5 Ide Produk & Tips Belajar Bisnis Online yang Laris Manis!

5 Ide Produk Jualan untuk Belajar Bisnis Online yang Laris Manis!

Berbelanja secara online memang menawarkan kemudahan dan kepraktisan, tanpa perlu pergi kemanapun, kamu sudah bisa mendapatkan barang yang dicari. Hal ini membuat banyak orang beramai-ramai ingin membuka toko online dan menjadikan bidang usaha ini cukup menjanjikan. Pernahkah kamu berpikir untuk belajar bisnis online di tahun 2020 ini?

Ide Produk yang Laris Manis di 2020 

Meski memiliki peluang yang besar, ketika kamu mau memulai bisnis online, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain menyiapkan modal, hal yang tidak kalah penting adalah memutuskan jenis produk apa yang akan kamu jual. Jika kamu masih bingung menentukan pilihan, berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu jual dan jadikan inspirasi untuk memulai bisnis online.

#1 Perlengkapan Fashion dan Perhiasan

Produk mode atau fashion selalu menjadi primadona di dalam dunia jual beli online. Banyaknya pilihan, model yang variatif, serta range harga yang luas membuat banyak orang gemar membeli barang-barang fashion dan perhiasan melalui toko online. Hal ini secara tidak langsung juga membuat produk fashion sangat potensial dan menjanjikan dijual melalui toko online kamu. 

Di tahun 2020 ini misalnya, beberapa produk fashion yang mendapat angka penjualan tinggi adalah shapewear, kemeja flanel, dan pakaian olahraga. Dengan mengetahui data-data tersebut, kamu pun bisa lebih bijak menentukan fashion items yang hendak dijual.

#2 Mainan Anak

Bisnis yang satu ini juga dikenal tidak lekang oleh waktu. Tahun demi tahun, peminat mainan tidak akan berkurang. Selama masih ada anak-anak, bisnis mainan tidak akan sepi pembeli. Hal ini secara tak langsung juga bisa menjadi potensi yang bagus bagi toko online kamu. Menariknya, tidak hanya diminati anak-anak, orang dewasa pun banyak yang gemar mengoleksi produk-produk mainan tertentu misalnya Lego, Tamiya, Gundam, dan masih banyak lagi.

#3 Makeup dan Alat Perawatan Diri

Produk kosmetik dan alat perawatan diri semakin hari makin banyak peminatnya, khususnya sejak tahun 2017. Perawatan diri tidak lagi hanya menjadi kebutuhan, namun juga sebuah tren tersendiri. Itu sebabnya, menjual perlengkapan makeup dan alat perawatan diri di toko online kamu juga bisa menjadi peluang menjanjikan. Dengan ragam kosmetik dan alat perawatan diri yang ada, mulai dari wajah, rias mata, bibir, hingga skincare, kamu pun memiliki banyak pilihan barang untuk dijual.

#4 Perlengkapan Fotografi

Saat ini, fotografi menjadi salah satu hobi yang semakin umum digemari. Bahkan, skill fotografi menjadi keahlian yang semakin dicari dan dibutuhkan di era modern ini. Tidak heran, jika banyak orang rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah untuk membeli berbagai perlengkapan fotografi dan videografi. Sebab, selain bisa dijadikan hobi, fotografi juga bisa menjadi lahan pekerjaan tersendiri.

#5 Perlengkapan Traveling

Pergi berjalan-jalan ke berbagai kota atau negara telah menjadi sebuah tren tersendiri. Hal ini tidak lepas dari kehadiran teknologi, yang semakin memudahkan manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Saking digemarinya, aktivitas traveling yang dulu hanya dijadikan sebagai pengisi waktu luang, kini bahkan juga dijadikan sebagai lahan mencari keuntungan. 

Hal ini memunculkan adanya profesi atau istilah-istilah khusus perti travel blogger, travel influencer, dan lainnya. Karena itulah, berjualan perlengkapan traveling juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Jika jeli membaca peluang, sebenarnya memang ada begitu banyak barang yang bisa dijual melalui toko online. Namun, layaknya bisnis lainnya, satu kunci penting yang perlu kamu ingat saat belajar bisnis online shopadalah kesabaran. Agar semakin cepat mendapat pelanggan, membuat toko online yang memiliki ciri khas juga bisa menjadi salah satu langkah cerdas. Good luck!

Tips Memulai Bisnis Online

Setelah kamu menentukan produk apa yang ingin kamu jual, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah bagaimana cara menjual produk tersebut. Di bawah ini, Ajaib akan memberikan beberapa langkah mengenai cara memulai bisnis online secara lebih mudah dan cepat.

#1 Membuat Website

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjual produk adalah menginformasikan produk yang akan kamu jual ke seluruh khalayak ataupun target market yang kamu tuju. Untuk menginfokannya, kamu bisa mulai dengan membuat website sederhana yang menjelaskan mengenai produk apa yang kamu jual, deskripsi produk, foto, dan juga harga. Buatlah seluruh informasi tersebut dengan lebih menarik.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan halaman untuk blog yang bisa menjadi salah satu media untuk memasarkan produk secara soft selling dan membuatnya lebih menarik untuk menjadi pemenang di halaman Google. Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai membuat artikel, misalnya ketika kamu menjual produk fashion, kamu bisa memberikan beberapa tips memadupadankan fashion yang kamu miliki dengan benar. Dengan memilih kata kunci yang tepat, kamu bisa membantu calon pelanggan untuk mencari produkmu dengan mudah melalui Google.

Selain membantu kamu memperkenalkan produk kamu ke khalayak lebih luas, kamu juga bisa mendaftarkan website yang telah kamu buat ke dalam Google Adsense, sehingga selain keuntungan dari bisnis, kamu juga bisa mendapakan keuntungan dari Google Adsense.

#2 Affiliate Marketing

Kamu juga bisa memanfaatkan strategi affiliate marketing, di mana kamu bisa membuka peluang bagi orang lain yang ingin berjualan produk kamu dan bisa mendapatkan komisi setiap kali produk kamu berhasil terjual. Model bisnis online ini cocok bagi pelanggan kamu yang ingin mendapatkan pendapatan semi pasif. Selain memberikan keuntungan bagi mereka, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan, di mana pendapatan bisa bertambah dan produk kamu pun lebih dikelanal oleh banyak orang.

#3 Manfaatkan Media Sosial

Saat ini siapa yang tidak memahami dan tidak menggunakan media sosial? Hampir seluruh orang di dunia pasti mengenal apa itu media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi. Sebagai pengusaha yang ingin sukses, kamu bisa mulai memasarkan produk kamu ke beberapa media sosial tersebut. Ini akan membantu orang-orang untuk menemukan bisnis kamu di antara bisnis lainnya.

Kamu juga bisa memanfaakan influencer atau selebgram untuk membantu kamu mempromosikan produk yang ingin kamu jual. Biasanya ini akan memberikan impact positif dan juga cepat. Namun, dalam pemilihannya pun kamu harus berhati-hati, pilihlah influencer yang memiliki citra positif dan bisa membantu kamu mendongkrang bisnis dengan lebih mudah.

Itulah beberpa produk dan tips belajar bisnis online dengan lebih mudah. Dengan memahami tips tersebut, kamu bisa menjalani bisnis online dengan mudah dan juga nyaman. Kenapa? Karena kamu memiliki bekal dan informasi yang cukup membantu kamu dalam memulai bisnis.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait