4 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Beli Saham Online

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Beli Saham Online

Beli saham online merupakan salah satu cara investasi yang makin diminati oleh anak muda saat ini. Hal itu disebabkan karena investasi saham memiliki keuntungan yang besar jika dibandingkan dengan investasi di bidang lain. Jika kamu adalah anak muda yang tertarik dengan investasi saham dan memiliki rencana untuk beli saham online. Maka perlu memperhatikan empat hal di bawah ini.

Wajib Buka Rekening Saham

Agar dapat beli saham, kamu wajib mendaftarkan diri sebagai nasabah di perusahaan sekuritas (broker/pialang). Perusahaan sekuritas merupakan pihak yang menjadi perantara kita dalam melakukan pembelian saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kamu harus mendaftarkan diri sebagai salah satu nasabah di salah satu pialang yang telah kamu pilih. Apabila ingin beli saham online pastikan kalau pialang yang telah kamu pilih mempunyai fasilitas software online trading yang berkualitas dan tidak sulit digunakan.

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk membuka rekening saham, atau gratis. Kamu cukup mengisi formulir yang disediakan dan melengkapi fotocopy dokumen yang dibutuhkan.

Melakukan Deposit Dana

Rekening saham akan jadi sekitar tujuh hingga 14 hari. Setelah itu, Kamu akan dikirimi email konfirmasi untuk pembukaan saham. Pada email itu, ada informasi username, nomor Rekening Dana Investor (RDI), dan PIN.

Setelah email konfirmasi dikirim, kamu perlu segera mengirim deposit dana ke RDI sebesar nilai minimal. Besarnya nilai minimal telah ditentukan pialang tempat membuka rekening tersebut. RDI tersebut dalam bentuk rekening bank atas nama kamu sendiri. Namun, untuk kartu ATM atau buku tabungan tidak disediakan.

RDI tersebut cukup dimanfaatkan sebagai penyimpanan dana sebelum dimanfaatkan untuk beli saham secara online. Kamu dapat melakukan transfer melalui teller bank, dan lewat ATM, internet banking untuk mengirim deposit dana.

Installl Software Online Trading

Pialang tempat kamu membuka rekening telah menyediakan software online trading, maka tidak ada salahnya untuk download dan install software tersebut. Rata-rata tersedia dalam versi Android atau iPhone dan komputer. Kamu cukup memilihnya sesuai kebutuhan.

Biasanya, untuk pemakaian tidak ditarik biaya, atau gratis. Kemudian kamu dapat melakukan login dengan menggunakan username dan password yang sudah dikirimkan sebelumnya ke email. Setelah login, kamu akan diminta untuk mengganti password dan PIN demi keamanan. Pada software online trading tersebut, kamu dapat melihat deposit dana yang sudah dikirim.

Jual Beli Saham Online Menggunakan Software

Pada software online trading ini terdapat menu yang dapat kamu manfaatkan untuk jual beli saham. Masukkan PIN, karena tanpa PIN kamu tidak dapat melakukan transaksi saham. Kemudian pilihlah menu beli saham (buy).

Setelah itu kamu cukup memasukkan kode saham yang akan dibeli. Tiap saham tersebut telah diberi kode empat huruf, misalnya saham PT Adil Makmur Tbk diberi kode ADMT. Masukkan harga saham yang tertarik untuk kamu beli dan masukkan jumlah lot saham yang tertarik untuk kamu beli.

Minimal pembelian adalah satu lot atau setara 100 lembar. Setelah itu tekan tombol send. Jika ingin menjual saham juga dapat melalui software tersebut. Cukup pilih menu sell. Mudah bukan? 

Itulah empat hal yang perlu diperhatikan dalam beli saham online. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini dan kuti terus website ajaib.co.id untuk mengetahui informasi menarik seputar saham.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait