Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Cepat & Mudah Cek Ongkir JNE

Cara Mudah Mengetahui Tarif Ongkir JNE

Ajaib.co.id – Ongkir JNE berbeda tiap wilayahnya. Semakin jauh kamu mengirimkan barang ke dari kota tempatmu tinggal, semakin mahal biaya yang akan kamu keluarkan. JNE menyediakan jasa pengiriman barang super kilat ke seluruh wilayah Indonesia.

Jaringannya cukup luas dan cabangnya pun ada di seluruh Indonesia, sehingga kamu akan mudah melakukan pengiriman barang ke mana saja. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi tarif ongkir yang harus diketahui pengguna layanan JNE beserta cara cek ongkir JNE dengan cepat dan mudah.

Faktor yang Memengaruhi Tarif Ongkir JNE

1. Letak wilayah dan berat barang

Ongkir JNE selain bergantung pada wilayah, bergantung juga pada berat barang yang kamu kirimkan. Misalnya ongkos kirim barang ke suatu wilayah 1 kg-nya adalah Rp9000. Dengan tujuan pengiriman yang masih sama, tapi beratnya ditambah menjadi 2 kg, maka ongkos kirimnya jadi dua kali lipat, dan dihitung sebesar Rp18.000. Jadi, semakin berat barang yang kamu kirimkan, maka akan semakin mahal juga biaya pengirimannya.

2. Jenis pengiriman yang dipilih konsumen

Biasanya pihak JNE akan menawarkan padamu ingin menggunakan jasa pengiriman yang mana. Ada tiga pilihan yang bisa kamu ambil untuk pengiriman paket salah satunya. Yang pertama adalah pengiriman ekonomis, yang kedua pengiriman reguler, dan yang ketiga adalah pengiriman ekspress. 

Ketiga pengiriman ini dibedakan atas lamanya proses pengiriman. Ekonomis biasanya memerlukan waktu yang lebih lama, reguler menggunakan waktu standar, sedangkan ekspress menggunakan waktu yang cepat. Masing-masing dari mode pengiriman itu memiliki tarif yang berbeda-beda. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mudah Mengetahui besar ongkir JNE

Cabang kantor JNE yang sekarang ada di mana-mana, bisa membuatmu melakukan pengiriman di dekat rumahmu. Namun mungkin kamu perlu melakukan persiapan sebelum mengirim barang. JNE tidak menyediakan jasa pembungkusan barang. Karena itu sebelum melakukan pengiriman, ada baiknya kamu membungkus barang pengiriman dengan benar. Bungkus yang rapi sampai orang lain pun tidak akan membukanya.

Setelah itu kamu perlu melakukan pengecekan ongkir JNE. Ini untuk memudahkanmu menyiapkan uang karena tentu kamu tidak ingin uang yang kamu bawa kurang. Untuk mengetahui ongkir JNE sangatlah mudah. Ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya. 

1. Kunjungi Situs Resmi JNE

Cara pertama untuk cek harga ongkir JNE adalah mengunjungi situs cek ongkir di www.jne.co.id, situs tersebut mendukung pengecekan ongkos kirim. Lalu masukkan wilayah asal, kemudian jangan lupa cantumkan wilayah tujuan. Maka akan muncul tarif ongkos kirim yang ingin kamu tahu. Setelah itu kamu bisa menyiapkan uang untuk ongkir JNE yang akan kamu gunakan.

2. Mendatangi Kantor Cabang JNE

Cara yang kedua adalah mendatangi langsung kantor cabang JNE terdekat. Kamu bisa meminta daftar ongkir JNE pada karyawannya. Mereka akan sukarela memberi tahu. Biasanya kamu akan dimintai alamat email. Hal ini karena mereka akan mengirimkan daftar ongkir JNE ke seluruh wilayah Indonesia. Daftarnya sangat lengkap, dan kamu bisa mengeceknya tanpa online terlebih dahulu.

Cara mana yang ingin kamu lakukan untuk mengetahui ongkir JNE itu terserah kamu. Cara pertama bisa dilakukan ketika kamu tidak memiliki waktu yang banyak. Sedangkan cara kedua bisa dilakukan jika kamu memiliki usaha yang mengharuskanmu melakukan pengiriman ke luar kota maupun luar negeri.

Selain itu, kamu juga bisa download aplikasi android untuk cek ongkos kirim seluruh layanan pengiriman barang!

Rekomendasi Ekspedisi Lain untuk Kirim Paket

Selain JNE Tiki, ada beberapa ekspedisi lain yang tepercaya dan bisa membantu kamu mengirimkan paket dengan aman. Di mana, masing-masing ekspedisi ini memiliki tarif dan layanan yang berbeda-beda. Apa saja itu?

1. POS Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa pengiriman surat maupun barang yang berkantor pusat di Bandung dengan 11 regional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Perusahaan ini juga menjadi layanan ekspedisi pertama di Indonesia yang sudah terjamin kualitas dan keamanannya. Untuk mengecek ongkir dari POS Indonesia, kamu bisa mengeceknya di posindonesia.co.id/id/check-tarif.

2. Lion Parcel

Lion Parcel merupakan perusahaan ekpedisi yang didirikan pada tanggal 14 Februari 2013. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa titipan yang melayani pengiriman domestik dan internasional, serta didukung oleh jaringan infrastruktur Lion Group sebagai salah satu maskapai penerbangan terbesar. Kamu bisa cek tarif Lion Parcel di web.lionparcel.com.

Itulah beberapa hal mengenai JNE dan ekspedisi pengiriman lainnya yang perlu kamu ketahui. Hal ini perlu kamu pahami ketika kamu menjalankan bisnis online atau ingin mengirim barang ke teman atau saudaramu.

Artikel Terkait