Coworking Space, Peluang Usaha Baru Berprofit Menggiurkan

peluang usaha baru
peluang usaha baru

Mari mengulas peluang usaha baru dari coworking space yang dikombinasikan dengan kedai kopi. Apakah bisa dilakukan untuk mendulang profit, atau justru malah bisa mendatangkan kerugian? Simak ulasannya berikut ini.

Coworking space alias ruang kerja bersama berkembang seiring dengan pertumbuhan startup dan UKM di Indonesia. Kantor model baru ini memberikan konsep ruang bekerja yang lebih fleksibel dan sesuai dengan gaya milenial. Keberadaanya juga memberikan solusi bagi usaha yang memiliki dana terbatas untuk menyewa kantor dan jumlah karyawan sedikit.

Awalnya bisnis coworking space nampak sangat menjanjikan dengan segala kelebihannya. Namun laporan media Tirto menunjukkan jika bisnis ini mulai tumbang seiring waktu karena operasional yang terus merugi. Alasannya karena biaya sewa coworking space dianggap masih mahal khususnya oleh start up pemula. Selain itu, keberadaan kedai kopi juga menjadi pesaing berat dari coworking space.

Kedai kopi dengan konsep outlet dan kafe juga menyediakan fasilitas serupa. Disediakan koneksi internet, bangku yang nyaman dan sambungan listrik sehingga banyak yang memilih bekerja di sana. Beberapa orang bahkan menganggap bekerja di kedai kopi gratis, jika tidak berhitung biaya kopi dan cemilan yang kita beli di sana.

Meskipun sebenarnya jaringan internet dan bangkunya sangatlah tidak pas untuk bekerja dalam waktu lama. Kekurangan lainnya adalah suasana yang kurang kondusif untuk bekerja karena riuh atau ramai pengunjung. Namun nyatanya masih banyak orang yang bertahan dengan bekerja di kafe atau kedai kopi.

Peluang Usaha Baru Coworking Space dengan Kedai Kopi

Hal ini harusnya menjadi peluang usaha baru yang bisa kita lakukan yakni menyediakan coworking space yang dikombinasikan dengan konsep kedai kopi. Cara ini juga seharusnya bisa menutup biaya operasionalnya. Harga jual makanan dan minumannya bisa dinaikkan beberapa persen untuk membayar sewa tempat yang dipakai selama beberapa jam.

Ada beberapa model coworking space yang sudah menerapkan konsep ini khususnya di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Daya jual yang ditonjolkan seperti minuman khas sehingga tak masalah biarpun dibandrol dengan harga mahal. Contohnya salah satu ruang kerja di Yogyakarta bertajuk Antologi yang menjual minumannya di harga Rp15.000 sampai Rp40.000. Harga ini relatif mahal untuk segelas kopi atau minuman sederhana yang ditawarkan.

Namun konsumennya tetap tinggi karena fasilitas yang ditawarkan dan desain bangunan yang nyaman untuk bekerja. Pelanggannya juga bukan hanya sekedar kalangan pekerja startup atau usaha kecil lainnya namun juga merambah ke mahasiswa. Berbeda dari coworking space yang menerapkan biaya sewa bulanan atau tahunan, model kafe baru ini tidak mengenakan biaya sewa.

Inovasi Baru Coworking Space Bergaya Kedai Kopi

Ada juga yang menyediakan tambahan ruangan yang lebih eksklusif untuk disewa bagi startup yang ingin punya area tersendiri. Biaya sewa biasanya dikenakan untuk periode tertentu dengan tambahan fasilitas koneksi internet yang eksklusif beserta makanan atau minuman dari pengelola. Dengan demikian, ruang kerja model baru ini bisa mendapatkan pelanggan baik dari kalangan pekerja atau masyarakat luas.

Para pengusaha coworking space model baru ini juga semakin cerdik dengan menyediakan berbagai kelas yang dilakukan secara berkala. Acara yang digelar menjadi cara meningkatkan profit serta promosi untuk menarik konsumen baru. Pemilihan lokasi juga menjadi trik jitu pengelolaan bisnis ini. Kebanyakan memilih lokasi yang ramai dengan kalangan pekerja dan mahasiswa agar bisa meraih semakin banyak pelanggan.

Jadi, apakah kamu sudah siap menjajal peluang usaha baru ini?

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait