diunggah dalam layanan streaming YouTube ataupun media sosial.

Namun kebanyakan vlogger menyajikan informasinya melalaui YouTube karena memiliki durasi yang lebih panjang hingga berjam-jam. Lain halnya dengan sosial media seperti Twitter, Instagram dan Facebook yang memiliki keterbatasan danlam durasi.

Saat ini banyak orang terus berlomba membuat content menarik untuk menarik minat para pengguna media sosia terutama situs upload video streaming, seperti YouTube. Namun demikian pembuatan content atau vlog pastilah tidak jauh dari penggunaan kamera-kamera bagus.

Kamera Vlogger Harus Mahal?

Kamera rekomendasi untuk vlogger professional umumnya memiliki harga-harga yang fantastis. Tidak hanya puluhan juta bahkan ratusan juta dengan ragam perlengkapan yang serba ada.

Mulai dari tripod, hingga drone. Tak perlu heran, karena para vlogger professional memiliki banyak penghasilan dari subscriber yang jumlahnya tidak sedikit, otomatis harga kamera bagus yang fantastis tidaklah sulit dimiliki.

Namun jika kamu berkeinginan menjadi seorang vlogger, maka kamu juga harus memiliki kamera bagus. kamu tidak perlu bersudah payah membeli kamera rekomendasi untuk vlogger dengan harga mahal jika kamu masih pemula. Ada baiknya jika kamu belajar membuat content terlebih dahulu hingga mahir dan menghasilkan sejumlah subscriber.

Adapun beberapa kamera bagus yang dapat digunakan seorang pemula dengan harga-harga dibawah Rp 10 juta namun tetap memiliki akurasi dalam merekam sebuah video.

Kamera Rekomendasi untuk Vlogger

Fujifilm X-A5

Kamera Fujifilm X-A5 memiliki bentuk sangat klasik dengan tebal kamera sekitar 40 mm dengan lensa kit 15-45mm. Keunggulan kamera ini adalah layar yang bisa ditarik keatas dengan kemampuan zooming maksimal.

Layar kamera ini dapat diubah hingga 180 derajat melalui layar sentuhnya. Selain itu, kamera ini juga memiliki ‘high-speed movies’ dengan playback slow motion dan rekaman video berkualitas 4K dan maksimum rate 15fps.

Selain itu, kamera Fujifilm X-A5 juga memiliki resolusi 24.2 Mega Pixel dengan tipe sensor CMOS dan light sensitifity ISO 12800. Kamera ini dibandrol dengan harga kisaran Rp 5,7 juta hingga Rp 6 juta.

Panasonic Lumix DMC GF7

Kamera Panasonic Lumix DMC GF7 memiliki fasilitas sensor CMOS 4/3 dengan resolusi kamera 16 Mega Pixel. Panasonic juga memasukan prosesor Venus Engine, dengan kemempuan merekam video resolusi 1920 x 1080 pixel Full HD. Kamera mirrorless ini yang akan memudahkan kamu melakukan selfshot.

Lumix DMC GF7 juga memiliki autofocus dengan 23 titik fokus dan koneksi WiFi dengan maksimum shutter speed 1/16000 s. Panasonic Lumix DMC GF7 mempunyai maksimum light sensitivity dengan ISO 25600. Kamera ini dibandrol dengan harga Rp 5 juta hingga Rp 5,5 juta.

Nikon 1 J5

Kamera Nikon 1 J5 merupakan kamera mirrorless dengan layar lipat 180 derajat yang penuh, guna memudahkan penggunanya mengambil self shoot. Dengan resolusi 20,8 MP, kamera ini dapat merekam video dengan kualitas 4K meskipun dan kecepatan 15 fps. Kamera ini juga memiliki tipe sensor CMOS dan maksimum shutter speed 1/16000 s. Dengan maksimum light sensitivity ISO 12800, Nikon 1 J5 dibandrol Rp 4 juta hingga Rp 1,5 juta.

Sony Alpha A6000

Selanjutnya ada kamera Sony Alpha A6000 yang merupakan salah satu kamera mirror less yang bisa kamu jagikan referensi untuk membuat content video atau vlog. Memiliki desain yang mini, Sony A6000 mempunyai fitur 179 titik phase detection yang mampu mengikuti subjek bergerak dalam kondisi outdoor.

Kamera ini memiliki resolusi 24 MP dengan tipe sensor CMOS dan maksimum shutter speed 1/4000 s. Sedangkan untuk maksimum light sensitivity kamera ini memiliki ISO 25600 dan dibandrol Rp 5,9 juta hingga Rp 6,3 juta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait