Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Jualan di Tokopedia, Demi Dagangan Laris Manis

Cara Jualan di Tokopedia, Demi Dagangan Laris Manis

Salah satu bisnis online yang cocok bagi pemula yang baru saja ingin terjun ke dunia usaha, yaitu berjualan produk di toko online. Dimana saat ini, kamu bisa dengan mudah menjual produk secara online melalui berbagai platform toko online. Kini sudah banyak sekali, tempat dimana kamu sudah bisa berjualan online, toko online yang Ajaib rekomendasikan untuk kamu adalah Tokopedia.

Yang mana, kamu bisa berjualan dengan mudah melalui platform milik mereka tersebut. Nah bagi kamu yang belum daftar atau buat akun di Tokopedia, kamu bisa simak langkah-langkah berikut ini terkait cara jualan di Tokopedia. Kelebihan jika kamu memilih dan berjualan di Tokopedia adalah kamu bisa berjualan tanpa modal. Di bawah ini, kita akan membahas mengenai cara membuka toko di tokopedia dan cara jualan online dengan mudah di aplikasi ini.

Daftar Akun Tokopedia

Kamu bisa mendaftar di Tokopedia dengan gratis atau tidak punggut biaya sama sekali, pertama kamu hanya perlu masuk ke website www.tokopedia.com/register.pl.

Pada halaman website tersebut, kamu melihat menu daftar akun atau login melalui Yahoo dan Facebook, jika kamu yang sudah memiliki akun Yahoo atau Facebook, kamu bisa login langsung melalui akun Yahoo atau Facebook-mu tersebut. Dan, jika kamu tidak memiliki akun Facebook dan Yahoo, kamu bisa mengisi form seperti nama, email, nomor telepon, dll dengan lengkap dan benar.

Jika sudah, kamu klik menu daftar akun dan selanjutnya kamu akan menerima notifikasi email yang kamu daftar tersebut, untuk melakukan verifikasi akun melalui email. Namun jika dalam beberapa waktu, kamu belum menerima email dari Tokopedia, kamu bisa mengklik “Kirim Ulang Email Aktivasi”. Di email yang kamu dapatkan tersebut, kamu harus mengaktifkan akunmu melalui tombol “Aktivasi Akun Anda”.

Selain mendaftar melalui website, kamu bisa mendaftar langsung melalui aplikasi tokopedia melalui handphone. Cobalah masukan kata kunci Tokopedia melalui App Store atau Google Play.

Verifikasi Nomor Ponsel

Berikutnya, akan ada tampilan untuk melakukan verifikasi nomor telepon, pada tahap ini pastikan bahwa nomor ponselmu aktif ya, karena kamu perlu memasukannya dan klik menu “Verifikasi Sekarang”.

Selanjutnya, kamu harus menunggu kode verifikasi yang dikirim oleh Tokopedia ke nomor ponsel kamu tersebut. Jika kamu telah menerima kode verifikasinya, kamu tinggal copy kode verifikasi dan masukan ke dalam form yang diminta dan klik “Submit”.

Dan, muncul pemberitahuan nomor ponsel kamu sudah terverifikasi, lalu klik “Kembali ke Beranda”.

Jualan di Tokopedia 

Setelah selesai membuat akun Tokopedia, pada halaman beranda Tokopedia, kamu bisa klik icon bergambar toko yang ada di kiri atas, dan muncul menu “Buka Toko” yang bisa kamu klik.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan nama toko, domain, dan lain sebagainya. Pastikan sudah benar dan tidak ada boleh sama dengan orang lain, kamu bisa mengklik “Cek Domain” dan “Cek Nama Toko”.

Pastikan juga alamat toko kamu sudah benar dan sesuai dengan lokasi yang ada di Google Maps, jika sudah kamu akan pilih jenis pengiriman atau kurir yang ingin digunakan ada pilihan JNE, Wahana, dan sebagainya, serta pilih cara pembayaran, klik “Buka Toko”.  Kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa pembuatan toko online telah berhasil. Dan, klik “Tambahkan Produk Pertama Anda”

Input produk

Cara yang terakhir ketika ingin berjualan di Tokopedia adalah menambahkan produk-produk yang ingin dijual, di mana kamu harus mengisi gambar, nama produk, keterangan produk, dan jangan lupa harga produk. Klik “Simpan” atau “Simpan & Baru”, produk yang kamu input sudah masuk ke dalam etalase di toko online-mu dan kamu sudah bisa ngegas untuk berjualan produk pertama kamu tersebut.

Setelah semuanya selesai, kamu hanya perlu menunggu pesanan dan terima pesanan dari calon pembeli dan konsumen online pertamamu, memproses dan mengirim pesanan, dan menerima hasil dari penjualan produk online-mu tersebut.

Tak sulitkan untuk berjualan produk di Tokopedia, jika kamu ikuti langkah-langkah cara berjualan di Tokopedia tanpa modal di atas dengan seksama ya! Ingat! Pastikan barang yang kamu jual di Tokopedia, memiliki foto dan deskripsi produk yang sesuai dengan produk aslinya sehingga kamu tidak mengecewakan pelangganmu nantinya.

Happy selling dan semangat raih keuntungan besar!

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada
Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait