Latihan Investasi Saham bagi Pemula agar Jadi Trader Sukses

latihan investasi saham
latihan investasi saham

Ajaib.co.id – Saham merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang yang menawarkan imbal balik menggiurkan, dengan resiko tergolong tinggi. Oleh karena itu, kalau masih pemula, ada baiknya sebelum benar-benar berinvestasi, kamu latihan investasi saham terlebih dahulu.

Mungkin kamu heran, bagaimana caranya berlatih berinvestasi saham tanpa benar-benar menanam saham? Tidak perlu bingung, karena saat ini ada banyak website dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berlatih menanam saham.

Pilihan Simulasi Trading untuk Latihan Investasi Saham

Berikut ini, Ajaib akan memaparkan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berlatih jual beli saham. Aplikasi ini, bisa digunakan secara gratis. Dengan sering-sering berlatih, akan mengasah kemampuan dan intuisi kamu dalam jual beli saham. Bukan itu saja, pemahaman kamu tentang dunia investasi saham juga akan terus meningkat.

Marketwatch

Marketwatch merupakan salah satu website yang menawarkan simulasi bermain saham dengan cara seru. Kamu bisa membuat permainan saham kamu sendiri, atau bergabung dengan permainan saham yang telah tersedia.

Di situs ini, kamu bisa membuat portfolio kamu sendiri dan melakukan aksi pada pasar saham secara real time. Kamu juga bisa berkompetisi dengan teman-teman atau rekan kerja, lalu membangun kerajaan bisnis kamu sendiri hingga mencapai puncak leaderboards.

Tentunya, di sini hanya menggunakan uang virtual, jadi kamu tidak perlu takut bertaruh pada resiko tertinggi sekalipun. Nikmati keseruan dan ketegangan permainannya, sambil belajar menjadi seorang trader handal.

StockMarketSim

StockMarketSim adalah aplikasi berbasis android yang bisa kamu gunakan untuk latihan investasi saham. Di sini ada emiten-emitan dalam dan luar negeri. Kamu bisa memilih di pasar saham mana kamu ingin berinvestasi.

Tentunya, simulasi pasar saham yang ditampilkan merupakan real time, jadi kamu bisa benar-benar merasakan pahit manisnya berinvestasi saham di emiten-emiten tersebut. Kamu bisa berinvestasi sebanyak-banyaknya, karena kamu bisa memilih sendiri berapa modal awal untuk investasi. Mulai miliaran hingga trilliunan loh!

Tapi ada sedikit kelemahan dari aplikasi ini, dimana kamu harus tahan dengan iklan yang bisa tiba-tiba muncul dan mungkin sedikit mengganggu keasyikan kamu memonitor pasar modal.

Trading Game

Jika kamu tidak hanya ingin belajar investasi saham, tapi juga instrumen saham lainnya seperti forex dan bitcoin, maka kamu bisa memilih belajar saham melalui aplikasi Trading Game. Di sini, kamu bisa benar-benar berlatih sambil belajar. Karena, untuk mulai trading, kamu harus memiliki minimal USD 1000. Walaupun demikian, Trading Game hanya akan membekali kamu dengan dana sebesar USD 500 saja.

Untuk mendapatkan modal tambahan, kamu diharuskan mampu menjawab soal-soal kuis yang disediakan, serta mengikuti tutorial trading. Jadi, kamu harus sudah punya pemahaman yang cukup sebelum mulai berkecimpung dalam jual beli saham virtual. Pergerakan harga saham ditampilkan secara real time, tapi tidak semua saham bisa kamu beli.

Belajar Trading pada Mentor

Ada kalanya, berlatih sendiri trading saham masih kurang sreg bagi sebagian orang. Maka, kamu bisa mencari seorang mentor yang benar-benar bisa kamu jadikan panutan. Pelajari cara-cara orang tersebut dalam memilih emiten dan mengumpulkan portfolio sahamnya.

Mintalah petunjuk dan arahannya pada saat melakukan latihan investasi saham. Tentunya, kamu harus kenali terlebih dahulu gaya kamu dalam berinvestasi, dan pastikan bahwa gaya-gaya yang digunakan mentor kamu tersebut, memang seiring sejalan dengan gayamu.

Ingat kembali, bahwa investasi adalah bisnis, dan setiap bisnis ada resikonya. Jika keputusan investasi yang kamu ambil tidak memberikan imbal balik seperti yang kamu harapkan, jangan pernah menyalahkan orang lain. Karena, bagaimanapun kamu adalah pembuat keputusan untuk investasi kamu. Pastinya, dengan adanya pembimbing atau mentor, kamu bisa lebih memahami peluang dan investasi dari jual beli saham.

Latihan Trading Saham Sambil Ikut Serta dalam Reksa Dana

Ilmu masih kurang mumpuni, tapi ingin segera berinvestasi? Kalau begitu, kamu bisa coba berinvestasi reksa dana. Reksa dana adalah himpunan dana dari masyarakat, yang kemudian akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi, yakni ahli investasi yang telah memenuhi kualifikasi untuk menginvestasikan modal di pasar efek.

Tentunya ada beberapa kelebihan dari reksa dana ini, sehingga bisa cocok untuk pemula. Pertama, adalah modal awalnya yang lebih terjangkau. Untuk membeli saham sebuah emiten, kamu harus melakukan minimal pembelian saham sebanyak 1 lot atau 100 lembar saham. Jadi, jika kamu ingin membeli saham perusahaan ABC yang memiliki harga Rp10.000 per lembar saham, maka minimal kamu harus mengeluarkan uang Rp1.000.000.

Lain halnya jika kamu ikut dalam investasi reksa dana. Dimana kamu sudah bisa berinvestasi di pasar saham dengan ratusan ribu rupiah saja. Tentunya, hal ini juga bisa meminimalisir resiko bagi kamu yang masih latihan dalam jual beli saham.

Kedua, adalah adanya Manajer Investasi yang sudah disebutkan di atas. Manajer Investasi merupakan perusahaan atau orang-orang yang ahli di bidang dan memiliki kewenangan untuk berinvestasi di pasar saham. Jadi, jika kamu masih belajar jual beli saham, kamu bisa titipkan modal kamu di reksa dana, dan biarkan Manajer Investasi tersebut mengelola uangmu. MI tentunya lebih tahu kemana uangmu sebaiknya diinvestasikan. Bisa jadi, semuanya dimasukkan ke pasar saham saja atau campuran dengan investasi lain.

Itulah beberapa cara untuk latihan jual beli saham, bagi kamu investor yang masih pemula. Tentunya, perlu diingat bahwa pasar modal selalu fluktuatif. Oleh karena itu, pada saat belajar saham kamu bukan hanya harus mengerti istilah-istilah yang banyak digunakan dalam dunia trading. Pengalaman memiliki peranan lebih penting. Jadi, sering-seringlah berlatih jual beli saham, agar bisa mengasah kemampuan dan ketajaman intuisi dalam berinvestasi.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait