Cara Meningkatkan Kinerja Investasi Anda Dengan Dana Darurat

 
test alt text
 
Anda mau tahu sebuah rahasia? Dana darurat dapat meningkatkan kinerja investasi Anda. Itu sebabnya Anda harus memiliki satu sebelum Anda bahkan mulai berinvestasi.
 
Akan tetapi, itu terdengar seperti ide yang konyol, bukan? Pada akhirnya, dana darurat dirancang untuk disimpan di bank dan pada akhirnya tidak akan berubah banyak dari dana awal Anda (bunga tahunan 0,025 persen). Bagaimana hal itu dapat meningkatkan kinerja investasi Anda?
 
# Dana Darurat Memungkinkan Untuk Imbalan Lebih Tinggi
 
Diversifikasi adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi volatilitas investasi dan menambah ukuran stabilitas jangka panjang pada suatu portofolio. Meskipun kami cenderung memikirkan keragaman terutama dalam hal alokasi aset dalam portofolio tertentu, sebenarnya itu juga berlaku untuk seluruh aspek keuangan Anda.
 
Misalnya, katakanlah Anda memiliki pekerjaan yang sangat stabil, seperti bekerja untuk pemerintah. Anda berada dalam posisi untuk mengambil risiko yang lebih tinggi / investasi yang lebih tinggi dalam portofolio Anda sebagai hasil dari stabilitas pekerjaan Anda. Sekalipun investasi Anda mengalami kerugian yang lebih tinggi sebagai akibat dari risiko yang lebih tinggi, kerugian pribadi Anda tidak akan berdampak besar, karena situasi pekerjaan berisiko rendah Anda.
 
Sebaliknya, jika Anda seorang salesman yang ditugaskan dengan penghasilan yang sangat bervariasi dari tahun ke tahun, Anda harus jauh lebih konservatif dalam pilihan investasi Anda. Anda tidak akan dapat menyerap kombinasi kerugian substansial dalam portofolio investasi Anda selama satu tahun dengan pendapatan rendah.
 
Sama halnya seperti pekerjaan dapat memiliki efek material pada kondisi Anda menginvestasikan uang Anda, situasi keuangan Anda di luar portofolio investasi Anda juga dapat memiliki efek yang sama.
 
Jika Anda memiliki dana darurat yang memiliki jumlah uang yang cukup untuk menutup biaya hidup selama 6 bulan atau lebih, Anda akan dapat berinvestasi lebih agresif dalam portofolio Anda. Jika Anda mengalami tahun yang buruk dalam portofolio Anda, dana darurat Anda akan memungkinkan Anda untuk mengejar investasi berisiko lebih tinggi tanpa mempedulikan kelangsungan hidup keuangan Anda.
 
# Dana Darurat Mencegah Penjualan Aset Prematur
 
Jika Anda tidak memiliki dana darurat, Anda akan menghadapi kemungkinan harus melikuidasi posisi investasi jika terjadi keadaan darurat. Dan seperti yang diketahui oleh siapa pun yang berada dalam situasi itu, kapan pun Anda dipaksa untuk menjual investasi, itu pasti akan terjadi pada waktu yang paling buruk!
 
Apa waktu terburuk yang mungkin terjadi?
 
Ketika nilai investasi Anda turun secara signifikan lebih rendah, daripada saat Anda membelinya, atau ketika nilai investasi Anda menurun, tetapi sedang dalam pemulihan besar. Jika Anda harus menjual investasi Anda dan mengambil kerugian sebagai akibatnya, Anda akan mengubah apa yang menjadi kerugian investasi sementara menjadi kerugian permanen.
 
Memiliki dana darurat akan mencegah Anda menjual aset Anda secara prematur.
 
 
# Dana Darurat Menawarkan Manfaat Tak Berwujud
 
Ada juga manfaat tidak berwujud bagi investor yang memiliki dana darurat yang didanai dengan baik:
 
    • Memungkinkan Anda untuk mempertahankan anggaran yang stabil.
Masalah keuangan yang cenderung paling mengganggu kita adalah masalah yang paling langsung berdampak. Seperti, ancaman tidak mampu membayar tagihan Anda atau memenuhi biaya tak terduga. Kepanikan tentunya tidak kondusif untuk investasi yang sukses. Dana darurat akan menyeimbangkan keuangan Anda dan membuat Anda tidak panik.
 
      • Membantu Anda tidur lebih nyenyak.
Jika Anda memegang kendali atas keuangan Anda, Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari karena Anda tidak terlalu khawatir tentang apa yang bisa salah dalam investasi Anda. Tidur yang lebih baik mengarah pada kesehatan yang lebih baik dan pikiran yang jernih. Pada akhirnya, semua yang membantu Anda membuat keputusan investasi yang baik.
 
# Berapa Banyak Uang Seharusnya Dalam Dana Darurat Anda?
 
Dana darurat yang terbaik adalah untuk menghemat hingga tiga bulan dari biaya hidup Anda sehari-hari. Saya pribadi berpikir, bahwa jika Anda berencana untuk berinvestasi besar, Anda harus melampaui jumlah minimum 3 bulan tersebut.
Biaya hidup selama enam bulan mungkin adalah minimum yang Anda butuhkan, sehingga Anda dapat dengan nyaman menginvestasikan dana Anda di aset kelas yang lebih berisiko.
 
# Cara Cepat Membangun Dana Darurat
 
Dana darurat perlu dibangun dengan cepat. Alasan saya mengatakan ini adalah karena ketika Anda membangun dana secara perlahan, keadaan darurat mungkin akan muncul di tengah perjalanan hidup Anda (seperti mengambil dua langkah maju dan dipaksa satu langkah mundur).
 
Salah satu cara terbaik adalah menghemat uang secara bertahap. Tetapi apabila Anda ingin mencari cara untuk mempercepat proses, berikut adalah tipsnya:
 
        • Jika pendapatan bonus atau komisi di atas gaji adalah bagian rutin dari kompensasi Anda, arahkan ini ke dana darurat Anda saat Anda menerimanya.
        • Secara berkala menjual barang-barang pribadi Anda di eBay, Carousel, OLX, Tokopedia atau di halaman penjualan. Dalam proses membersihkan rumah Anda, Anda akan mengubah barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan menjadi uang tunai.
        • Jika Anda memiliki posisi saham atau obligasi yang tidak aktif (misalkan diwarisi dari Kakek Anda) di luar portofolio investasi Anda, jual saham tersebut dan masukkan uang tunai itu ke dana darurat Anda.
Masih banyak lagi yang dapat diperoleh dengan dana darurat. Tetapi alih-alih menganggapnya sebagai simpanan untuk dana yang tidak digunakan, gunakan konsep di atas memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja investasi Anda.
 

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Artikel Terkait