5 Praktik Penuh Perhatian untuk Mengatasi Kegagalan

Mengatasi Kegagalan

Kegagalan sering dipandang sebagai kebalikan dari kesuksesan, dan ketika waktu, uang, dan sumber daya berada di jalur buntu, tekanan dapat dengan cepat masuk. Namun, pengusaha dan pemimpin bisnis akan bijaksana untuk mempertimbangkan definisi kegagalan secara hitam dan putih, karena itu adalah bagian dari setiap perjalanan bisnis, terutama selama lima tahun pertama.

Lalu bagaimana mengatasi kegagalan? Kamu tidak perlu panik dengan kegagalan yang kamu alami. Penulis Bryant McGill berkata, “Seseorang yang membuat sedikit kesalahan, membuat sedikit kemajuan.”

Jadi mari kita pertimbangkan persyaratan yang memenuhi syarat. Kegagalan dirasakan ketika bisnis kamu tidak memenuhi hasil yang diinginkan atau diinginkan. Meskipun tindakan atau keputusan kamu mungkin telah menyebabkan kegagalan, kamu sebagai pribadi bukan orang gagal.

Jika kamu memainkan permainan menyalahkan mental dengan diri sendiri, dan terus-menerus memikirkan kegagalan bisnis kamu, pertimbangkan praktik penuh perhatian ini, sehingga kamu dapat bergerak maju.

Sekarang waktunya kamu untuk mengatasi kegagalan. Simak lima praktik yang bisa kamu lakukan ini.

1. Cabut dan Mulai Bergerak

Menjalankan bisnis dapat memuaskan dan menantang secara emosional, semua perasaan tersebut ada pada saat yang bersamaan. Mungkin, impian sempurna kamu telah menabrak beberapa gundukan di jalan. Mungkin kamu kehilangan uang, dan sekarang kamu merasa dikalahkan, tertekan, atau takut.

Luangkan waktu untuk memproses perasaan kamu seputar kegagalan bisnis terakhir kamu. Buat beberapa keputusan untuk mengatasi kegagalan. Seperti melepaskan diri sementara dari media sosial, hilangkan gangguan, dan hadapi emosi kamu. Apa yang kamu akui dapat diproses dan dilepaskan. Berjalan, berlari, menangis, menjerit, atau berteriak, dll.

Lepaskan emosi untuk mengatasi kegagalan itu melalui beberapa jenis aktivitas gerakan untuk menghindari tekanan pada pikiran dan tubuh. Tubuhmu membutuhkan kamu agar tetap sehat. Salurkan kekecewaan dengan gerakan olahraga, yang alih-alih akan membuatmu lebih bugar daripada diam dan stress.

2. Menulis

Kadang-kadang kita dapat memutar ulang narasi dalam pikiran kita yang tidak faktual dan jauh dari kebenaran. Dengan pikiran jernih, mulailah menuliskan apa yang terjadi dan jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

·   Apa hasil yang saya harapkan?

·   Apa hasil sebenarnya?

·   Jenis perencanaan apa yang saya lakukan untuk mendukung hasil yang saya harapkan?

·   Pelajaran apa yang telah saya pelajari?

Banyak penelitian menyebutkan, menulis keresahanmu akan meredakan kekhawatiranmu. Menulis akan memperlihatkan tujuanmu lebih jelas lagi daripada hanya memikirkannya di otak. Jika kamu menulis, maka kamu akan melihat hal yang pasti dan tertulis (pastinya), dan kamu dapat terus mencoba memperbaikinya beberapa kali hingga perencanaanmu sempurna.

3. Membumilah

Setelah kamu mengetahui dengan jelas apa yang terjadi dan bagaimana itu terjadi, pertanyaan selanjutnya adalah: Mengapa itu terjadi? Saya tidak punya jawabannya, tetapi kamu tahu.

Pertimbangkan latihan pernapasan sederhana untuk memusatkan dan membumikan diri kamu. Emosi dapat mengarahkan kamu ke mana-mana, jadi pemusatan dan landasan sangat penting untuk mengatur emosimu.

Duduklah dalam keheningan dalam posisi duduk atau berbaring, melunakkan pandangan kamu atau tutup mata kamu, dan tarik napas kamu. Lakukan beberapa putaran pernapasan seimbang. Tarik napas selama empat hitungan dan buang napas selama empat hitungan. Sisihkan waktu untuk melakukan lima putaran atau lebih.

Latihan pernapasan ini dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan rasa tenang dan rileks saat memproses hasilnya. Pikiranmu akan lebih jernih untuk dapat memproses suatu kegelisahan dan membeberkan benang yang ruwet dan membuatnya menjadi lebih mudah dipahami dan diatasi.

4. Tetapkan Niat Kamu

Dengan pelajaran yang dipelajari tertulis dan pikiran yang jernih, sekarang saatnya untuk menetapkan niat yang jelas untuk langkah selanjutnya. Niat adalah tujuan atau rencana. Kamu mungkin tidak menyusun seluruh rencana, tetapi kamu bisa mulai dengan niat untuk mempercepat diri sendiri untuk keluar dari kegundahanmu. Ingat ini adalah lari maraton, bukan lari cepat.

Usahakan untuk tetap berhati-hati dalam menentukan niat kamu, gunakan rencana yang logis atau masuk akal untuk memulainya kembali. Jangan tergesa-gesa dalam membuat rencana dan menjalankannya. Kamu harus menetapkan niat dan berkomitmen tidak akan melakukan kesalahan yang sama dan berakhir di lubang yang sama.

Menetapkan niat memang tidak semudah menentukan waktu makan siang, namun kamu harus dapat melatih untuk berpegangan pada niat tersebut dan tetap pada jalur yang akan kamu jalani selanjutnya.

5. Renungkan

Mungkin tampak seperti meditasi adalah usaha yang sia-sia, tetapi tidak. Kita semua bermeditasi (yaitu, memusatkan perhatian) dengan merenungkan dan memfokuskan pikiran kita pada berbagai hal setiap hari. Bahkan khawatir adalah bentuk meditasi yang negatif .

Kekhawatiran dan kegundahan adalah fokus yang melihat sisi negatif lebih besar dan melupakan hal-hal positif atau menutup pikiran dari ide-ide yang sebenarnya sudah ada di pikiranmu. Hal ini adalah salah satu hal yang menghambatmu untuk tetap maju dan semangat dalam menjalani hidup.

Fokuslah pada bentuk yang lebih positif seperti meditasi mindfulness, yang secara fundamental “mengatur perhatian diri terhadap momen saat ini dan mengadopsi orientasi yang ditandai oleh keingintahuan, keterbukaan, dan penerimaan.”

Beberapa bahkan menggambarkan “mindfulness sebagai termasuk lima komponen kunci: non-reaktivitas, mengamati, bertindak dengan kesadaran, menggambarkan, dan tidak menghakimi. “

Dalam bukunya, Mindfulness for Creativity: Adapt, Create and Thrive in a Frantic World, penulis Danny Penman mengklaim bahwa meditasi mindfulness membuka pikiran kamu untuk ide-ide baru, meningkatkan perhatian dan memupuk keberanian dan ketahanan ketika berhadapan dengan kemunduran atau kegagalan.

Jadi, bernapaslah dan jangan salahkan dirimu sendiri pada kegagalan bersama yang pada kenyataannya kegagalan tersebut bukan hanya salahmu sendiri. Namun, penyebab kegagalan tersebut adalah hal yang memang seharusnya harus terjadi di perjalanan karir kamu. Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait