Baca Laporan Keuangan Go Public Sebelum Beli Sahamnya!

Baca Laporan Keuangan Go Public Sebelum Beli Sahamnya!
Baca Laporan Keuangan Go Public Sebelum Beli Sahamnya!

Ketika pertama kali hendak mulai ‘bermain’ saham, mungkin kamu bingung, saham perusahaan mana yang harus kamu pilih. Bisa jadi kamu juga khawatir, jangan-jangan perusahaan bangkrut dan kamu merugi. Jadi bagaimana cara kita tahu kinerja perusahaan sebelum memercayakan investasi kita? Itulah pentingnya membaca laporan keuangan go public untuk menilai kinerja perusahaan. Kamu bisa melihat bagaimana nilai aset, utang, dan arus kas perusahaan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli saham perusahaan tersebut. Lalu, bagaimana cara membaca dan download laporan keuangan perusahaan?

Perusahaan go public adalah perusahaan berstatus terbuka (biasa disertai keterangan ‘Tbk’ di belakang nama perusahaan. Artinya, perusahaan tersebut telah menjual saham atau efek kepada masyarakat berdasarkan peraturan yang berlaku. Perusahaan seperti ini pasti memiliki laporan keuangan yang dipublikasikan untuk umum.

Laporan keuangan inilah yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Laporan keuangan ini memuat neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Apa saja isinya?

Neraca

Pahami neraca yang memuat informasi aset (aktiva), utang (kewajiban), dan modal (ekuitas). Aset adalah semua yang dimiliki perusahaan, mulai dari uang tunai, gedung, kendaraan, termasuk piutang perusahaan lain dan modal. Perhatikan pos pendapatan usaha yang mencerminkan perusahaan dalam tren positif atau tidak dalam hal operasional.

Laporan Laba Rugi

Laporan go public laba rugi akan memberikan informasi apakah suatu perusahaan mengalami keuntungan atau justru kerugian. Jika perusahaan mengalami keuntungan, itu bisa jadi salah satu faktor kamu memilih membeli saham perusahaan tersebut. Perusahaan dapat memperoleh keuntungan misalnya karena peningkatan jumlah produksi atau penjualan aset.  Namun jika keuntungan tidak bertumbuh atau benar-benar merugi, kamu juga bisa telusuri penyebabnya.

Jangan lupa juga untuk membandingkan persentase pertumbuhan dari tahun ke tahun. Perusahaan terus bertumbuh atau mengalami pasang surut. Jadi, jangan hanya terpaku pada satu laporan keuangan terbaru. Bila perlu, lakukan riset perkembangan perusahaan selama ini untuk mempermudah kamu melakukan prediksi.

Laporan Arus Kas

Di laporan ini, kamu bisa melihat aliran uang tunai dalam suatu perusahaan. Ada yang digunakan untuk menggaji karyawan, membeli aset, dan sebagainya. Penting untuk mengetahui apakah suatu perusahaan memiliki arus kas yang lancar.

Ternyata tidak semudah itu menilai kinerja perusahaan. Tenang, untuk kamu yang sibuk atau pusing mengambil keputusan, Bursa Efek Indonesia (BEI) punya bantuan untukmu. BEI sudah menyusun Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat dalam menu Laporan Statistik di www.idx.co.id. Ringkasan ini menampilkan tren perusahaan dan persentase pertumbuhan yang dapat kamu cermati. Ringkasan ini tentunya untuk gambaran singkat. Akan lebih baik jika kamu meluangkan waktu mencermati laporan keuangan perusahaan yang lebih lengkap.

Jangan gegabah, tetap hati-hati membaca laporan keuangan go public. Namun, pastikan juga kamu telah mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut dan ketahui harga saham sebelum membelinya. Jadi tunggu apalagi? Pelajari sahamnya, perhatikan laporan keuangannya, dan mulai investasi saham sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait