Asuransi & BPJS

Asuransi Kesehatan Murni untuk Melengkapi BPJS

Ajaib.co.id – Adanya jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau biasa disebut BPJS Kesehatan tentu merupakan terobosan baik. Kehadiran BPJS Kesehatan memungkinkan setiap warga negara memperoleh jaminan kesehatan yang memadai. Kini, tak hanya fakir miskin yang berhak atas jaminan kesehatan. Siapa pun yang berkewajiban membayar iuran BPJS Kesehatan, juga akan mendapatkan hak jaminan kesehatan.

Namun sebenarnya di luar sana masih banyak perusahaan asuransi swasta yang menawarkan asuransi kesehatan murni seperti halnya BPJS Kesehatan. Sejumlah asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan asuransi swasta masih memiliki nasabahnya masing-masing.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, kalau sudah ada BPJS Kesehatan, mengapa masih ada saja tawaran asuransi kesehatan swasta?

Asuransi kesehatan swasta tentunya menawarkan sejumlah kelebihan yang tak dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Apa saja kelebihan tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya beserta rekomendasi asuransi kesehatan murni dari perusahaan asuransi swasta yang bisa kamu pertimbangkan.

Sekilas BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan resmi beroperasi mulai 1 Januari 2014, sebelumnya jaminan kesehatan masyarakat dikelola oleh PT Askes (Persero). Pemerintah menetapkan BPJS Kesehatan melalui UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Peraturan sebelumnya telah didahului oleh UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Setiap warga negara Indonesia berhak atas jaminan dari BPJS Kesehatan tanpa terkecuali. Begitu pun Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia minimal enam bulan. Manfaat yang diperoleh dari BPJS Kesehatan meliputi:

1. Pelayanan kesehatan tingkat pertama (nonspesialistik) misalnya, administrasi pelayanan, pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis.

2. Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, yaitu rawat jalan dan rawat inap.

3. Pelayanan kehamilan, gigi, dan optik yang biasanya tidak ditanggung perusahaan asuransi swasta.

Atas manfaat tersebut, setiap warga berkewajiban membayar iuran yang telah ditentukan. Iuran ini tidak diberlakukan bagi golongan Penerima Bantuan Iuran yakni warga miskin.

Kelebihan utama BPJS Kesehatan adalah jangkauannya yang luas ke seluruh Indonesia dan mencakup hampir semua fasilitas kesehatan. Bahkan fasilitas kesehatan pertama tersedia sangat dekat dengan masyarakat, seperti dokter umum, klinik, dan puskesmas. Selain itu, dibandingkan asuransi kesehatan swasta, iuran BPJS Kesehatan juga jauh lebih murah.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Swasta

Kehadiran BPJS Kesehatan memang mampu menjangkau seluruh masyarakat dan hampir semua bentuk pelayanan kesehatan. Namun, bukan berarti keberadaan perusahaan asuransi swasta menjadi terpinggirkan. Perusahaan asuransi swasta menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh BPJS Kesehatan, contohnya:

1. Asuransi kesehatan swasta dapat digunakan di sejumlah rumah sakit swasta yang beberapa di antaranya memiliki fasilitas lebih memadai.

2. Lebih fleksibel, bahkan berlaku ketika harus berobat di luar negeri, selama rumah sakit tersebut bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

3. Ketika harus menjalani tindakan medis, pasien bisa lebih tenang karena seluruh dokumen pendukung akan diurus oleh perusahaan asuransi.

4. Beberapa perusahaan asuransi juga memberikan manfaat berupa uang tunai sebagai pengganti biaya pengobatan atau rawat jalan.

5. Layanan lebih cepat dan tidak berbelit-belit. Bahkan, kadang peserta asuransi hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi kepada petugas kesehatan untuk memperoleh tindakan medis. Peserta juga dalam banyak kasus tidak perlu mengantre panjang seperti halnya pasien BPJS.

6. Perusahaan asuransi tertentu juga memberikan tambahan asuransi jiwa.

7. Perusahaan asuransi swasta juga bisa menerima double claim. Misal, seseorang yang memanfaatkan keanggotaan BPJS Kesehatan ketika sakit masih dapat mencairkan dana dari perusahaan asuransi dalam waktu yang sama. Namun tidak sebaliknya.

Dari kelebihan-kelebihan di atas, dapat terlihat bahwa perusahaan asuransi swasta mengutamakan kenyamanan nasabah. Sebisa mungkin, peserta asuransi memperoleh penanganan terbaik dan segera.

Pilah-Pilih Asuransi Kesehatan Swasta

BPJS Kesehatan sudah diwajibkan. Kita juga sudah bayar iuran rutin. Lalu, kenapa harus ambil asuransi kesehatan swasta juga? Tak ada salahnya mengambil asuransi kesehatan swasta jika memiliki dana lebih. Dalam beberapa situasi dan kondisi, layanan dan manfaat asuransi swasta mungkin akan kamu butuhkan.

Lantas, perusahaan asuransi swasta mana saja yang direkomendasikan untuk dapat melengkapi BPJS Kesehatan?

1. AXA Hospital Plus Life

Asuransi dari AXA ini memberikan santunan rawat inap dan manfaat ganda bila nasabah terkena demam berdarah dan malaria. Bila nasabah meninggal dunia, AXA juga akan memberikan santunan dan pengembalian premi. Namun bila nasabah masih hidup di tahun ke-12 seluruh premi akan dikembalikan.

2. Allianz

Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan batasan rawat inap tertinggi, yakni 180 hari per tahun. Namun terdapat batasan dalam biaya perawatan. Allianz juga memudahkan nasabah dengan sistem cashless.

3. Cigna

Asuransi kesehatan dari Cigna akan cocok untuk kamu yang memiliki dana terbatas tetapi perlu proteksi tambahan. Preminya tergolong terjangkau, dengan hitungan per hari hingga usia maksimum yang ditentukan untuk menerima manfaat.

4. Prudential PRUprime Healthcare

Prudential dapat memberikan asuransi kepada nasabah baru yang berusia maksimal 65 tahun. Manfaat diberikan hingga usia 85 tahun sesuai pilihan nasabah. Nasabah juga punya pilihan untuk membayar premi lebih murah dengan PRUprime saver.

5. Manulife MiUltimate HealthCare

Salah satu keunggulan asuransi kesehatan Manulife adalah adanya limit tahunan. Artinya, Manulife akan membayar sesuai dengan tagihan kesehatan dengan limit tahunan, sesuai plan yang dipilih nasabah. Misalnya, plan kamar seharga Rp500 ribu dibatasi limit tahunan Rp1 miliar. Jadi, biaya apa pun yang timbul, termasuk obat dan laboratorium akan ditanggung selama limit tahunan masih tersisa.

Asuransi kesehatan murni dari perusahaan asuransi swasta tak kalah menarik bukan? Semoga informasi dan rekomendasi di atas dapat membantumu menentukan dan merencanakan masa depan yang sehat dan sejahtera.

Bacaan menarik lainnya:

Persada. Sudarto, J. (1976). Dasar-dasar Ilmu Pasti Asuransi Jiwa. Jakarta: Bumiputera


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait