Investasi, Investor Pemula

Panduan Investasi untuk Remaja serta Orang Tua

panduan investasi

Ajaib.co.id – Pada titik tertentu, sebagian besar remaja mencapai usia di mana mereka berhenti hanya membuat marah orang tua mereka dan menghasilkan uang sendiri. Pada titik ini, merupakan ide bagus untuk mulai memberikan panduan investasi untuk anak remajamu.

Sangat menggairahkan untuk mendapatkan gaji pertama kamu, tetapi akan lebih menyenangkan melihat uang tumbuh seiring waktu. Investasi bisa rumit, tetapi tidak harus begitu.

Tidak ada yang mengharapkan seorang remaja menjadi miliarder sebelum usia 20 tahun. Tetapi pelajaran uang yang dipelajari di masa remajamu dapat sangat bermanfaat saat kamu mulai menabung untuk tujuan-tujuan penting. Karena itulah, panduan investasi itu penting.

Mari kita lihat beberapa hal yang dapat dilakukan remaja dan orang tua mereka untuk memulai berinvestasi melalui panduan investasi berikut ini.

#1 Pelajari Kalkulator Pengembalian Investasi

Salah satu hal paling kuat yang dapat kamu lakukan ketika memperkenalkan remaja untuk berinvestasi adalah membuat mereka memahami berapa banyak uang yang dapat mereka peroleh dari waktu ke waktu.

Ada banyak kalkulator daring yang memungkinkan kamu memasukkan jumlah yang kamu rencanakan setiap bulan, jumlah tahun yang kamu rencanakan untuk berinvestasi, dan tingkat pengembalian yang diharapkan.

Misalnya, kalkulator simulasi return yang disediakan di dalam aplikasi Ajaib saat memilih salah satu investasi reksa dana, perkiraan berapa yang akan kamu dapatkan dalam jangka waktu dengan menyesuaikan setoran yang kamu pilih.

Sebagai contoh, seorang anak berusia 15 tahun dapat belajar berapa banyak yang akan mereka dapatkan pada usia 20 tahun jika mereka mulai dengan Rp100.000 dan menyisihkan Rp50.000 per bulan, mendapatkan pengembalian tahunan rata-rata 6%.

Keuntungan ini didapatkan seiring waktu, bukan karena kamu menarik-ulur uang investasi tersebut. Latihan ini sangat penting bagi remaja karena jelas bahwa cara terbaik untuk mengakumulasi jumlah besar adalah mulai lebih awal, karena kekuatan pengembalian majemuk yang tumbuh seiring waktu.

Perlu diketahui juga, untuk memulai investasi reksa dana, kamu harus menentukan terlebih dulu jenis atau instrumen investasinya, apakah pasar uang, pendapatan tetap, campuran, ataupun reksadana saham. Investasi reksadana juga tidak membutuhkan analisa mendalam, karena seluruh dana yang akan kamu simpan didalamnya akan dikelola dengan baik dan profesional, sesuai tujuan investasimu oleh manajer investasi yang kamu pilih. Jenis ini sangat cocok bagi kamu investor pemula yang ingin mulai berinvestasi.

Selain mudah dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Memulai investasi reksa dana juga bisa dimulai hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu. Perlu diketahu juga bahwa biasanya investasi dengan return tinggi juga memiliki risiko tinggi. Sedangkan ketika kamu memilih risiko rendah, maka nilai investasi yang kamu dapatkan juga rendah.

#2 Beli Stok Saham

Meskipun benar bahwa sebagian besar orang, terutama remaja, harus menghindari praktik “memilih saham,” itu bisa menjadi pendidikan yang bagus untuk seorang pemula.

Pertimbangkan untuk membiarkan seorang remaja membeli beberapa saham di perusahaan pilihan mereka, dan mendidik mereka tentang bagaimana harga saham naik dan turun, dan mengapa saham tersebut naik dan turun.

Jika anak tersebut masih di bawah 18 tahun, orang tua dapat menjadi orang yang membeli dan menjual saham, meskipun mereka juga dapat membuat akun kustodian.

Orang muda pertama-tama harus memahami bahwa investasi saham, pada intinya, adalah bagian dari perusahaan. Jika perusahaan bekerja dengan baik, investor melakukannya dengan baik, dan sebaliknya. Ini adalah hal yang kuat untuk dipelajari.

Sangat menarik untuk mengatakan bahwa kamu adalah pemilik sebagian dari The Walt Disney Company, McDonald’s, atau Coca-Cola. Dan bahkan lebih menarik menyaksikan investasi meningkat nilainya. (Tunggu sampai mendapatkan pembayaran dividen pertama!)

Jika seorang remaja benar-benar menghasilkan uang, dorong mereka untuk menyisihkan persentase tertentu dari pendapatan mereka untuk membeli lebih banyak saham.

Memulai remaja dengan beberapa saham akan mengajarkan mereka dasar bagaimana pasar bekerja dan bagaimana perusahaan menghasilkan uang. Ini juga bisa mengajarkan mereka nilai kesabaran, karena saham dapat kehilangan nilai dalam jangka pendek, tetapi biasanya naik seiring waktu dalam jangka panjang.

Dan siapa yang tahu? Mungkin beberapa saham itu sekarang dapat menghasilkan jutaan rupiah.

#3 Buka Rekening Tabungan Hasil Tinggi

Ketika remaja mulai mendapatkan uang dari uang saku dan pekerjaan pertama mereka, mereka akan mendapatkan pengantar ke bank. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk mempelajari cara kerja suku bunga, dan mendapatkan pemahaman dasar tentang nilai pengembalian majemuk.

Karena remaja cenderung sudah paham teknologi, mereka tidak akan kesulitan memasukkan uang mereka ke rekening tabungan online. Yang notabene-nya membayar suku bunga lebih tinggi daripada bank-bank lainnya. Pilihan populernya adalah rekening Jenius dan DigiBank.

Rekening tabungan online ini dirancang untuk mendorong tabungan. Mereka sering tidak mengizinkan kamu untuk menarik uang menggunakan kartu ATM. Selain itu, banyak yang bahkan tidak akan membiarkan kamu menulis cek.

Remaja dapat menyetor sebagian dari penghasilan mereka ke dalam akun ini dan memulai perjalanan menuju tabungan yang tersimpan rapi dan tidak boros.

#4 Membuka Deposito

Tidak semua remaja bisa menabung. Apalagi di usia yang terbilang masih labil. Biasanya mereka akan menggunakan uang yang mereka miliki untuk belanja dan membeli barang keinginan mereka. Untuk menghindari dari hidup yang boros, remaja bisa mulai dengan membuka rekening deposito. Di mana, kamu bisa memilih jangka waktu berinvestasi mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 5 tahun, hingga 20 tahun. Semuanya bisa disesuaikan dengan uang yang kamu miliki.

Membuka deposito ini sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang ingin menabung tapi tidak bisa menyimpan uang sendiri. Kenapa? Karena biasanya deposito memiliki fasilitas auto debit, sehingga sebelum uangmu habis di tabungan, uang deposito akan ditarik langsung secara otomatis. Selain itu, kamu juga tidak bisa mengambil uang yang telah diinvestasikan sebelum tanggal jatuh tempo. Jika hal tersebut dilakukan, kamu akan dikenakan biaya pinalti yang jumlahnya cukup besar dan tergantung oleh bank yang kamu gunakan.

Selain itu, deposito juga tidak terlalu memberatkan, karena untuk setoran awal biasanya mulai dari Rp100 ribu dan setoran selanjutnya mulai dari Rp100 ribu. Akan sangat mudah dan murah bukan?

#5 Mulai Bisnis Kecil

Ada beberapa risiko dalam membuka bisnis, jadi penting untuk memulai dari yang sangat kecil. Kamu tidak ingin anak remaja kamu menghabiskan seluruh uang saku mereka pada usaha spekulatif. Alih-alih, bantu mereka membuka kios minuman ringan, atau mungkin toko DIY kecil.

Ajari mereka dasar-dasar pembelian peralatan atau bahan, melacak pengeluaran, harga, dan pendapatan logging. Ada banyak contoh remaja yang menjadi kaya melalui kewirausahaan.

Di kemudian hari, mereka tidak akan berada di titik buntu untuk menghasilkan uang. Karena mereka telah mendapatkan pelajaran sedikit tentang cara menghasilkan uang melalui wirausaha.

Mengajarkan remaja dan pentingnya didikan keuangan dari orang tua adalah kunci sukses untuk mencapai financial freedom saat mereka tumbuh dewasa.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak memandang hal ini penting. Pada akhirnya anak-anak mereka ‘terlambat’ untuk mencapai financial freedom-nya saat lulus SMA atau universitas saat umur 21-22 tahun.

#6 Pilih Investasi Reksa Dana

Bagi kamu yang baru ingin memulai investasi dan ingin mendapatkan keuntungan, kamu bisa memulai investasi pertamamu dengan membuka rekening reksa dana. Untuk memulai investasi reksa dana, kamu bisa mulai dengan menentukan tujuan investasi dan jangka waktu yang kamu inginkan. Misalnya, ketika kamu ingin memulai investasi untuk dana pendidikan anak kamu sekolah, maka kamu bisa mulai investasi dengan waktu 10 tahun.

Setelah menentukan tujuan dan jangka waktu. Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan manajer investasi yang ingin kamu pilih untuk mengelola dana yang kamu simpan. Pastikan kamu memilih manajer investasi dengan portfolio yang sesuai dengan tujuan investasi kamu.

Jadi, jika kamu belum menerima pelajaran keuangan yang krusial dari orang tua kamu, sebaiknya kamu memulainya sendiri dan belajar secara otodidak. Ajaib adalah salah satu platform investasi reksa dana yang cocok untuk kamu memulai perjalanan menuju financial freedom-mu. Selain bisa membantu kamu mempelajari mengenai dunia investasi, kamu juga bisa memulai investasi pertamamu di Ajaib.

Dengan menggunakan Ajaib, kamu bisa memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja. Selain itu, di Ajaib, kamu bisa memulai investasi hanya dengan uang Rp10 ribu. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi pertamamu sekarang juga di Ajaib! Semangat!

Bacaan menarik lainnya:

Giles et. al. (2003). Managing Collective Investment Funds. England : John Wiley & Sons Ltd


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait