Istilah-Istilah Saham untuk Investor Pemula

Pada era digital seperti sekarang yang semakin menuntut masyarakat untuk melek finansial dan memahami bagaimana investasi bekerja, memilah investasi yang cocok dan mempelajari istilah saham untuk investor pemula adalah salah satu langkah penting bagi para calon investor pemula.

Banyaknya pilihan instrumen investasi seperti reksa dana, saham, dll, terkadang bisa membuat kamu ragu untuk memilih jenis investasi yang cocok dengan kamu.

Langkah penting selanjutnya adalah memahami istilah finansial atau investasi agar kamu bisa menjadi investor jempolan. Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi investor namun tidak memiliki pengalaman atau latar belakang sama sekali, berikut beberapa istilah dasar yang populer digunakan di dunia investasi.

Candle stick

Seperti namanya, candle stick adalah bagian dasar dari sebuah saham. Nama ini mengacu kepada batang-batang yang ada di tampilan grafik pergerakan. Jika candle stick berwarna merah, maka hargasedang turun, sedangkan jika candle stick berwarna hijau maka grafik cenderung naik. Memahami candle stick berguna untuk proses analisis yang kamu lakukan kedepannya.

Buy & sell

Buy dan sell adalah proses membeli atau menjual lembar saham, yang dilakukan pada periode waktu tertentu.

Amend order

Amend order adalah istilah yang mengacu kepada pengaturan untuk mengurangi atau menambahkan pembelian atau penjualan setelah kita melakukan konfirmasi. Pengaturan ini biasanya dilakukan pada saat proses mengantre setelah melakukan pembelian atau penjualan.

Withdraw order

Jika amend order adalah proses pengubahan jumlah lembar saham ketika sedang mengantre untuk menjual atau membeli, withdraw order adalah proses pembatalan atau penarikan kembali ketika mengantre untuk menjual/membeli.

Deposit

Istilah deposit di dunia saham hampir sama pengertiannya dengan di dunia perbankan. Deposit adalah sebuah istilah ketika kamu melakukan penyetoran uang ke rekening saham. Hal yang perlu kamu catat adalah, ketika kamu ingin terjun ke dunia saham, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat rekening saham atau dikenal juga dengan nama RDN (rekening dana nasabah).

Bid Offer

Selain harus memiliki RDN, sebagai seorang investor pemula, kamu juga harus memiliki aplikasi untuk bertransaksi. Nah, istilah bid offer ini akan kamu temukan di aplikasi tersebut, persisnya yang ada di bawah nama dan harga saham. Bid offer sendiri berguna untuk melihat berapa banyak jumlah antrean untuk membeli saham.

Offer

Berlawanan dengan bid offer, istilah offer mengacu kepada jumlah antrean untuk menjual saham. Baik bid offer ataupun offer merupakan hal yang penting untuk investor pemula.

Masih banyak istilah lainyang akan kami bagikan untuk kamu para investor pemula. Karena itu, sering-seringlah berkunjung ke laman blog Ajaib untuk belajar serta mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan dunia investasi.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait