Investor Pemula, Teknologi

Cara Jitu Melakukan Permainan Saham Online Bagi Pemula

permainan saham online

Ajaib.co.id – Permainan saham online bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pemula asalkan mereka tahu trik-trik yang dilakukan agar sukses melakukan investasi saham online. Banyak yang ragu untuk investasi saham karena takut mengalami kerugian bahkan kebangkrutan karena investasi saham ini tergolong memiliki risiko tinggi.

Namun, risiko tinggi itu sebenarnya diiringi dengan keuntungan yang besar karena return investasi saham yang menjanjikan kalau kamu berhasil melakukannya dengan baik. Bermain saham memang diperlukan pengetahuan dasar tentang saham dan aturan-aturan saham itu sendiri. Semuanya kamu bisa pelajari dengan otodidak dan bisa dipelajari sambil melakukan praktik secara langsung.

Saat ini transaksi saham bisa dilakukan melalui online karena sudah banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas trading saham online. Hal ini seharusnya bisa kamu manfaatkan sebaiknya karena selain bisa melakukan transaksi secara mudah, kamu juga bisa memantau pergerakan saham secara real time. Dulu kedua hal itu cukup sulit dilakukan karena teknologi yang ada belum secanggih sekarang.

Karena itu ada baiknya hal pertama yang kamu lakukan ketika ingin berniat investasi saham, pilihlah perusahaan sekuritas yang punya fasilitas aplikasi online. Di Indonesia sendiri hampir semua perusahaan sekuritas memilih aplikasi ini, tapi tidak semuanya.

Agar kegiatan permainan saham online yang kamu lakukan berjalan dengan sukses, inilah cara-cara jitu lain yang bisa langsung dipraktekkan.

Memilih Perusahaan Sekuritas yang Mau Membantu Investor Pemula

Tidak semua perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas yang membantu investor atau trader pemula yang membutuhkan bimbingan karena belum sepenuhnya mengerti strategi bermain saham. Dengan adanya fasilitas ini kamu akan merasa terbantu karena mereka bersedia memberikan segala informasi yang kamu butuhkan yang nantinya akan memengaruhi keputusanmu dalam transaksi saham.

Memilih Perusahaan Sekuritas yang Fee Transaksinya Rendah

Ketika kamu melakukan permainan saham online, baik jual atau pun beli saham, pastinya kamu akan dikenai biaya transaksi. Transaksi saham ini sebenarnya diawal terasa murah, tapi jika kamu melakukan transaksi jual-beli yang cukup sering, kamu akan tekor juga. Untuk itulah sebaiknya kamu memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan fee transaksi saham rendah. Biasanya juga fee transaksi yang murah ini tersedia di transaksi saham yang dilakukan secara online.

Pilih Investasi Saham Jangka Panjang

Metode permainan saham online ada dua, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kita mulai dari kekurangannya terlebih dahulu. Kekurangan investasi jangka panjang adalah hasil return dari investasi jangka panjang baru bisa dinikmati beberapa tahun kemudian tergantung dengan pilihan minimal investasi. Idealnya adalah 10 tahun investasi jangka panjang.

Sedangkan investasi jangka pendek kerugiannya adalah akan lebih menguras uang karena kamu cenderung sering bertransaksi yang mengakibatkan pengeluaranmu pun membengkak. Karena itulah sebaiknya kamu memilih investasi jangka panjang, walaupun sebenarnya ini adalah hakmu mau memilih yang mana.

Ketika kamu melakukan investasi jangka panjang, kamu akan jarang melakukan transaksi, yang artinya uangmu akan tetap utuh. Biasanya investasi jangka panjang juga lebih menguntungkan karena kamu akan mendapatkan juga dividen dari perusahaan yang membagikannya.

Pilih Saham dengan Prestasi Baik

Saham dengan prestasi baik ini biasanya berasal dari emiten-emiten besar yang punya laporan keuangan yang stabil. Tidak semua perusahaan publik yang punya prestasi gemilang. Perusahaan dengan saham stabil ini juga biasanya membagikan dividen dengan rutin sehingga akan membawa keuntungan yang banyak untukmu. Biasanya untuk mengenali perusahaan-perusahaan jenis ini bisa kamu lihat dalam list saham LQ45.

Lakukan Diversifikasi Saham

Ini adalah cara umum yang dilakukan para investor dan trader saham, tapi masih jitu sampai sekarang. Melakukan diversifikasi ini maksudnya adalah mengandalkan lebih dari dua saham untuk investasi. Hanya mengandalkan satu saham itu sangat berisiko apalagi dunia pasar modal itu seringnya mengejutkan. Ketika hanya memiliki satu saham dan saham tersebut harganya turun terus, kamu pun lama-kelamaan akan tekor.

Dengan melakukan diversifikasi saham, kamu sudah berusaha untuk menyelamatkan dirimu dari pengalaman kerugian yang besar. Ketika satu perusahaan harga sahamnya turun terus, sedangkan perusahaan lain harga sahamnya naik, maka kerugian yang kamu alami pun bisa ditutupi oleh keuntungan dari perusahaan lain.

Melakukan Analisis Fundamental dengan Kalender Ekonomi

Analisis fundamental ini harus bisa kamu lakukan dan merupakan cara paling sederhana menganalisis saham. Analisi fundamental sebenarnya bermacam-macam, salah satunya adalah dengan cara mengandalkan kalender ekonomi. Kalender ekonomi ini bisa dilihat di website-website yang menyediakan kalender tersebut, biasanya adalah website informasi saham dunia. Isi kalender ekonomi adalah kejadian-kejadian penting di dunia ekonomi yang bisa memengaruhimu dalam mengambil keputusan saham.

Membali Saham Ketika Harganya Sedang Turun

Strategi ini bisa kamu terapkan pada perusahaan-perusahaan dengan fundamental keuangan yang bagus. Biasanya penurunan ini akan terjadi sementara karena beberapa hal, dan suatu saat punya potensi untuk naik kembali. Jadi, ketika kamu menjualnya kembali kamu akan mendapatkan keuntungan dari proses jual-beli tersebut.

Seperti itulah cara jitu untuk melakukan permainan saham online. Untuk berinvestasi saham memang selain pengetahuan yang cukup kamu juga harus melakukan berbagai macam strategi. Dan semuanya bisa dipelajari asalkan kamu memang niat untuk mencari tahu tentang dunia pasar modal ini.

Jika kamu ingin investasi yang lebih murah, kamu bisa mengandalkan Ajaib yang menyediakan produk-produk reksa dana terpercaya. Jangan ragu menghubungi kami untuk informasi selengkapnya. 

Bacaan menarik lainnya:

Halim, A. (2005). Analisis Investasi. Jakarta: Alfabeta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait