Inilah Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan Internasional

asuransi perjalanan internasional
asuransi perjalanan internasional

Asuransi perjalanan sepertinya tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya punya peran yang cukup penting. Sesuai dengan namanya asuransi perjalanan dikhususkan bagi kamu-kamu semua yang melakukan perjalanan baik perjalanan domestik atau dalam negeri maupun perjalanan internasional atau ke luar negeri. Asuransi perjalanan yang paling banyak ditawarkan adalah asuransi perjalanan internasional.

Hal tersebut karena untuk melakukan perjalanan jauh ada banyak risiko yang akan kamu hadapi dan mengandalkan asuransi perjalanan internasional sebagai perlindungan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan adalah hal yang tepat. Karena dikenal sebagai asuransi perjalanan karena itulah asuransi ini hanya berlaku selama kamu melakukan perjalanan.

Ciri khas dari asuransi perjalanan ini, baik asuransi perjalanan domestik ataupun asuransi perjalanan internasional, kamu bisa mendaftarkannya di alamat website pihak penyedia asuransi masing-masing. Ya, kamu hanya perlu mendaftarkan asuransi perjalanan internasional secara online. Hal ini dikarenakan asuransi tersebut hanya perlu dibayarkan sekali ketika kamu dalam perjalanan. Dan karena juga syarat administrasi yang tidak terlalu banyak seperti syarat asuransi kesehatan dan asuransi yang pada umumnya sering digunakan oleh masyarakat. Karena itu kemudahan ini harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

Asuransi perjalanan internasional sendiri memiliki manfaat sebagai berikut.

Meng-cover Pengobatan Ketika Jatuh Sakit

Jatuh sakit sedang berada di negeri orang dan sedang asyik-asyiknya melakukan perjalanan adalah hal yang tidak ingin kamu rasakan, tapi banyak faktor yang bisa membuatmu tiba-tiba jadi jatuh sakit. Misalnya saja ketika kamu tidak terbiasa dengan suhu dingin, akhirnya kamu malah jatuh sakit. Biasanya juga kamu bisa jadi tidak menyediakan uang untuk pengobatan selama sakit itu, dan akhirnya terpaksa menggunakan yang awalnya diperuntukkan untuk kegiatan wisatamu di luar negerti itu. Di sinilah asuransi perjalanan internasional bisa membantumu untuk tidak mengkawatirkan diri ketika sakit selama dalam masa perjalanan karena pengobatanmu bisa dicover oleh asuransi perjalanan internasional.

Ganti Rugi Kehilangan Bagasi

Setelah sakit, hal yang selalu membayangi mereka yang melakukan perjalanan adalah kehilangan bagasi. Kehilangan bagasi ini akan sangat merepotkanmu, terutama jika barang-barang pentingmu ada di dalam bagasi tersebut. Biasanya pihak maskapai akan sulit untuk dimintai ganti rugi karena biasanya mereka yang kehilangan bagasi hanya diberi uang pengganti sepersekian persen, bahkan ada maskapai yang tidak memberikan ganti rugi sama sekali. Agar kamu bisa lebih tenang, sekarang banyak penyedia asuransi perjalanan internasional yang menyediakan klaim terhadap bagasi yang hilang. Meski kamu sedih karena kehilangan bagasimu, setidaknya ganti rugi yang diberikan oleh pihak asuransi akan mengurangi kesedihanmu.

Ganti Rugi Karena Pesawat Mengalami Delay

Ketika pesawat mengalami delay yang cukup panjang, kamu bisa mendapatkan klaim asuransi. Hal ini apabila delay pesawat itu membuatmu mengalami kerugian. Karena tidak jarang mereka melakukan perjalanan karena urusan bisnis dan harus meeting atau punya janji ikut pertemuan penting dengan klien. Terkadang delay juga terjadinya sangat lama, pernah ada yang seharian karena kondisi cuacanya yang tiba-tiba buruk. Kalau sudah seperti ini, kamu bisa melakukan klaim asuransi perjalanan milikmu. Walaupun sebenarnya waktu itu terkadang tidak tergantikan, tapi dengan melakukan klaim setidaknya bisa membuatmu sedikit terhibur.

Santunan Karena Kecelakaan

Ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh, risiko mengalami kecelakaan itu ada. Walaupun kamu tidak ingin hal buruk itu terjadi, tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga untuk keselamatan dirimu sendiri. Pengobatan untuk kecelakaan itu cukup besar biayanya, apalagi jika kecelakaan tersebut terjadi di negara orang. Maka kamu bisa melakukan klaim untuk pengobatan karena kecelakaan yang kamu alami.

Memberi Keamanan Ketika Meninggalkan Rumah

Sekarang ada asuransi perjalanan yang meng-cover keamanan rumah milikmu ketika ditinggal untuk melakukan perjalanan. Ketika melakukan perjalanan bisa jadi rumah yang kamu tempati kosong. Karena takut ada pencurian, kamu pasti sudah mengunci dan menutup rapat pintu-pintu dan jendela. Namun, tidak ada salahnya melindungi rumahmu dengan asuransi.Ketika rumahmu dibobol oleh pencuri, kamu akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi.

Itu adalah hal-hal yang dicover oleh pihak asuransi ketika kamu membeli asuransi perjalanan miliki mereka. Asuransi perjalanan memang cukup berbeda dengan asuransi seperti asuransi kesehatan. Dia hanya perlu sekali bayar, yaitu sebelum kamu akan melakukan perjalanan. Harganya pun cukup murah untuk sekali perjalanan yang kamu lakukan karena cover asuransi dilakukan hanya selama kamu melakukan perjalanan.

Ada juga asuransi perjalanan yang menyediakan paket asuransi dalam setahun. Paket ini bisa kamu manfaatkan untuk kamu yang memang sering melakukan perjalanan dalam setahun.

Tidak semua asuransi perjalanan internasional meng-cover keempat hal di atas yang sudah disebutkan karena itu sebelum melakukan pembelian asuransi, ada baiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu untuk memiliki perusahaan asuransi mana yang menyediakan keperluan asuransi perjalanan yang kamu butuhkan.

Dan juga ada beberapa negara yang mewajibkan kamu memiliki asuransi perjalanan internasional ketika kamu berkunjung ke negaranya. Hal ini harus kamu patuhi karena kalau tidak tentu kamu tidak diizinkan untuk berkunjung ke sana. Untuk kamu yang berangkat Haji atau Umroh juga akan diwajibkan membayar asuransi perjalanan demi perjalanan ibadahmu di Tanah Suci.

Sejauh ini perusahaan asuransi perjalanan internasional yang ada di Indonesia adalah AXA, ACE, AIG, ACA, dan masih banyak lagi. Keempat perusahaan asuransi tersebut menyediakan pendaftaran secara online. Jadi, ada baiknya kamu manfaatkan selagi bisa.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait