Teknologi Pencatatan Buku Besar Untuk Target Kinerja Bisnis

buku besar
buku besar

Target kinerja bisnis selalu berpacu dengan waktu, hingga tak ada yang mampu memonitor & mengontrol tiap aktivitas keuangan dengan cermat selain inovasi teknologi pencatatan buku besar.

Buku Besar

Definisi paling mudahnya adalah teknologi pencatat transaksi keuangan yang merangkum masukan dari semua jurnal akuntansi dan merupakan klasifikasi rekening sejenis. Buku besar menjadi pondasi pembuatan laporan neraca dan laporan laba/rugi.

Prosedur Kerja

Buku Besar adalah wadah bagi pengumpulan informasi yang akan disajikan pada laporan keuangan. Susunan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan merupakan langkah dasar untuk menyusun rekening-rekening (controlling account) yang ada dalam buku besar. Tiap controlling account itu mewakili sebuah klasifikasi anggaran tersendiri, yang juga akan memiliki pencatatan susunan informasi tersendiri bernama subsidiary account, yang disusun dalam buku besar pembantu. Jadi, buku besar pembantu adalah cabang buku besar yang berisi tentang rincian dari salah satu rekening (controlling account) yang terdapat pada buku besar.

Konsep kerja dasar dari akuntansi dalam buku besar dan buku besar pembantu adalah: kolom debit di sisi kiri dan kolom kredit di sisi kanan. Saldo antara kolom debit dan kolom kredit harus identik (balance).

Manfaat Bagi Manajemen Finansial Bisnis

  • Panduan pelaporan kepada manajeman perusahaan saat dibutuhkan
  • Sumber penyusunan neraca saldo dalam suatu periode tertentu

Tantangan Di Balik Buku Besar

Seorang akuntan punya passion tinggi dan bahagia menghabiskan waktu seharian bersama angka-angka yang di jurnal bisa tercatat hingga bermiliar-miliar jumlahnya! Namun, sederet tantangan juga menemaninya seperti:

Kompleksitas laporan keuangan

Menghadapi tumpukan berkas yang harus diinput secara manual dengan teliti dan menghapal rumus-rumus Microsoft Excel yang melelahkan dan membuat stress.

Deadline berkejaran

Meningkatnya kebutuhan transparansi dan laporan keuangan perusahaan secara tepat waktu menyebabkan banyak akuntan mengalami stres kerja

Beban kerja berlebihan

Overload karena harus melakukan rekonsiliasi transaksi di pencatatan dengan rekonsiliasi rekening bank, memantau arus laba rugi, depresiasi aset, mencatat utang piutang, dan transaksi harian bisnis. Seorang akuntan juga bertanggung jawab menghitung profit, sales order, invoice, laporan pajak bisnis, hingga pencatatan stock opname.

Jam kerja panjang

Bila sedang banyak tugas ber-deadline ketat, seorang akuntan bisa bekerja lembur, di luar jam kerja normal, bahkan weekend.

Tekanan sertifikasi profesi

Untuk memenangkan persaingan, para akuntan di Indonesia dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi dengan memilki sertifikasi kompetensi internasional, seperti sertifikasi CPA (Certified Professional Accountant), CMA (Certified Management Accountant), CFA (Chartered Financial Accountant).

Perkembangan Teknologi

Kini orang-orang telah beralih menggunakan software akuntansi seperti Zahir & Oracle. Berikut adalah keuntungan  menggunakan software akuntansi:

Pengelolaan data lebih cepat

Pengguna hanya perlu memasukan data dalam bukti transaksi yang tersedia, lalu sistem akan langsung memproses data, dan informasi segera diperoleh.

Lebih akurat dan teliti

Software akuntansi memiliki tingkat ketelitian yang lebih akurat dalam menjumlahkan hasil.

Bisa review setiap saat

Software akuntansi menampilkan kembali berkas-berkas laporan keuangan lama tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas. Fitur cloud memungkinkan pengaksesan laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan smartphone atau tablet.

Mudah digunakan

Software akuntansi mudah dioperasikan oleh semua pengguna yang bisa menggunakan komputer dan prosedur standar pembukuan.

Di era milenial seperti ini, perusahaan-perusahaan sudah banyak meninggalkan cara manual, beralih menggunakan software akuntansi untuk mengerjakan laporan akuntansi, agar pekerjaan menjadi lebih mudah, lebih cepat  lebih akurat, dan terjamin keamanannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait