Bisnis & Kerja Sampingan

Riset Pasar: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Hasilnya

Ajaib.co.id – Pengertian riset pasar adalah proses penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait target pasar atau customer, agar perusahaan mengetahui produk apa yang pelanggan butuhkan saat ini. Aktivitas market research merupakan salah cara untuk menggali atau mengidentifikasikan kekurangan dan kelebihan dari produk yang dibuat sebelum akan dipasarkan.

Oleh karenanya, riset pasar sangat berperan penting guna memahami target pasar yang dituju. Misalnya, produk yang kamu tawarkan adalah bubur bayi, bila melihat dari target pasar produk tersebut, bubur bayi ini pastinya akan dijual dan dipasarkan kepada para ibu-ibu muda yang masih memiliki anak balita.

Inilah salah satu contoh riset pasar dalam dunia bisnis saat ini, di mana setiap produk yang dibuat pasti memiliki segmentasi pasarnya masing-masing berdasarkan jenis kelamin, usia, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang memiliki cita-cita ingin menjadi seorang pengusaha, aktivitas riset dalam kegiatan pemasaran menjadi hal yang penting untuk kamu ketahui secara lebih luas lagi. Berikut penjelasan selengkapnya untuk melakukan riset pasar:

Jenis Riset Pasar

Tentu kamu sudah mengetahui pengertian dari riset pasar, yang sudah Ajaib jelaskan di awal paragraf artikel ini. Dalam proses pengumpulan data saat melakukan riset pemasaran, ada dua jenis data informasi yang digunakan, yaitu:

1. Riset Primer

Tujuan riset ini untuk mengetahui kondisi dan perkembangan terkini di pasar. Kamu bisa melakukan riset pasar primer dengan cara:

●      Wawancara baik itu secara langsung ataupun online.

●      Observasi atau survei.

●      Pembagian kuesioner.

●      Melakukan diskusi secara kelompok atau Forum Group Discussion (FGD).

Metode riset primer di atas bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan data dan informasi pasar terkini dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

●      Pertanyaan yang diajukan harus singkat dan tanpa basa-basi (to the point).

●      Kuesioner yang dibagikan hanya kepada individu tertentu dan tentunya menarik bagi responden untuk mengisinya.

●      Kuesioner tidak boleh lebih dari dua halaman.

●      Surat pengantar harus profesional dan bisa menjelaskan kepada individu, mengapa mereka harus mengisi kuesioner tersebut.

Untuk mempermudah kegiatan survei yang dilakukan, ada baiknya kamu memilih wawancara via telepon. Sebab, jenis survei ini hemat biaya, asalkan kamu mempersiapkan hal-hal berikut:

●      Buat script, namun bukan untuk kamu baca melainkan panduan.

●      Konfirmasi nama responden dan perkenalkan diri di awal percakapan.

●      Hindari untuk memberi jeda, karena respon atau minat responden bisa menurun.

●      Tanyakan kepada responden, apakah responden memiliki pertanyaan dan ingin mencari tahu informasi lebih lanjut terkait survei tersebut. Dan, juga apakah jika ada informasi tambahan, responden tidak keberatan bila saya hubungi kembali.

Itulah beberapa kiat-kiat sukses bagi kamu yang ingin melakukan wawancara via telepon. Selain hemat, cara ini juga lebih cepat untuk dilakukan, serta memberikan cakupan responden yang lebih luas berdasarkan geografis. Sebab, kamu hanya akan dikenakan biaya telepon saja. Berbeda halnya, jika kamu harus mengundang responden untuk wawancara secara offline. Di mana, kamu membutuhkan ruangan yang kondusif, biaya pengeluaran untuk listrik, AC, dan lain sebagainya.

Namun, wawancara secara mendalam satu per satu merupakan riset pemasaran yang paling efektif. Sebab, interview secara offline dapat memberikan search intens yang lebih tinggi dibanding melalui telepon.

2. Riset Sekunder

Data-data yang didapatkan pada riset sekunder, merupakan informasi yang sudah diterbitkan oleh lembaga keuangan, lembaga riset, dan lain sebagainya. Di mana, informasi tersebut bisa dijadikan acuan atau bahan pertimbangan untuk sebuah strategi pemasaran. Kamu bisa mengambil data melalui:

●      Sumber publik. Kamu bisa mengambil informasi atau data melalui departemen pemerintah, dan lain sebagainya.

●      Komersil publik Kamu bisa mengeluarkan uang untuk biaya berlangganan, kamu bisa mengambil sumber informasi dari Dun & Bradstreet dan Robert Morris & Associates.

●      Institusi pendidikan. Kamu bisa mengunduh jurnal pendidikan yang sudah terakreditasi secara nasional ataupun internasional. Kamu bisa mengambil referensi dari portal Garuda.

Ketiga sumber informasi di atas bisa kamu manfaatkan sebagai bahan pertimbangan penentuan strategi pemasaran.

Manfaat Riset Pasar

Setidaknya ada lima manfaat riset pasar yang bisa kamu peroleh dari aktivitas riset yang dilakukan, yaitu:

●      Membantu bisnis untuk memperkuat posisinya. Riset pasar digunakan untuk menumbuhkan perspektif yang lebih baik dan memahami target audiens, agar bisnis milikmu bisa bersaing.

●      Meminimalkan risiko investasi. Riset pasar dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan untuk melihat untung-rugi ketika memilih sebuah strategi pemasaran.

●      Mengidentifikasi ancaman dan peluang. Kamu bisa mengetahui jika ada kompetitor dan juga mencari peluang sebanyak-banyaknya agar bisnis milikmu bisa berkembang.

●      Mengetahui kelemahan kompetitor. Dengan menjalankan penelitian pasar, kamu bisa mengetahui kelemahan dari para pesaing bisnis lainnya, dilihat dari sisi produk dan layanan yang diberikan.

●      Perencanaan Strategi. Informasi yang kamu peroleh dari observasi pasar, bisa kamu jadikan sebagai acuan atau kesempatan terbaik agar tujuan bisnismu bisa tercapai.

Hasil Riset Pasar 

Setelah kamu mengetahui pengertian, manfaat, contoh, dan juga jenis-jenis dari riset pasar. Kini, apa yang akan kamu dapatkan dari kegiatan riset pasar pada bisnismu?

●      Brand Analysis. Kamu mendapatkan pengetahuan tentang seberapa tingginya brand awareness dari bisnismu berdasarkan tanggapan audiens mengenai brand-mu.

●      Kepuasaan Pelanggan. Bisa mengetahui kepuasan pelanggan dari bisnismu berdasarkan indikator seperti kualitas, harga, desain, atau layanan yang pelanggan diterima.

●      Inovasi produk. Seiring dengan perkembangan zaman, produk harus terus berinovasi dari waktu ke waktu agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini. Di mana, berdasarkan laporan riset pasar, kamu bisa mengembangkan produk di masa mendatang dan tahu proyeksi potensi pasar, serta penetapan harga jual.

Demikianlah informasi yang bisa Ajaib sampaikan terkait seberapa pentingnya riset pasar dalam membangun sebuah bisnis di era digitalisasi seperti saat ini.

Apakah bisnismu sudah melakukannya?

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait