Banking, milenial

Ini Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Kreatif

cara menggunakan kartu kredit

Kartu kredit sejak dulu identik dengan pemborosan. Siapapun yang terlihat aktif menggunakannya pasti langsung dicap konsumtif. Yah, apa boleh buat, persepsi itu meluas akibat cara menggunakan kartu kredit masyarakat pada umumnya di masa lalu. Kini waktunya kaum milenial mengubah itu menjadi cara menggunakan kartu kredit yang kreatif, yang tentunya lebih menguntungkan kesehatan finansial pemegangnya sendiri.

Berpikir Berbeda, Itu Kunci ke Kreativitas

Namun tentunya harus diingat, kreativitas dalam cara menggunakan kartu kredit harus selalu di jalan yang legal, bukan curang. Kreativitas yang dimaksud pada intinya terbagi ke dalam 2 aktivitas dasar, yaitu:

Berupaya memahami lebih detil semua seluk-beluk sistem fasilitas kemudahan pembayaran, biaya administrasi, bunga kredit, jangka waktu pembayaran, penawaran promo, serta fasilitas membership dan partnership dari kartu kredit yang kamu pegang.

Melihat celah menguntungkan di antara semua sistem itu, yang bisa kamu manfaatkan secara legal (tidak melanggar hukum), demi meminimalkan pengeluaran dan menambah tabunganmu.

Langkah Awal Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Menambah Keuntungan Finansial

  • Pilih kartu kredit yang kredibel dan populer.
  • Melakukan pendaftaran untuk program loyalitas (contoh: Frequent Flyer).
  • Fokuskan penggunaan kartu untuk belanja online.
  • Pantau terus setiap info penawaran terbaru dari kartu.
  • Pahami prosedur menebus hadiah perjalanan.
  • Manfaatkan penawaran status VIP dari kartu.
  • Fokus pada tujuan penggunaan kartu.

Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Menambah Keuntungan Finansial

Lakukan konversi transaksi komsumsi rutin bulanan dan lunasi tagihannya sekaligus. Yang dimaksud dengan konversi adalah proses perubahan dari satu sistem ke sistem lain yang lebih baik. Kaum milenial wajib mampu mengatur pengeluaran dengan baik, agar berbagai kebutuhan terpenuhi, dan kesuksesan finansial terealisasi.

Tahapannya adalah berikut ini:

Seperti halnya tips finansial yang sudah biasa kamu baca dan dengar, bagi pengeluaran rutin tiap bulan ke dalam 3 jenis kelompok besar kebutuhan:

Kelompok 1:

Kebutuhan Pokok (tagihan listrik, air, pulsa, cicilan rumah/sewa kamar kost, laundry, cicilan kendaraan/transport, BBM, makan, pakaian kerja/kuliah, dlsb.) 

Kelompok 2:

Kebutuhan Tambahan (Hobi, Entertainment, Shopping, Liburan).

Kelompok 3

Kebutuhan menabung dan Investasi (deposito, emas, reksa dana).

Artikel ini tidak akan membahas tentang besaran jumlah anggaran masing-masing kelompok kebutuhan, karena hal itu akan bersifat relatif tergantung besaran pendapatan masing-masing individu.

Konversikan kelompok kebutuhan itu, terutama kelompok kebutuhan 1 dan kelompok kebutuhan 2 menjadi jenis konsumsi yang dibayar dengan menggunakan kartu kredit. Keduanya merupakan pengeluaran rutin yang bebannya sudah pasti, dananya pun biasanya sudah disiapkan untuk beberapa bulan ke depan dan pasti akan kamu bayar, tanpa alasan pengecualian apapun.

Syarat yang paling utama dalam cara menggunakan kartu kredit yang kreatif ini adalah: Jangan pernah menjadikan konsumsi Kelompok Kebutuhan 1 dan 2 sebagai cicilan!

Dengan metode ini, sebenarnya kamu memperlakukan kartu kredit seperti charge card (American Express), di mana konversi pembelanjaan cash rutin bulanan ke kartu kredit akan memungkinkan pemegang kartu mendapatkan keleluasaan waktu selama 1 bulan untuk mengalokasikan pendapatannya bagi investasi. Maka dari itu, begitu tagihan tiba pada bulan berikutnya, harus langsung dilunasi untuk mencegah peningkatan bunga tagihan. Begitu seterusnya ke bulan-bulan berikutnya.

Rajin Mengumpulkan Poin Cashback

Langkah berikutnya dari cara menggunakan kartu kredit yang kreatif adalah mengumpukan semua manfaat dari konversi di atas. Inilah saatnya bagi kamu untuk “panen” miles, yang umumnya berupa point reward, diskon potongan dan cashback yang dulunya mungkin sering terbuang dengan sia-sia.

Pelajari dengan seksama setiap penawaran point reward, kupon diskon potongan dan cashback terbaru dari marketplace terkemuka langganan kamu seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dlsb.

Hitung dan bandingkan besaran total jumlah akumulatif dari kupon diskon dan cashback dari marketplace dengan biaya administrasi dan bunga kartu kredit kamu.

Jika jumlah secara total lebih menguntungkan, gunakan fasilitas Tagihan dan Top Up di aplikasi marketplace tersebut untuk membayar semua kebutuhan rutin bulanan tadi:

  • Voucher Pulsa, Kuota Internet dan Tagihan Telepon
  • Token PLN Pra Bayar dan Pembayaran Tagihan Listrik
  • Tagihan Air PAM
  • Tagihan TV Kabel
  • Tagihan BPJS Kesehatan

Lalu, pilih kartu kredit ketika aplikasi marketplace tersebut menanyakan pilihan Metode Pembayaran.

Saat ini semua aplikasi marketplace sedang berkompetisi sengit dalam meningkatkan jumlah transaksi. Mereka pun adu “murah hati” dalam memberikan jumlah point reward, kupon diskon potongan dan cashback. Manfaatkan semua kemewahan itu untuk menekan habis pengeluaran, serta menumpuk tabungan dan investasi kamu. Asalkan, selalu cermat mempelajari, mengkalkulasi, membandingkan dan memilih.

Jika pun seandainya metode konversi dan pembayaran tagihan rutin bulanan dengan kartu kredit via aplikasi marketplace ini sesekali jadi lebih mahal, pasti selisihnya akan sedikit sekali. Coba deh buktikan sendiri!

Pisahkan transaksi pembayaran tiap jenis tagihan rutin bulanan melalui aplikasi marketplace yang berbeda, agar kamu selalu mendapat “karpet merah” dalam penawaran point reward, kupon diskon potongan dan cashback di tiap aplikasi marketplace.

Belanja Bulanan

Jika tadinya kamu terbiasa belanja bulanan di supermarket, tingkatkan kejelian dalam menyeleksi produk di tiap kategori belanjaan. Pilih produk yang menawarkan potongan diskon terbanyak atau perbandingan value dalam harga yang terbaik.

Ingat, jangan malas berhitung! Aktifkan selalu kalkulator smarphonemu. Jika supermarket langgananmu dan di sekitarnya sedang pelit diskon, beralihlah ke belanja groceries bulanan via online. Terapkan metode seleksi dan perbandingan antara besaran total jumlah akumulatif dari kupon diskon dan cashback dari marketplace dengan biaya administrasi dan bunga kartu kredit, seperti pada pembayaran voucher pulsa dan tagihan listrik tadi.

Biaya Makan Harian, Transportasi, Hobi, Entertainment, Shopping, Hingga Liburan

Setelah menentukan budget tetap yang rasional untuk biaya semua kebutuhan ini, lakukan metode yang sama dalam cara menggunakan kartu kredit yang kreatif, seperti di atas:

  • Jika gerai offline pelit diskon, segera beralih ke online shop dan marketplace, demi memburu diskon dan cashback lebih besar!
  • Tapi mungkin tantangannya cuma untuk transaksi konsumsi di warteg favorit yang belum teraviliasi dengan GoFood/GoGrab aja.

Nah, sekarang, jika kamu sudah “lihai” dalam cara menggunakan kartu kredit yang kreatif, nikmati “keleluasaan” dana pendapatan bulanan kamu dengan langsung “membudidayakannya” ke dalam investasi yang kredibel dan menguntungkan seperti investasi reksa dana di di Ajaib.

Dengan minimum modalnya cuma Rp10.000,- dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup Y Combinator di Silicon Valley, ditambah pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan, Ajaib masih jadi pilihan berinvestasi reksa dana yang cerdas dan berakal sehat untuk kaum milenial!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait