Asuransi & BPJS

Asuransi Allianz Gandeng Bukalapak, Mau Bikin Apa?

allianz

Ajaib.co.id – Asuransi Allianz terus melakukan inovasi untuk mengoptimalkan layanan bagi nasabahnya. Terbaru ialah bekerja sama dengan Bukalapak, salah satu e-commerce terbesar di tanah air. Kerja sama ini antara lain untuk mengembangkan bisnis keuangan online (Fintech) antar kedua perusahaan.

Belum lama ini perusahaan asuransi Allianz menjalin kerja sama dengan perusahaan ecommerce Bukalapak. Dalam hal ini, Bukalapak berkontribusi membantu penjualan asuransi Allianz utama Indonesia secara online dengan profit dan keuntungan yang cepat. Cara ini dianggap tepat karena menyasar pada kalangan milenial yang kebanyakan merupakan pengguna jasa belanja online dan e-commerce.

PT Asuransi Allianz Life Indonesia sendiri memiliki banyak produk, mulai dari asuransi kesehatan, dana pensiun, hingga asuransi jiwa. Untuk lebih memudahkan lagi, sebuah produk proteksi diri Allianz yang dijual di Bukalapak kamu hanya membayar premi yang sangat terjangkau yakni Rp236.250 hingga Rp945.000 per tahun atau kisaran angka Rp19 ribuan per bulannya.

Seluruh proses registrasi untuk member Allianz melalui Bukalapak dilakukan secara online, mulai dari registrasi, pembayaran, menerima nomor polis, hingga klaim. Ini juga sekaligus merupakan kemajuan di bidang asuransi dimana klaim dan registrasi tidak perlu bertatapan muka dengan agen asuransi. Melalui toko online juga, pengenalan produk-produk asuransi menjadi lebih mudah.

Dengan premi yang disebutkan tersebut, maka nasabah pengguna asuransi Allianz berhak mendapatkan penggantian biaya rawat inap senilai Rp200 ribu per hari dengan maksimum limit klaim Rp6 juta. Limit ini juga tergatung dari jenis manfaat asuransi yang kamu ambil. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang sangat aktif untuk mengembangkan produk fintechnya.

Sebelum bekerja sama dengan Allianz, Bukalapak juga sudah memiliki lini usaha fintech seperti reksa dana online (BukaReksa), tabungan emas (BukaEmas), dan cicilan online (BukaCicilan).

Terjamin OJK

Program fintech ini jelas aman karena dijamin dan juga memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika dilihat dari sisi merchant, fintech Bukalapak juga menyediakan fasilitas cicilan dalam membantu permodalan merchant.

Allianz dan Bukalapak memanfaatkan sebuat era dimana berbagai kebutuhan dan perlengkapan dapat dibeli tanpa harus bertatap muka. Selain efisiensi market online kini sedang dalam puncak kejayaan dimana hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong lini usaha Allianz dan Bukalapak.

Dalam mendukung minat masyarakat untuk membeli proteksi diri Allianz, Bukalapak juga memberikan promo potongan harga sebesar 50%. Hal Ini tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari masing-masing perusahaan terkait.

Allianz Gandeng E-Commerce Lainnya Untuk Optimalkan Layanan Digital

Allianz mencatat hasil yang positif dari kerjasama tersebut. Terbukti, pendapatan premi dari channel e-commerce menyumbang besar bagi perusahaan. Fungsi lainnya juga meningkatkan awareness produk serta dilanjutkan dengan engagement yang akan berkontribusi secara transaksional.

Dalam realisasinya perusahaan terus melengkapi kanal distribusi yang dimiliki, yakni agen dan bancassurance. Selain itu, perusahaan asuransi ini juga menambah kanal digitalnya salah satunya melalui JD.ID. Kolaborasi dengan JD.ID merupakan salah satu fokus perusahaan untuk memperluas jangkauannya.

Dengan memilih JD.ID sebagai mitranya, Allianz optimis dapat mendukung gaya hidup masyarakat, agar relevan dengan pasar yang terus berkembang, sekaligus memperluas jangkauan perlindungan asuransi.

Melalui layanan JD Life yang merupakan unit usaha di JD.ID, kedua perusahaan berkomitmen untuk memberi perlindungan terhadap barang yang dibeli melalui. Ambil contoh, nantinya JD ID akan memberi 75% biaya perbaikan barang, dari harga pasar atau perolehan produk saat mengklaim jika terjadi kerusakan.

Kini Bisa Klaim Digital Untuk Asuransi Kendaraan dan Perjalanan

Pandemi global yang juga melanda Indonesia telah mengubah pola hidup masyarakat. Pembatasan sosial juga membuat masyarakat semakin mengandalkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam mendapatkan layanan terkait perlindungan asuransi.

Hal ini disikapi oleh Allianz dengan menghadirkan inovasi berupa Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan. Nasabah yang menggunakan Portal Klaim Digital bisa merasakan berbagai kemudahan, yaitu: Proses pengajuan klaim lebih mudah, cukup melengkapi formulir elektronik dan mengunggah foto serta dokumen pendukung yang disyaratkan, pengajuan ditangani langsung oleh Claim Handler yang berpengalaman, serta status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim.

Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti.

Strategi ini merupakan salah satu upaya Allianz Utama untuk terus melakukan peningkatan layanan bagi nasabah. Hal ini terlihat dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating ‘sangat puas’ dari nasabah.

Rating tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama terutama dari sisi kemudahan pengajuan klaim, pelayanan staff terhadap nasabah, kemudahan dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan yang secara keseluruhan mendapatkan rating 4,7 dari total 5 poin.

Untuk mengajak lebih banyak nasabah merasakan kemudahan klaim digital ini, Allianz Utama memberikan E-voucher senilai Rp50.000 untuk 300 klaim dan permintaan survei melalui layanan video call yang valid yang diajukan selama periode program yaitu 3 Agustus 2020 – 30 November 2020.

Artikel Terkait