Saham

Sekolah Pasar Modal, Solusi Belajar Investasi bagi Pemula

Sekolah Pasar Modal

Ajaib.co.id – Kebanyakan orang takut dan khawatir berinvestasi di pasar modal. Hal ini karena kurangnya pengetahuan akan investasi di pasar modal itu sendiri.

Padahal, banyak sekali platform yang menyediakan informasi mengenai investasi di pasar modal. Mulai dari jenis produk, cara berinvestasi, dan masih banyak lainnya. Namun, hal ini masih belum menjadi solusi menjawab rasa khawatir tersebut.

Hal ini yang menjadi dasar hadirnya Sekolah Pasar Modal atau SPM untuk membantu siapapun dalam belajar berinvestasi di pasar modal. Lalu, apakah sekolah pasar modal tersebut bisa dikatakan resmi dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti program ini?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tentang sekolah pasar modal, kamu bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini.

Apa Itu Sekolah Pasar Modal

Sekolah pasar modal merupakan program edukasi serta sosialisasi pasar modal kepada masyarakat umum yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia secara berkala.

Sekolah ini memungkinkan siapapun untuk mengikuti program pengenalan investasi di pasar modal dan belajar menjadi seorang investor.

Kamu bisa ikut mendaftarkan diri di sekolah ini melalui situs resminya di sekolahpasarmodal.idx.co.id.

Ada tiga program yang ditawarkan oleh sekolah pasar modal untuk diikuti seperti SPM reguler, SPM online, dan SPM institusi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan berikut:

Sekolah Pasar Modal Reguler

SPM reguler atau SPM Reguler merupakan program yang ditujukan untuk para pemula di dunia pasar modal dan ingin belajar tentang investasi.

Program SPM Reguler memungkinkan kamu untuk belajar secara jelas dan lengkap tentang pasar modal. SPM Reguler terdiri dari dua jenis program yaitu SPM Rutin dan SPM Syariah.

Di mana, kedua jenis program mengajarkan tentang pengetahuan pasar modal dengan mentor-mentor yang berpengalaman di Bursa Efek Indonesia hingga perusahaan-perusahaan sekuritas lainnya.

Kedua jenis program SPM tersebut, dibagi berdasarkan tingkatan atau level pembelajaran menjadi level 1 dan level 2. Level 1 dan level 2 ini dibedakan berdasarkan materi yang akan diajarkan oleh para mentor di SPM.

Misalnya saja pada level 1, materi akan difokuskan pada pengenalan dan dasar-dasar pasar modal. Sementara pada SPM level 2, materi diperuntukan bagi peserta yang sudah pernah menjadi investor atau telah mengikuti pembelajaran di level 1.

Untuk lebih jelasnya, berikut materi yang diajarkan:

SPM Rutin Level 1

·        Penjelasan dasar mengenai modal yang ada di Indonesia

·        Penjelasan mengenai saham dan hal teknis pada perdagangan saham

·        Penjelasan mengenai kartu identitas investor

·        Penjelasan bagaimana cara membuka rekening saham

SPM Rutin Level 2

·        Belajar mengenai analisa teknikal

·        Belajar mengenai analisa fundamental

·        Mengetahui langkah dan cara investasi saham

·        Melakukan simulasi transaksi di pasar saham

SPM Syariah Level 1

·        Penjelasan mengenai investasi syariah di pasar modal

·        Mengenal mekanisme dalam transaksi saham syariah dengan Sharia Online Trading System atau SOTS

·        Penjelasan mengenai landasan fiqih pada investasi saham

SPM Syariah Level 2

·        Belajar mengenai analisa teknikal

·        Belajar mengenai analisa fundamental

·        Mengetahui cara dan langkah awal investasi saham syariah

·        Melakukan simulasi transaksi di pasar saham syariah

Sekolah Pasar Modal Online

Jenis program SPM online ini diperuntukan bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu, namun tetap ingin belajar investasi saham di pasar modal.

Program ini memungkinkan kamu untuk belajar di sekolah pasar modal secara online, di mana saja dan kapan saja. Untuk materi yang diajarkan oleh program SPM kelas Online ini sama dengan jenis program reguler.

Hanya saja materi yang diberikan berbentuk digital alias softcopy dan dapat diakses melalui gadget kamu. Tentunya tidak ada batasan waktu dalam mempelajari materi digital yang kamu terima.

Sekolah Pasar Modal Institusi

Jenis program SPM yang satu ini diperuntukan untuk suatu institusi hingga komunitas dengan jumlah minimal peserta. Jenis program ini layaknya workshop atau pelatihan seperti perusahaan yang memberikan pelatihan kepada karyawannya dengan minimal peserta 50 orang.

Setiap peserta yang ingin mengikuti SPM Institusi ini bisa menyediakan tempat atau ruangan yang nantinya untuk digunakan sebagai tempat belajar.

Materi yang akan diberikan nantinya dihabiskan dalam satu hari penuh yaitu level 1 dan level 2 dengan waktu yang dapat disesuaikan dengan jumlah peserta, baik di weekend atau weekdays.

Tujuan Diselenggarakannya Sekolah Pasar Modal

Diadakannya program SPM yang dapat diikuti oleh siapapun tentu memiliki tujuan yang bermanfaat mengenai pengetahuan akan investasi di pasar modal. Berikut beberapa tujuan lain dari program SPM Reguler dan SPM Syariah:

SPM Reguler

·        Mengedukasi siapapun mengenai investasi secara benar dan tepat

·        Mempersiapkan calon-calon investor hebat yang paham dan menguasai pasar modal

·        Menarik minat masyarakat Indonesia untuk ikut berinvestasi di pasar modal

·        Memberikan informasi terkait lembaga, institusi, dan fasilitas perlindungan bagi investor syariah di pasar modal

SPM Syariah

·        Memberikan edukasi siapapun mengenai investasi secara benar dan tepat

·        Mempersiapkan calon-calon investor hebat yang paham dan menguasai pasar modal

·        Mengedukasi pemahaman lebih dalam tentang pasar modal syariah

·        Menarik minat masyarakat Indonesia untuk ikut berinvestasi syariah di pasar modal

·        Memberikan informasi mengenai banyaknya lembaga yang ada di lingkup pasar modal dan menyediakan fasilitas perlindungan untuk para investor syariah

Cara Mendaftar Sekolah Pasar Modal

Jika kamu tertarik untuk mengikuti program SPM, kamu mendaftarkan diri melalui situs resminya di https://sekolahpasarmodal.co.id. Jangan lupa untuk memastikan lembaga yang menyelenggarakannya cukup resmi atau diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia.

Ketika daftar, nantinya kamu akan diminta untuk mengisi data diri serta program apa yang ingin dipilih.

Untuk program SPM reguler, kamu harus memerhatikan beberapa ketentuan yang berlaku seperti biaya yang harus disetorkan sebesar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu. Namun, tidak perlu khawatir karena biaya tersebut digunakan sebagai pembuatan rekening saham atau dana awal investasi.

Selain itu, perhatikan juga ketentuan waktu dan hari pembelajaran yang akan diinformasikan setelah kamu selesai mendaftar dan menyetor dana.

Keberadaan sekolah pasar modal tentu bisa menjadi solusi bagi siapapun termasuk kamu yang ingin mempelajari dan ikut serta dalam investasi pasar modal.

Apalagi ditambah dengan kemudahan dalam berinvestasi yang kini bisa dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi saham.

Dengan kemudahan investasi saham yang bisa diakses melalui smartphone, kamu dapat mengelola perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan investasi saham di Ajaib. Yuk, download aplikasi Ajai di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait