Saham

Cara Investasi Saham Online Gratis yang Menguntungkan

Cara Investasi Saham Online Gratis yang Menguntungkan

Ajaib.co.id – Penasaran ingin terjun ke dunia saham tapi tak punya modal? Mungkin sebaiknya kamu menerapkan cara investasi saham online gratis terlebih dahulu. Solusi ini cocok buat yang masih ragu berinvestasi saham karena takit dengan risikonya.

Sebagian besar investor pemula pasti merasa ragu-ragu untuk investasi saham karena takut dengan risiko yang dihadapi. Walaupun semua jenis investasi pada dasarnya punya risiko, namun risiko investasi saham memang tergolong tinggi.

Maka dari itu, sebelum mengeluarkan uang untuk membeli saham sungguhan, tidak ada salahnya kalau kamu coba mengenal dan mencari pengalaman berinvestasi saham. Bahkan, pengalaman investasi saham ini, bisa kamu dapatkan tanpa mengeluarkan modal alias secara gratis loh!

Prinsip sederhana untuk pemula agar dapat memperoleh keuntungan maksimal ketika investasi saham secara online adalah memilih saham ketika harga saham sedang rendah dan menjual saham ketika harganya tinggi.

Ada beberapa cara investasi saham online gratis, tanpa modal sungguhan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi simulasi trading atau umum juga dikenal sebagai virtual trading. Selain itu, keuntungan dari website dan aplikasi investasi bermain saham pemula tersebut adalah beberapa di antara mereka bahkan tidak segan memberikan beragam bonus, termasuk uang sungguhan untuk modal investasi.

Cara Investasi Saham Online Gratis Agar Tak Perlu Takut Rugi

Kamu mungkin bisa dengan mudah mencari panduan cara membeli saham dan referensinya. Namun sayangnya untuk mendapatkan saham dengan kinerja stabil dan menguntungkan biasanya harus merogoh kocek dalam-dalam. Membeli emiten dengan harga yang terjangkau sendiri dianggap berisiko oleh investor pemula.

Jika salah langkah, bisa saja kamu hanya akan membeli saham gorengan atau yang kinerja buruk. Bukannya meraup keuntungan, kamu malah akan kehilangan uang yang kamu gunakan untuk berinvestasi saham. Begitu banyak pertimbangan dan keraguannya sehingga akhirnya niatmu jadi investor saham hanya sekedar jadi niat saja.

Namun, sebenarnya pilihan cara investasi saham online gratis bisa menjadi jawaban untuk berbagai keraguanmu. Saat ini ada banyak kemudahan untuk investor pemula, mulai dari belajar saham online, trading online atau sekedar simulasi. Kamu bisa melatih diri semaksimal mungkin sebelum terjun ke pasar modal sesungguhnya tanpa khawatir kehilangan uang sama sekali. Berikut ini adalah berbagai cara investasi saham online gratis yang bisa kamu coba antara lain:

1. Investasi Saham dengan Simulasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu cara investasi saham online gratis tanpa mengeluarkan modal adalah dengan mencoba aplikasi atau website yang menyediakan layanan simulasi trading atau virtual trading.

Sekarang, sudah banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan fitur khusus untuk melakukan virtual trade. Namun, rata-rata mekanisme simulasi trading ini tidak jauh berbeda. Inti dari aplikasi dan website simulasi trading ini adalah untuk melatih calon investor maupun investor pemula untuk melakukan jual-beli saham dengan basis data real-time.

Hal ini sesuai dengan kondisi di pasar modal yang sesungguhnya, namun menggunakan uang virtual. Yak, betul sekali! Karena simulasi trading ini dapat kamu gunakan dengan gratis, maka nominal uang yang tertera adalah uang virtual.

Makanya, kamu tidak perlu membuat rekening saham asli jika kamu hanya berinvestasi menggunakan simulasi trading. Penggunaan uang virtual untuk membantumu belajar cara bermain saham online gratis ini bukan hanya membuatmu terhindar dari kerugian, tapi juga sangat simpel.

Pasalnya, untuk dapat membuka rekening saham kamu perlu bertemu dengan broker saham dan juga mengisi beberapa data untuk persyaratan. Walaupun tidak mendapatkan imbal balik uang, tapi kamu pasti bisa belajar banyak di sini. Diantaranya, belajar membaca dan menganalisa bursa saham.

Selain itu, kamu juga bisa memantau keadaan pasar saham setiap hari. Setelah yakin, kamu bisa lanjut bermain saham yang sesungguhnya. 

2. Beli Lewat Simulasi Trading Saham

Nah, sebelum kamu bisa mulai melakukan simulasi trading tersebut biasanya kamu perlu membuat akunmu sendiri. Khusus untuk virtual trading melalui medium aplikasi mobile maupun desktop, tentu saja kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di gadget-mu.

Selanjutnya, kamu perlu membuat akun di aplikasi atau website tersebut. Jangan khawatir, proses pembuatan akun virtual ini sangat cepat dan sederhana. Kamu hanya perlu mencantumkan nama lengkap dan alamat e-mail saja untuk kepentingan verifikasi akun.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan uang virtual? Tidak perlu bingung, uang virtual ini akan langsung terisi ke dalam portofolio saham kamu ketika akunmu sudah diverifikasi.

Jumlah uang virtual yang diberikan berbeda-beda, namun rata-rata aplikasi dan website simulasi trading akan memberikan nominal hingga Rp100,000,000 sebagai modalmu belajar bermain saham. Banyak juga ya!

Setelah akun virtual trading yang kamu bikin terverifikasi dan kamu sudah melihat nominal uang virtual yang kamu dapatkan, kamu dapat mencari saham yang kamu inginkan secara spesifik. Jika kamu adalah calon investor yang sama sekali tidak mengetahui apapun tentang bursa saham dan belum paham saham apa yang menarik dan cocok bagimu, tidak usah khawatir!

Biasanya aplikasi maupun website simulasi trading ini terlebih dahulu menyediakan tutorial dasar cara investasi yang terkait peraturan-peraturan dasar dalam investasi saham online gratis. Karena tujuan utamanya adalah sebagai sarana edukasi, jadi kamu tidak perlu takut akan tersesat ketika sedang menjajal simulasi trading tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu meninjau grafik harga dan laporan kondisi fundamental perusahaan-perusahaan emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Biasanya informasi-informasi ini juga disediakan di aplikasi atau website simulasi tersebut.

Menapa penting untuk selalu meninjau harga serta kondisi pasar dan profitabilitas perusahaan emiten? Karena dengan cara ini kamu dapat mengasah daya analisis agar semakin tajam dan memahami pola penting dari ketentuan investasi saham yang baik dan disarankan.

Jika kamu tekun, tidak menutup kemungkinan ilmu-ilmu tersebut dapat mengantarkanmu menjadi trader ulung suatu hari nanti. Selanjutnya, untuk membeli saham menggunakan uang virtual, kamu hanya tinggal mencari tombol Buy. Biasanya aplikasi dan website simulasi trading ini akan langsung menampilkan kolom harga yang kamu inginkan serta jumlah lot yang ingin kamu beli dari saham yang telah kamu pilih.

Untuk dapat membeli maupun menjual saham, minimal transaksi adalah dengan satu lot saham. Ingat ya, satu lot saham terdiri dari 100 lembar saham. Contoh kolom pembelian saham perusahaan di aplikasi maupun website virtual trading misalnya, kamu ingin harga Rp2.030 untuk saham sejumlah 100 lot, maka akan muncul nominal yang harus kamu bayarkan yakni Rp20,300,000.

Setelah itu maka klik order atau next, tergantung pilihan yang tertera di aplikasi atau website simulasi tersebut. Jika kamu sudah selesai dengan transaksi pembelian, maka kamu akan melihat status order di akun tersebut. Jika statusnya bertuliskan ‘Match’, berarti saham tersebut sudah berhasil terbeli.

3. Menjual Saham dengan Simulasi Trading

Hal lain yang juga menarik dari simulasi trading adalah pengalaman penjualan saham. Tidak hanya memberikan pengalaman dan pengetahuan untuk membeli saham, kamu juga bisa mencoba dan berlatih menjual saham dengan virtual trading.

Ketika portofolio saham kamu sudah semakin berkembang dan kamu memiliki kesempatan yang bagus untuk menjual saham, terdapat pilihan sell untuk menjual saham di akun virtual tersebut. Caranya pun tidak kalah mudah dengan proses membeli saham seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Nah, setelah kamu memahami dengan baik langkah-langkah untuk membeli dan menjual saham, jangan terburu-buru dulu untuk terjun ke pasar saham dengan menggunakan uang sungguhan.

Penting juga buat kamu untuk memantau portofolio investasimu. Meskipun hanya simulasi, aplikasi maupun website virtual trading ini juga biasanya menyediakan laporan bulanan terkait kinerja investasimu, loh. Seorang trader yang baik adalah yang mahir dalam melakukan analisis fundamental maupun analisis teknikal dalam investasi saham.

Perlu kamu ingat juga, keuntungan maksimal dalam investasi saham umumnya didapatkan dengan berinvestasi jangka panjang. Makanya, jangan terburu-buru ingin terjun ke dunia saham untuk mendapatkan keuntungan dengan instan.

Untuk menjadi trader ahli dan untung banyak di pasar saham, kamu sangat perlu banyak belajar dan melewati proses yang tidak singkat. Jadi, pas banget deh kamu belajar cara investasi saham online gratis dulu sambil mengumpulkan modal untuk terjun ke pasar saham yang sesungguhnya.

Pelajari prosesnya dengan baik dan meskipun dalam simulasi trading saham terlihat mudah, ingatlah bahwa kondisi sebenarnya akan lebih sulit dan kompleks dibandingkan dengan simulasi.

4. Investasi Saham dengan Bonus Melimpah

Selain ada website dan aplikasi yang menyediakan trading simulator, ada juga situs yang memberikan pelajaran terkait dunia saham dengan lengkap. Agak berbeda dengan simulasi investasi saham online gratis, jenis website ini memberikan kursus belajar saham dan juga tips dan trik investasi, serta cara investasi saham online gratis menggunakan uang virtual.

Saat jual beli saham, kamu bisa gunakan uang virtual untuk berinvestasi pada perusahaan sungguhan, dengan kondisi pasar saham yang sesuai keadaan sebenarnya (real time). Tentunya memiliki pengetahuan di bidang investasi juga sangat penting, agar menjadi bekal yang cukup saat mulai berinvestasi saham sesungguhnya. Apalagi, jika dengan pengetahuan tersebut, kamu bisa dapat modal investasi.

Beberapa situs investasi bukan hanya memberikan pelajaran dan pengalaman berinvestasi, tapi juga banyak hadiah. Mulai dari uang virtual, lencana prestasi, hingga e-book. Selain itu, kamu juga bisa dapat bonus uang sungguhan! Untuk mendapatkan bonus uang sungguhan tersebut, kamu harus mengikuti kuis yang diadakan oleh website untuk para anggotanya.

5. Berinvestasi Saham dengan Modal Kode Referal

Kalau kamu sudah benar-benar ingin mulai berinvestasi saham tapi tidak punya modal buat investasi, ada cara yang gampang buat mendapatkan modal. Cara berinvestasi saham online gratis yang terakhir adalah dengan mereferensikan aplikasi atau situs investasi pada kenalan kamu. Khususnya kenalanmu yang gemar berinvestasi.

Pasalnya, dengan cara ini kamu bisa dapat uang berupa bonus referal yang lumayan buat jadi modal awal investasi. Kamu cukup bagikan kode referal yang kamu miliki. Saat teman yang kamu referensikan mendaftar dan mulai berinvestasi, kamu juga bisa kebagian bonus referal. Asyik, ‘kan?

Dengan bonus itu, kamu bisa berinvestasi pada portofolio saham mana saja yang kamu inginkan.

Berbagai pilihan di atas bisa kamu coba sebagai cara investasi saham online terpercaya tapi bisa mendatangkan banyak keuntungan. Setelah kamu memahami seluk beluk mengenai saham, kamu bisa mulai berinvestasi sekarang sesuai dengan pengalaman di sini!

Mulai Investasi Pertamamu di Aplikasi Ajaib

Untuk memulai investasi saham pertamamu, kamu bisa coba mulai investasi melalui aplikasi Ajaib. Dengan aplikasi Ajaib, investasi sahammu bisa dilakukan secara online, kapan dan di mana saja. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan biaya transaksi yang terjangkau. Kamu juga bisa melakukan transkasi jual beli saham dengan modal awal yang terjangkau. Hanya dengan modal minim, kamu sudah bisa membeli saham di perusahaan yang kamu inginkan.

Namun, pastikan kamu telah membaca dan mempelajari laporan keuangan dari emiten perusahaan yang kamu ingin beli sahamnya. Ajaib telah menyediakan laporan keuangan terbaru dari seluruh emiten saham yang kamu inginkan. Dengan begitu, transaksi jual beli saham yang kamu inginkan bisa lebih tepat untuk investasi.

Perlu dipahami juga bahwa investasi saham merupakan salah satu investasi yang dilakukan dalam jangka panjang dengan risiko yang cukup besar. Jadi, pastikan dana yang kamu simpan untuk investasi adalah dana tabungan kamu dan bukan untuk digunakan dalam jangka waktu dekat.

Namun, bagi kamu yang ingin investasi dengan risiko lebih kecil dan dalam waktu singkat, kamu bisa memilih investasi reksa dana yang juga bisa dilakukan melalui aplikasi Ajaib. Jadi, apapun investasi yang kamu pilih, pastikan kamu memilih aplikasi Ajaib!

Artikel Terkait