3 Cara Belajar Saham Bagi Pemula yang Baru Mulai Berinvestasi

3 Cara Belajar Saham Bagi Pemula yang Baru Mulai Berinvestasi
3 Cara Belajar Saham Bagi Pemula yang Baru Mulai Berinvestasi

Ada kemauan pasti ada ada jalan.  Kamu yang mungkin seorang pemula dan ingin belajar saham, juga ingin mengetahui seluk beluk dunia saham sekarang tidak perlu susah untuk melakukannya. Ada beragam cara belajar saham, sebab ilmu itu bisa didapatkan di mana saja asalkan mencarinya di tempat dan orang yang benar.  Belajar saham bagi pemula pun bisa dilakukan dengan tiga cara ini.

Belajar di Bursa Efek Indonesia

Belajar saham langsung dari pusatnya, yaitu lewat program Sekolah Pasar Modal, baik yang diselenggarakan offline ataupun online. Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Siapa saja yang boleh ikut? Seluruh masyarakat umum termasuk kamu bisa menjadi peserta SPM dan SPMS sepanjang telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sekolah Pasar Modal yang sudah berjalan beberapa tahun ini diperuntukkan bagi semua orang yang ingin mengenal Pasar Modal lebih jauh dengan dibimbing oleh profesional yang sudah ahli dibidang pasar modal secara langsung di dalam kelas secara tatap muka. 

Untuk kelas tatap muka Sekolah Pasar Modal diadakan di Gedung Bursa Efek Indonesia dan setiap Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia di seluruh Indonesia. Mudahkan? Tinggal kita cek alamat websitenya saja auntuk mengetahui lebih lanjut.

Cari Buku Soal Saham

Belajar saham juga bisa dilakukan lewat buku. Bisa buku dalam bahasa Inggris seperti The Intelligent Investor atau buku dalam bahasa Indonesia seperti Who Wants to be Smilling Investor. A Random Walk Down Wall Street oleh Burton Malkiel, One Up On Wall Street oleh Peter Lynch dan yang lainnya. Jika susah untuk menemukan buku-buku tersebut, tidak ada salahnya jika pergi ke perpustakaan nasional dan mencari buku tentang dunia saham di sana.

Gabung dengan Komunitas

Tidak ada salahnya jika ingin belajar saham dari orang-orang yang punya  ketertarikan yang sama dengan kamu, misalnya komunitas saham. Beberapa perusahaan sekuritas juga memiliki layanan forum atau group chat yang dapat dimanfaatkan untuk tanya jawab. 

Namun, kamu tetap perlu berhati-hati dengan siapa yang kamu dengarkan, kadangkala beberapa peserta forum bukanlah trader profesional, melainkan sekelompok trader yang berusaha mengambil keuntungan.

Blog Ajaib

Kamu yang suka membaca di Internet, kamu bisa memanfaatkan hobi baca dan jelajahmu dengan membaca blog Ajaib. Di dalam blog ini kamu bisa menemukan berbagai macam info mengenai investasi mulai dari saham, reksa dana, emas, dan masih banyak lagi. Di sini kamu juga bisa menemukan beberapa tips yang memudahkan kamu dalam mengambil keputusan sebelum bermain saham.

Itulah beberapa tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk mulai belajar saham. Dengan mengetahui ilmi investasi bermain saham, kamu bisa dengan mudah menentukan saham mana yang baik untuk dibeli. Jadi, pelajari saham mulai sekarang dan dapatkan keuntungan sebagai salah satu pemilik saham perusahaan!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait