Bisnis & Kerja Sampingan

Memanfaatkan COVID-19: Kesempatan Pengembangan Diri

Ajaib.co.idCOVID-19 merupakan rintangan yang kini dihadapi oleh dunia. Namun, di balik rintangan akan selalu ada kesempatan. Jika kamu sadar, kita berada di tengah kesempatan dalam suatu krisis. Apa yang kamu lakukan dan ciptakan saat ini, tidak hanya mempengaruhi momen saat ini, tetapi juga membentuk masa depan. Jika di tengah krisis COVID-19 kamu hanya menjalankan aktivitas seperti biasa, maka hari di mana semua kembali normal kamu tidak mendapatkan apa-apa. Lalu, bagaimana jika kamu memanfaatkan COVID-19 sebagai kesempatan pengembangan diri?

Di saat pemerintah menerapkan kebijakan social distancing dan sejumlah kantor menerapkan working from home atau bekerja di rumah, di saat itu juga individu memiliki lebih banyak waktu di rumah. Namun sungguh disayangkan, tidak banyak yang menyadari peluang di balik hak istimewa ini untuk mengembangkan potensi dan membentuk diri yang lebih baik.

Bayangkan saja jika suatu hari nanti keadaan kembali normal, kamu bertemu kembali dengan rekan di lingkungan kerja, teman kuliah, teman SMA, atau saudara di momen spesial dan kamu memiliki kemampuan baru, misalnya Bahasa Perancis atau pemahaman tentang bisnis & kerja sampingan. Tentu hal ini akan menjadi kebanggan sendiri bagi kamu. Oleh karena itu penting bagi individu untuk memanfaatkan momentum ini sebagai kesempatan pengembangan diri.

Mungkin COVID-19 akan terus mengacaukan kehidupan umat manusia sehari-hari, tetapi ini peluang yang sempurna dan harus dimanfaatkan untuk mengejar peningkatan karir, terlebih terkait skill yang berhubungan dengan teknologi, mengingat permintaannya akan tinggi di kemudian hari. Survei di portal pencarian pegawai JobStreet menyimpulkan bahwa ekonomi digital akan mengubah rencana perekrut dalam mencari pegawai di tiga tahun mendatang.

Digital marketing, software & application development, e-commerce, dan big data & analytics akan menjadi skill yang dibutuhkan untuk ke depannya. Dengan lebih dari puluhan ribu kursus online di internet dan waktu luang yang lebih banyak, ini kesempatan pengembangan diri yang sempurna untuk meningkatkan kompetensi profesional. Apa saja yang bisa kamu lakukan?

Menyewa Pengajar

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menyewa pengajar. Beberapa perguruan tinggi menawarkan pendidikan karir online sebagai tambahan untuk program gelar sarjana dan magister. Ada juga beberapa pengajar yang menjual materi kursus mereka sendiri. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa mereka. Selain fleksibel, fokus pengajar tersebut hanya tertuju kepada kamu sebagai murid tunggal.

Langkah yang perlu kamu lakukan sebelum menyewa pengajar adalah menemukan informasi lengkap terkait pengajar, mengingat orang tersebut akan datang ke rumah. Kamu bisa menyaring informasi mulai dari tinjauan rinci kursus dan apakah agenda tersebut selaras dengan tujuan? Kamu juga bisa menemukan informasi tentang seberapa cepat pengajar menanggapi pertanyaan yang diberikan.

Pastikan bahwa pengajar yang kamu sewa bisa memberikan jawaban yang komprehensif dari pertanyaan spesifik. Kamu juga perlu melakukan background check dan kredensial secara rinci. Hal ini penting dilakukan untuk menemukan pengajar sesuai preferensi dan menciptakan kegiatan belajar mengajar yang nyaman dan aman.

Cari Tahu Ulasan dari Pelajar Lain

Jika kamu mencari tenaga pengajar di situs kursus online, kamu akan dihadapi dengan berbagai pilihan pengajar, mulai dari yang belum berpengalaman, pengalamannya puluhan tahun, murah, sangat mahal, hingga murah tetapi justru memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih banyak. Untuk menemukan tenaga pengajar yang sesuai dengan preferensi kamu, pastikan untuk menggunakan fitur ulasan dan rating.

Di saat proses pencarian, atur pencarian menggunakan fitur rating tertinggi dan ulasan terbanyak. Penggunaan fitur ini membantu kamu mendapatkan informasi lengkap dari pelajar yang menggunakan jasa pengajar tersebut. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar cara mengajar, bagaimana merespon pertanyaan, serta kelebihan dan kekurangan tenaga pengajar tersebut.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi langsung dari penyedia layanan kursus online terkait hasil atau pencapaian dari siswa terdahulu yang biasanya dalam bentuk sertifikat. Mengetahui bahwa kamu akan mendapatkan sesuatu di akhir kursus tentu merupakan motivasi tersendiri untuk menggunakan kesempatan pengembangan diri selama COVID-19.

Pilih Kursus yang Sesuai dengan Gaya Belajar

David Ginchansky selaku career coach di Korn Ferry Advance mengungkapkan bahwa seseorang akan menyelesaikan kursus jauh lebih cepat dengan agenda dan materi yang menurut mereka menarik. Dengan kata lain, jika kamu mendapati kursus dengan rating dan ulasan yang positif, tetapi materinya kurang sesuai, sebaiknya segera tinggalkan.

Kamu harus memprioritaskan bagaimana proses kamu memahami materi tersebut alih-alih memaksa dirimu memahami materi yang belum tentu sesuai dengan gaya belajar. Saring materi kursus sesuai dengan kebutuhan. Apakah kamu lebih menyukai belajar menggunakan komunikasi satu arah atau kursus yang memungkinkan pelajarnya memberi dan menerima feedback?

Jika kamu membutuhkan kursus yang menggunakan pendekatan interaktif, ikuti kursus yang membagi pelajarnya menjadi beberapa kelompok yang nantinya akan disediakan sesi khusus untuk forum group discussion (FGD) untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi. Namun, jika kamu lebih tertarik belajar sendiri, kursus yang kemajuannya berdasarkan cepat atau lamanya kamu mengakses kursus tersebut.

Cari Tahu Akreditasi yang Mendukung Pekerjaan

Menggunakan kesempatan pengembangan diri di tengah COVID-19 memang menyenangkan, tapi pastikan kursus yang kamu ambil sesuai atau mendukung pekerjaan saat ini. Tentunya ini tergantung pada industri dan jabatan kamu. Jika kamu programmer, mungkin kamu tidak membutuhkan akreditasi untuk mendukung pekerjaan, sebab kebanyakan programmer berawal dari belajar sendiri atau otodidak.

Namun, jika kamu ingin meningkatkan kompetensi dan mendapatkan jabatan di perusahaan teknologi multinasional, akreditasi dan sertifikasi penting sebagai pertimbangan atasan untuk memberikan jabatan penting. Jika ini tujuan kamu, pastikan kursus online yang kamu pilih menyediakan program khusus untuk meningkatkan akreditasi atau sertifikasi profesi yang akan meningkatkan nilai kamu di mata perusahaan.

Sumber: Coronavirus Downtime As A Learning
Opportunity
, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait