Bisnis & Kerja Sampingan

Inspirasi Kata Keren Untuk Maksimalkan Promosi Bisnis

inspirasi kata keren

Ajaib.co.id – Promosi bisnis sekarang harus pandai bermain kata. Wajib pintar-pintar mencari inspirasi kata keren untuk menarik perhatian konsumen. Bukan hanya sekedar memiliki makna yang mendalam namun juga untuk menjadi yang terbaik untuk menarik pembeli.

Ada banyak metode untuk menghasilkan iklan yang keren dan diingat publik. Salah satu yang kerap jadi andalan adalah dengan pemilihan kata-kata yang keren. Sudah ada sejumlah brand dengan tagline kata-kata yang legendaris.

Misalnya saja Life is Never Flat dari Chitato, Just Do It dari Nike, dan masih banyak lagi lainnya. Sejumlah frasa tersebut terbukti berhasil untuk mendapatkan perhatian publik yang kemudian menjaid karakter produk itu sendiri. Banyak orang kemudian membagikan kata-kata tersebut yang tentu saja semakin meningkatkan brand awareness-nya.

Cara ini juga bisa kamu terapkan untuk promosi bisnismu. Terlebih lagi jika kamu memaksimalkan digital promosi di media sosial dengan target anak muda. Kata-kata bijak yang kamu sampaikan dalam copy writing-mu bisa jadi hal yang sangat ikonik dan sangat mengena. Namun kamu bukan hanya perlu mencari inspirasi kata keren, luangkan pula waktu untuk memahami tema-tema yang menarik.

Biasanya, tema soal perasaan seperti rasa sakit hati, proses untuk memberimu kebahagiaan, kalimat yang memberi kekuatan untuk menjalani hidup atau kegalauan. Selain itu, kutipan dari para tokoh seperti Nelson Mandela, Mahatma Gandhi sampai dengan seniman merupakan favorit untuk jadi inspirasi kata keren pula.

Cara Mendapat Inspirasi Kata Keren yang Pas Buat Promosimu

Butuh inspirasi kata keren yang bisa jadi tagline atau copy produk kamu? Ada baiknya kamu simak artikel ini agar bisa mendapatkan ide kata-kata keren yang sebelumnya tidak terpikir. Karena, seperti kata-kata mutiara, kata keren juga bisa menggugah perhatian orang.

Memikirkan kata keren yang menarik pelanggan untuk membeli produk kamu memang susah-susah gampang. Apalagi setiap orang memiliki seleran yang berbeda. Namun jika kamu tahu trik dan tips-nya, kamu pasti akan lebih mudah dalam membuat kata keren untuk menarik para pelanggan dalam membeli produk yang kamu tawarkan.

Beragam cara dalam mebuat kata keren yang mampu menarik minat konsumen, pastinya tidak terlepas dari kualitas, harga dan tingkat kebutuhan akan produk yang kamu tawarkan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa cara untuk memaksimalkan penjualan produk kamu dengan mendapatkan inspirasi kata keren.

Tentukan Target Pasar

Jika kamu ingin menjual perlengkapan masak, pastilah target konsumen kamu menyasar kepada ibu rumah tangga atau juru masak. Jika kamu menjual perlengkapan sekolah pastilah target kamu adalah siswa sekolah.

Dalam hal ini pastikan apa yang kamu jual dapat dipahami oleh target pembeli kamu. Dengan menentukan target pembeli kamu, maka kamu akan lebih mudah mempromosikan produk karena akan sangat diminati dan dibutuhkan.

Gunakan Kata Keren Secara Persuasif

Banyak sekali kata keren yang kita jumpai bertujuan untuk emmpengaruhi pembeli memilih produk yang kamu jual. Misalkan saja ‘Buruan, Ini Hari Terakhir Diskon’. Kata keren ini akan mempengaruhi pembeli untuk berusaha saat itu juga membeli produk kamu karena takut tidak mendapatkan harga yang murah.

Kamu juga bisa memposisikan diri sebagai pembeli. Dengan menjadi pribadi yang sama seperti konsumen, kamu bisa dapat gambaran akan kalimat yang menarik dan menggugah untuk membeli produkmu.

Kata Keren yang Masuk Akal

Membuat kata keren yang dirangkai dalam kalimat juga haruslah masuk di akal dan tidak berlebihan. Misalkan saja ‘Makan Siang Sepuasnya Hanya Rp50.000’ akan sangat menggoda pembeli. Namun kamu harus menyesuaikan menu yang disajikan dengan harga demikian. Usahakan pembeli kamu tidak berpikir bahwa kata keren yang kamu jadikan tagline hanyalah kebohongan.

Memberikan Solusi

Dengan kamu memberikan solusi dalam rangkaian kalimat yang mengandung kata keren tersebut, maka pembeli akan berpikir bahwa solusi yang ia cari terpecahkan hanya dengan membeli produk kamu.

Misalkan rangkaian kata keren ‘Lapar Tanggal Tua? Nikmati Potongan Sadis Hanya Untuk 100 Orang Pertama’. Kata keren ini memiliki arti bahwa sebuah restoran akan memberikan potongan harga yang cukup besar untuk jenis makanan di akhir bulan.

Tambahkan Kata Keren dalam Berbagai Perayaan

Dengan menyertakan kata keren dalam tiap perayaan seperti Natal, Tahun Baru dan Lebaran, pembeli kamu akan mengetahui bahwa kamu juga mengikuti update-update yang terjadi sehingga toko kamu akan terlihat lebih eksis dan up to date.

Kombinasikan Kata Keren dengan SEO

Teknik SEO digunakan dalam marketing untuk lebih menjual produknya. Jika kamu adalah penjual online, tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan penggunaan kata keren dengan teknik SEO agar mampu te-detect oleh mesin pencari Google dan sekaligus meningkatkan pelanggan kamu.

Dengan menjalankan panduan itu, bukan hal yang sulit untuk mencari inspirasi kata keren. Hal ini cukup penting untuk pebisnis, karena dengan kemampuan mengolah kata-kata, bisa jadi strategi marketing yang baik juga.

Brand yang Berhasil Mengolah Kata Jadi Slogan yang Keren

Mengolah kata nyatanya bukan hal yang mudah. Butuh keahlian tersendiri untuk mendapatkan rangkaian kata yang unik sekaligus menjual. Namun sejumlah brand ini sudah berhasil melakukannya. Hasilnya bukan hanya popularitasnya yang meningkat namun juga penjualannya.

Apa saja brand yang sudah berhasil jadi inspirasi kata keren masa kini?

1. Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro (Teh Botol Sosro)

Kemunculan slogan “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” dilatarbelakangi oleh adanya produk Frestea dari Coca Cola yang perlahan merebut pasar Sosro. Dalam slogan ini Sosro berusaha mengubah kebiasaan konsumen, dari mereka yang setelah makan terbiasa minum air putih atau minuman lainnya, mulai diarahkan untuk mengkonsumsi Teh Botol Sosro setelah makan.

Slogan tersebut cukup populer dan mengena di kalangan konsumen, akan tetapi, pada tahun 2008 Sosro kembali mengubah slogan menjadi “Apapun, Enaknya Minum Teh Botol Sosro”. Hal ini dilakukan karena Sosro ingin memperkuat positioning produknya sebagai produk teh untuk siapa saja dengan aktivitas yang beragam.

2. Aku Dan Kau Suka Dancow (Dancow)

Kalimatnya yang unik, mudah dilafalkan, dan diingat membuat produk susu keluaran Nestle ini terus dalam ingatan publik. Slogan Dancow merujuk pada pengakuan bahwa kita semua suka Dancow dan memilih susu Dancow untuk dikonsumsi. Harga yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia, disertai dengan kemampuan dan kemahiran PT Nestle Indonesia di dalam memahami kebutuhan konsumen, membuat Dancow bertahan sebagai merek favorit bagi konsumen susu di Indonesia.

3. Mengatasi Masalah Tanpa Masalah (Pegadaian)

Pegadaian melihat bahwa kebutuhan seseorang akan uang tunai terkadang menjadi kebutuhan yang sangat mendesak pada waktu-waktu tertentu. Dengan pola pikir masyarakat yang cenderung berfikir bahwa melakukan pinjaman adalah hal yang sulit dilakukan, slogan “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah” mencoba untuk menyampaikan kemudahan jasa yang ditawarkan oleh Pegadaian. Slogan ini juga lebih terfokus kepada masalah yang dihadapi oleh konsumen mereka dan juga membantu pendekatan marketing atau sosialisasi yang dilakukan.

4. Connecting People (Nokia)

Sebenarnya tagline Nokia ini cuma mendeskripsikan produknya yang merupakan ponsel untuk menghubungkan satu sama lain walaupun terhalang oleh jarak atau waktu. Walaupun sekarang Nokia bukanlah satu-satunya brand ponsel terbesar dan sudah banyak orang yang menggunakan ponsel dengan brand lain, tagline ini masih menjadi salah satu pengingat, lho!

5. “Because you’re worth it” (L’oreal)

Ketika awal perilisannya, para wanita dicap ‘palsu’ jika memulas makeup ke wajah mereka. Akhirnya L’oreal pun menciptakan slogan ini dengan pesan bahwa wanita layak untuk memulas makeup dan tidak ada yang salah dengan hal itu.

Tagline ini pun berhasil membungkam suara-suara negatif yang mengatur para wanita dalam berperilaku pada tahun tersebut. Maknanya juga bisa menjadi pengingat serta motivasi bagi para wanita yang mungkin sedang merasa down, terpuruk, dan merasa bahwa mereka tidak berharga untuk selalu merasa worth it atau layak.

6. Orang Pintar Minum Tolak Angin (Tolak Angin)

Slogan yang muncul pada tahun 2000-an ini mulai populer sejak muncul dalam iklan yang diperankan oleh tokoh-tokoh dengan image pintar seperti Rhenald Kasali, Soebronto Laras, Agnes Monica, Lula Kamal, dan Anggito Abimanyu. Kata “Orang Pintar” yang digunakan dalam slogan Tolak Angin digunakan untuk mengubah image jamu yang identik dengan arti kuno, kampungan, dan tua menjadi produk yang baru, modern, dan membanggakan.

7. “Just Do it” (Nike)

Selain mudah diingat, brand Nike juga memiliki pesan yang sangat memotivasi untuk orang-orang yang sedang ragu dalam mengambil keputusan. Citra simpel dari brand Nike ini juga terlihat dari logonya yang hanya merupakan simbol tanda centang alias checklist. Kalau dikaitkan, logo dan taglinenya masih memiliki kesinambungan.

8. Indomie Seleraku (Indomie)

Slogan sederhana dengan jingle yang khas ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ketika Indomie pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969, banyak yang meragukan produk mie instan sebagai makanan pokok selain nasi. Namun, karena rasanya yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia serta harganya yang terjangkau, membuat Indomie mudah diterima berbagai kalangan. Konsep inilah yang menjadi inspirasi kata keren untuk dipakai marketing produk mie instan ini, walau berbeda-beda tetapi tetap satu selera.

Berbagai brand di atas sudah berhasil menerjemahkan konsep dan karakter produknya menjadi slogan yang menarik. Bukan hanya itu, bahkan slogannya sudah berhasil menjadi inspirasi kata keren untuk banyak para pebisnis masa kini.

Apakah kamu salah satunya?

Artikel Terkait