Ingin Menanam Saham HRUM? Yuk Kenalan dengan Harum Energy!

Komunikasi Bisnis
saham-HRUM
Business people shaking hands together

Kamu sedang mencari tahu, kira-kira saham apa ya yang menarik untuk investasi? Atau sudah mulai membidik saham HRUM dan mencoba memahami lebih lanjut soal saham dan perusahaannya?

Jika kamu baru saja mulai tertarik untuk berinvestasi, hal yang perlu dilakukan adalah mempelajari perusahaannya itu sendiri, baik di bidang apa perusahaan bergerak, keuntungannya menanam saham, serta pengetahuan umum lainnya terkait perusahaan tersebut.

Mari kita bahas lebih dalam soal PT Harum Energy atau saham HRUM.

Bergerak di bidang energi

PT Harum Energy Tbk (Perseroan) sendiri merupakan perusahaan di bidang energi pertambangan yang didirikan dengan nama PT Asia Antrasit pada tahun 1995, yang kemudian berubah nama menjadi PT Harum Energy. Perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan, industri, perdagangan dan jasa batubara.

Seiring dengan perkembangan perusahaan, PT Harum Energy kini telah berhasil memasarkan produk batubaranya ke berbagai pasar domestik maupun global, seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Tiongkok dan India. Kualitas perusahaan ini juga tak diragukan lagi, lewat beberapa penghargaan yang pernah disabetnya, seperti 100 Best Companies in Indonesia dari Fortune Indonesia, 200 Best Under A Billion dan Best Return on Investment dari Forbes Asia di tahun 2012, dan juga MSCI Global Small Cap Indices pada tahun 2013.

Memiliki beberapa anak perusahaan

Sebagai perusahaan induk, PT Harum Energy memiliki beberapa entiti anak perusahaan di bidang energi batubara. Ini dia daftar anak perusahaannya:

  • PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ) mulai beroperasi tahun 2004 sebagai perusahaan eksploitasi tambang dan merupakan operasi terbesar.
  • PT Santan Batubara (SB) mulai beroperasi tahun 2009 sebagai perusahaan joint venture, namun sempat terhenti operasinya karena industri yang menurun.
  • PT Tambang Batubara Harum (TBH) mimiliki izin Pinjam Pakai pada November 2011.
  • PT Karya Usaha Pertiwi (KUP) diakuisisi kepemilikannya sebesar 50,5% oleh Harum Energy sejak 2013.
  • PT Layar Lintas Jaya (LLJ) bergerak di bidang pengangkutan dan alihmuat tambang batubara.
  • PT Lotus Coalindo Marine sebagai perusahaan asosiasi Harum Energy.

Sistem Operasional Perusahaan

Bagaimana perusahaan itu bekerja dalam menghasilkan profit juga perlu kita ketahui loh. Perusahaan dekat dengan garis pantai dan jarak 10-50km menuju pelabuhan, memudahkan perusahaan melakukan efisiensi biaya transportasi. Tidak hanya itu, lokasi fasilitas pemuatan tongkang serta kontrol rantai pasokan, menjamin kualitas produk yang sampai di tangan pelanggan.

Pemegang investasi terbesar

Saat ini, pemegang saham HRUM terbesar adalah PT Karunia Bara Usaha 74,5% yang didirikan tahun 2006. Sebanyak 0,9% saham HRUM dimiliki oleh PT Bara Sejahtera Abadi. Sementara, 22,75% saham HRUM dimiliki oleh publik.

Nah, itu dia beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahu tentang PT Harum Energy (saham HRUM). Semoga tulisan ini membantu dalam mempertimbangkan investasi saham HRUM.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait