Daftar Istilah Reksa Dana Lengkap Sebelum Mulai Berinvestasi

Daftar Istilah Reksa Dana Lengkap Sebelum Mulai Berinvestasi
Daftar Istilah Reksa Dana Lengkap Sebelum Mulai Berinvestasi

Tren fintech yang banyak berkembang juga menyebabkan kesadaran masyarakat soal investasi keuangan semakin tumbuh. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyebutkan jika jumlah investor di pasar modal meningkat khususnya investor reksa dana. Melansir dari Kompas.com, jumlah investor reksa dana di Indonesia pada 2019 sudah mencapai 1,25 juta orang. Jumlah ini naik 3 kali lipat dari 4 tahun sebelumnya yang hanya berkisar 350.000 orang saja. Tentunya hal ini semakin menambah niatmu untuk ikut berinvestasi. Namun, sebelum beli reksa dana ada beberapa istilah reksa dana yang harus kamu tau.

Apalagi produk investasi masa kini sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Namun setelah niatan bulat, kamu mungkin masih merasa bingung dengan berbagai istilah investasi reksa dana yang dipaparkan. Jangan sampai kebingungan ini membuatmu ragu mulai berinvestasi. Ajaib akan memberikan panduan lengkap untuk 5 istilah reksa dana yang paling sering digunakan. Simak uraiannya di bawah ini agar tak bingung sebelum mulai menjadi satu dari jutaan investor lainnya.

Manajer investasi

Investasi reksa dana dikatakan paling cocok untuk pemula karena sederhana dan gampang. Salah satunya karena dana yang ditanamkan tidak dikelola sendiri melainkan diatur oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Investor kemudian tinggal mendapatkan hasil dari investasi yang ditanamkannya. 

Manajer investasi adalah pihak profesional yang mengelola dana investastor untuk diinvestasikan ke berbagai surat berharga atau sekuritas lainnya yang menguntungkan. Mereka ini dijamin legalisasinya dengan izin usaha dari pemerintah melalui OJK. 

Bank kustodian

Istilah ini dipakai untuk merujuk lembaga perbankan yang mengurus administrasi terkait catatan setiap kegiatan transaksi terkait investor dan modal yang ditanamkannya. Selain itu, bank kustodian juga bertugas mengawasi, menjaga dan menyimpan aser reksa dana. Aset ini biasanya berupa semua sekuritas termasuk saham, obligasi atau aset berharga lainnya. 

Profil risiko

Profil risiko biasanya disusun ketika sesorang ingin mulai berinvestasi.  Ini menggambarkan tingkat toleransi terhadap risiko investasi yang diambil dan sejauh mana resikonya dapat ditanggung. Berbagai faktor yang memperngaruhi antara lain usia, lingkungan dan pengetahuan akan investasi. Profil risiko secara umum dibagi menjadi 3 yaitu konservatif, moderat, dan agresif. 

Portofolio investasi

Portofolio efek adalah kumpulan instrumen investasi yang dimiliki oleh investor baik perorangan atau kelompok. Biasanya kaitannya dengan modal, profil risiko investor, tujuan, dan jangka waktu investasi. Portofolio ini memuat ragam investasi yang dimiliki seperti obligasi alias surat berharga, reksa dana, properti, saham, dan instrumen lainnya. kalau kamu nantinya berinvetasi di reksa dana maka kamu juga akan memiliki portofolio ini.  

Return

Banyak yang salah sangka mengira return berarti jumlah uang yang didapat dari inestasi yang ditanamkan. Meski tidak sepenuhnya salah return sebenarnya bermakna selisih nilai investasimu sekarang dengan modal yang telah dikeluarkan. Semakin tinggi nilai return yang ditampilkan maka semakin baik pula performa investasimu. 

Tips terpenting di dunia investasi adalah jangan terburu-buru menarik dana investasimu jika returnnya turun. Kemungkinan kenaikan harga selalu ada di masa mendatang karena itu tunggu sampai returnya positif. Dengan demikian, keuntungan yang kamu dapatkan juga jauh lebih maksimal.  


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait