Saham Kapitalisasi Kecil dan Bedanya dengan Saham Penny

saham kapitalisasi kecil
saham kapitalisasi kecil

Saham kapitalisasi kecil adalah salah satu jenis saham yang kurang populer oleh investor. Karena seperti namanya, Jenis saham ini memberikan keuntungan yang ‘tidak seberapa’ bagi para investor, apalagi bila dibanding kapitalisasi pasar besar.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus melupakan saham kapitalisasi kecil dalam investasi saham. Sebaliknya, dengan memahami saham bernilai kecil, kamu bisa mencari celah keuntungan investasi juga meningkatkan kualitas kamu di mata investor lain.

Lalu sebenarnya apa saham dengan kapitalisasi pasar kecil dan keuntungannya dalam investasi saham?

Definisi

Saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang kecil. Bisa juga dibilang saham yang diperjualbelikan secara bebas dan memiliki kapitalisasi ‘kecil’ alias yang berada di bawah Rp1 triliun. Istilah kapitalisasi sendiri mengacu kepada nilai kapitalisasi perusahaan yang mempunyai saham tersebut.

Bagaimana Cara Menghitung Kapitalisasi Pasar

Apakah itu saham kapitalisasi kecil atau saham kapitalisasi besar, nilai kapotalisasi ditentukan oleh nilai lembar saham dengan jumlah saham yang beredar. Jadi misalnya, perusahaan A memiliki lembar saham dengan harga Rp100 per lembarnya dan ada sekitar 2 juta lembar saham yang beredar, maka kapitalisasinya berjumlah Rp200 juta atau masih masuk kategori saham bernilai kecil.

Beda dengan Saham Penny

Penting untuk membedakan antara saham kapitalisasi kecil dengan penny stock atau saham gorengan. Kebanyakan dari saham bernilai kecil adalah saham gorengan. Nilai dari saham bernilai kecil bisa di atas US$ 5 di luar negeri. Sebagai tambahan, saham bernilai kecil memberikan likuiditas lebih tinggi jika dibandingkan dengan saham gorengan.

Keuntungan Investasi Saham Kapitalisasi Kecil

Setiap investor bisa dengan mudah menambahkan saham bernilai kecil ke portofolio mereka. Namun, sama dengan berbagai tipe investasi lainnya, ada banyak keuntungan serta kekurangan dalam investasi saham bernilai kecil.

Potensi Pertumbuhan

Berbeda dengan perusahaan besar, perusahaan kecil atau rintisan menyimpan potensi untuk pertumbuhan lebih besar. Beberapa perusahaan kapitalisasi kecil, menyukai ruang lebih besar untuk pertumbuhan di masa depan daripada perusahaan besar yang sudah mapan.

Kemungkinan Besar Efisien di Pasaran

Informasi tentang saham bernilai kecil akan lebih sulit didapatkan jika dibandingkan dengan yang nilainya menengah dan tinggi. Analis biasanya akan memberikan perhatian lebih sedikit kepada tipe saham bernilai kecil, sehingga ada kemungkinan harga yang tidak sesuai terhadap saham bernilai kecil.

Ini menciptakan situasi untuk investor untuk mengambil keuntungan dari labilnya harga pasaran saham

Institusi Finansial Tidak Akan Menaikkan Harga

Institusi finansial, termasuk reksa dana, akan mengikuti regulasi tertentu yang tidak memungkinkan investasi berat kepada saham bernilai kecil. Dengan begitu, harga tidak akan terlalu naik secara signifikan.

Melihat beberapa fakta dan pengertian di atas, tertarik untuk investasi saham bernilai kecil?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait