Investor Pemula, Saham

4 Cara Belajar Saham Pemula, Mudah dan Efektif

3 Cara Belajar Saham Bagi Pemula yang Baru Mulai Berinvestasi

Ajaib.co.id – Berinvestasi saham sekilas merupakan hal yang rumit dan mustahil dilakukan oleh orang awam. Salah langkah sedikit, bisa-bisa kamu mengalami kerugian yang cukup besar. Banyak yang menyarankan agar belajar dahulu sebelum mulai berinvestasi.

Memahami saham secara mendetail tentu saja tidak bisa dilakukan dengan instan. Mekanisme trading saham beserta beragam istilahnya mungkin bisa. Namun tidak demikian dengan strategi jual beli saham yang mungkin membutuhkan jam terbang tinggi sampai benar-benar mengusai medan dengan baik.

Nyatanya, para investor saham kelas kakap pun terkadang masih merugi karena fluktuasi pasar saham yang sering kali tidak terduga. Saham suatu emiten yang harga belinya rendah dengan fundamental perusahaan yang kurang meyakinkan bisa saja mendadak naik. Lalu, bisa saja harga sebuah saham turun meski dikenal sebagai saham blue chips.

Faktor kejutan tersebut sebenarnya juga menjadikan instrumen investasi saham menarik bagi banyak investor. Dari kejutan-kejutan inilah para trader saham biasanya mendapatkan capital gain dalam jangka pendek.

Saham merupakan salah satu investasi yang beresiko dibandingkan instrumen lainnya seperti deposito dan obligasi. Namun, hal ini diimbangi dengan potensi return-nya yang juga tinggi. Keberadaannya dapat memberikan peluang bagimu menjadi kaya. Namun, jika tidak diimbangi dengan wawasan serta pengetahuan yang memadai, kamu juga bisa mengalami kerugian.

Ada suatu anggapan bahwa jika bermain saham juga membutuhkan keberuntungan. Namun, keuntungan yang didapat sebenarnya bukan berdasarkan keberuntungan semata. Hal yang dianggap kebetulan itu sebenarnya dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Misalnya saja investor legendaris Warren Buffet yang membeli saham perusahaan permen yang dianggap remeh sebelumnya. Namun ia percaya nilai investasinya akan meningkat dan kapitalisasi pasarnya akan besar. Kemudian, ia mampu membuktikannya dan berhasil menambah kekayaannya.

Proses belajar saham bagi pemula tentu saja tidak bisa dilakukan dengan singkat dan langsung mampu menguasai. Prosesnya sendiri bisa cukup panjang, setiap kegagalan dan keberhasilan yang dialami harus terus dievaluasi. Bahkan pakar investasi saham pun masih terus belajar untuk meningkatkan skill-nya.

4 Cara Belajar Saham Pemula Paling Direkomendasikan

Ada kemauan pasti ada jalan. Kamu yang mungkin seorang pemula dan ingin belajar saham, juga ingin mengetahui seluk beluk dunia saham sekarang tidak perlu susah untuk melakukannya. Ada beragam cara untuk belajar saham, sebab ilmu itu bisa didapatkan di mana saja asalkan ada kemauan.

Namun, jangan sekali-kali percaya bahwa belajar saham bagi pemula bisa dilakukan secara instan. Ucapan itu jelas hanya janji manis belaka. Salah-salah kamu malah terjebak pada investasi bodong yang dapat membuatmu mengalami kerugian.

Investasi adalah proses jangka panjang, begitu pula dengan proses belajaranya. Salah satu hal penting adalah soal sumber pengetahuan yang kita dapatkan. Jangan sampai salah referensi atau sumber pengetahuan supaya tidak tersesat dan merugi.

Kini banyak orang yang belajar berinvestasi saham melalui media sosial baik itu video You Tube maupun Instagram. Cara tersebut sebenarnya baik untuk meningkatkan wawasan namun bukan untuk belajar lebih jauh. Jika hanya mengandalkan sosmed, dikhawatirkan kamu akan mendapatkan pengetahuan separuh saja dan salah mengaplikasikannya.

Agar kamu tidak bingung, Ajaib telah menyusun rekomendasi bagi investor pemula sepertimu untuk belajar soal investasi saham. Berikut adalag 4 cara belajar saham pemula yang efektif dan efisien.

1.  Belajar di Bursa Efek Indonesia

Belajar saham langsung dari pusatnya, yaitu lewat program Sekolah Pasar Modal, baik yang diselenggarakan offline ataupun online. Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Siapa saja yang boleh ikut? Seluruh masyarakat umum termasuk kamu bisa menjadi peserta SPM dan SPMS sepanjang telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. SPM sendiri juga merupakan bagian dari program peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia bersama dengan program Yuk Nabung Saham (YNS).

Sekolah Pasar Modal yang sudah berjalan beberapa tahun ini diperuntukkan bagi semua orang yang ingin mengenal Pasar Modal lebih jauh dengan dibimbing oleh profesional yang sudah ahli dibidang pasar modal secara langsung di dalam kelas secara tatap muka. 

Untuk kelas tatap muka Sekolah Pasar Modal diadakan di Gedung Bursa Efek Indonesia dan setiap Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia di seluruh Indonesia. Mudahkan? Tinggal kita cek alamat websitenya saja untuk mengetahui lebih lanjut.

Selain itu, tersedia pula kelas online Sekolah Pasar Modal (SPM) bagimu yang tidak bisa datang langsung ke kelas tatap muka. Mungkin kamu terhalang soal jarak atau waktu namun tetap ingin mengetahui cara berinvestasi di pasar modal.

Nantinya materi yang akan didapatkan peserta kelas online berupa video, audio, bahan tertulis dan forum. Berbagai penunjang tersebut dimaksudkan sebagai sarana belajar agar tak kalah dengan kelas tatap muka.

Pendaftaran Sekolah Pasar Modal dikenakan biaya sebesar Rp100.000. Namun sebenarnya dana ini akan langsung dialihkan untuk pembuatan Rekening Dana Nasabah dengan perusahaan sekuritas masing-masing. Peserta kelas tatap muka tidak bisa memilih perusahaan sekuritasnya namun peserta kelas online bebas memilih sekuritasnya.

Nantinya, peserta yang sudah lulus kelas pasar modal ini diharapkan bisa langsung ikut berinvestasi dalam pasar modal. Caranya melalui menabung saham melalui Yuk Nabung Saham.

2.  Cari Buku Soal Saham

Belajar saham juga bisa dilakukan lewat buku. Bisa buku dalam bahasa Inggris seperti The Intelligent Investor atau buku dalam bahasa Indonesia seperti Who Wants to be Smilling Investor. A Random Walk Down Wall Street oleh Burton Malkiel, One Up On Wall Street oleh Peter Lynch dan yang lainnya.

Jika susah untuk menemukan buku-buku tersebut, tidak ada salahnya jika pergi ke perpustakaan nasional dan mencari buku tentang dunia saham di sana. Paling tidak cara ini bisa lebih hemat karena kamu bisa belajar saham tanpa harus mengeluarkan dana.

Bisa pula mengundung digital book dari berbagai saham yang cocok sebagai sumber belajar saham pemula. Kemajuan teknologi digital membantu kita untuk semakin rajin belajar. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk mencari buku tersebut di dunia maya.

3.  Gabung dengan Komunitas

Tidak ada salahnya jika ingin belajar saham dari orang-orang yang punya ketertarikan yang sama dengan kamu, misalnya komunitas saham. Beberapa perusahaan sekuritas juga memiliki layanan forum atau group chat yang dapat dimanfaatkan untuk tanya jawab. 

Namun, kamu tetap perlu berhati-hati dengan siapa yang kamu dengarkan, kadangkala beberapa peserta forum bukanlah trader profesional, melainkan sekelompok trader yang berusaha mengambil keuntungan. Jika sudah masuk dalam jebakan para trader iseng ini maka bukan pengetahuan yang kamu dapatkan tapi bisa saja menjadi korban trader.

4.  Blog Ajaib

Kamu yang suka membaca di Internet, kamu bisa memanfaatkan hobi baca dan jelajahmu dengan membaca blog Ajaib. Di dalam blog ini kamu bisa menemukan berbagai macam info mengenai investasi mulai dari saham, reksa dana, emas, dan masih banyak lagi. Ada ratusan artikel yang bisa kamu baca soal investasi saham dan banyak jenis lainnya.

Di blog Ajaib juga memaparkan seluk beluk investasi dengan bahasa yang sederhana sehingga gampang dipahami. Sesuatu yang mungkin tidak didapatkan jika belajar saham dari sumber yang lain. Kamu juga bisa menemukan beberapa tips yang memudahkan kamu dalam mengambil keputusan sebelum bermain saham.

Itulah beberapa tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk mulai belajar saham pemula. Dengan mengetahui ilmu investasi bermain saham, kamu bisa dengan mudah menentukan saham mana yang baik untuk dibeli.

Jika kamu sudah cukup memahami tentang cara investasi saham, mulailah untuk mencoba mempraktekannya di Ajaib. Karena sekarang di aplikasi Ajaib sudah tersedia layanan jual-beli saham online. Semua emiten yang terdaftar di IDX lintas 9 sektor industri dapat kamu perdagangkan sahamnya di Ajaib.

Kamu juga akan dibantu dengan fitur-fitur seperti Competitive Ranking yang memungkinkan kamu untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan, dibandingkan dengan kompetitornya. Lalu, fitur Ajaib Alert, agar kamu jadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk menjual atau membeli saham pilihan kamu.

Jadi, pelajari saham mulai sekarang dan dapatkan keuntungan sebagai salah satu pemilik saham perusahaan!

Artikel Terkait