Contoh Pajak Bumi dan Bangunan Beserta Cara Menghitungnya

contoh pajak bumi dan bangunan
contoh pajak bumi dan bangunan

Bingung dengan apa itu Pajak Bumi dan Bangunan? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikan contoh Pajak Bumi dan Bangunan untuk kamu.

Bagi kamu yang memiliki tempat tinggal, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

PBB merupakan pungutan yang ditanggung oleh orang pribadi atau badan yang memperoleh keuntungan dan kedudukan sosial ekonomi lebih baik, karena hak atas tanah dan bangunannya itu.

Contoh Pajak Bumi dan Bangunan pun cukup mudah ditemui. Sebab, sudah banyak orang yang mengurus PBB untuk tanah dan bangunan.

Siapa saja yang harus membayar PBB? Mereka adalah orang pribadi atau badan yang mendapatkan manfaat dari hak atas tanah dan bangunan. Mereka harus melunasi pembayaran pajaknya paling lambat enam bulan sejak tanggal diterimanya SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang).

Dilihat dari sifatnya, contoh Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan pajak yang sifatnya kebendaan. Besaran pajak yang terutang ditentukan dari keadaan objeknya, yakni bumi atau bangunan. Sementara untuk subjeknya, tidak ikut menentukan besaran barang.

Dasar Pengenaan Contoh Pajak Bumi dan Bangunan

Setelah mengetahui apa itu PBB, maka kamu juga harus mengetahui dasar pengenaan contoh Pajak Bumi dan Bangunan yang harus dibayar. Dasar pengenaan dari pajak ini adalah Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

NJOP merupakan harga rata-rata atau harga pasar dalam transaksi jual-beli. Dalam hal ini, objeknya adalah bumi dan bangunan. Biasanya, NJOP ditetapkan setiap tahunnya oleh Menteri Keuangan. NJOP di beberapa wilayah pun berbeda-beda.

Faktor yang Menentukan Dasar Penetapan NJOP Bumi

  • Letaknya.
  • Pemanfaatan.
  • Peruntukannya.
  • Kondisi Lingkungan.

Faktor yang Menentukan Dasar Pengenaan NJOP Bangunan

  • Bahan yang akan digunakan dalam bangunan.
  • Rekayasa.
  • Letaknya.
  • Kondisi Lingkungan.

Selain itu, ada juga dasar penetapan dari NJOP saat tidak adanya transaksi jual-beli. Berikut ini adalah penjelasannya:

Perbandingan Harga dengan Objek Lain: objek lain yang dimaksudkan adalah objek yang masih sejenis, lokasi yang berdekatan, dan punya fungsi yang sama dengan objek lain.

Penggunaan objek lain yang punya kriteria tersebut menjadi gambaran yang dapat mendekati nilai objek yang dibandingkan. Sehingga, NJOP yang ditetapkan memiliki hitungan yang valid.

Nilai Perolehan Baru: penetapan NJOP dengan nilai perolehan baru yang dimaksudkan adalah menghitung biaya yang sudah dikeluarkan untuk mendapatkan objek pajak.

Penilaian itu nantinya akan dikurangi dengan penyusutan yang ada, seperti penyusutan yang terjadi dalam kondisi fisik objek pajaknya.

Nilai Jual Pengganti: nilai jual pengganti yang dimaksudkan adalah penetapan NJOP berdasarkan hasil produk objek pajaknya. Nilai jualnya sendiri didasarkan pada keluaran yang dihasilkan oleh objek pajaknya.

Perhitungan Contoh Pajak Bumi dan Bangunan

Selanjutnya, hal yang harus kamu ketahui adalah perhitungan dari contoh Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Dasar perhitungannya adalah tarif 0,5% yang dikali dengan NJKP (Nilai Jual Kena Pajak), sementara NJKP diperoleh dari 20% NJOP.

Sebagai contoh, diketahui jika NJOP suatu objek adalah Rp2.000.000. Maka, berapa biaya PBB tersebut?

NJKP: 20 persen x Rp2.000.000 = Rp400.000.

PBB: 0,5 persen x Rp400.000 = Rp2.000.

Itulah penjelasan mengenai contoh Pajak Bumi dan Bangunan beserta cara perhitungannya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui PBB secara mudah.

Bacaan menarik lainnya:

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait