Investor Pemula, Saham

Bagaimana Cara Menilai Emiten Saham yang Bagus?

emiten saham

Ada berbagai cara menilai emiten saham yang bagus. Jika kamu adalah investor lama, mungkin menilai emiten saham yang bagus sudah bisa kamu lakukan dengan mudah dan di luar kepala. Namun, bagaimana cara menilai emiten saham yang bagus bagi para investor pemula yang belum mempunyai keterampilan dan keterampilan terhadap pasar saham? Apa saja ciri emiten saham yang bagus? Berikut beberapa di antaranya.

Perbedaan Emiten dan Perusahaan Publik

Baik Perusahaan publik maupun emiten sudah didefinisikan dalam undang-undang nomor 8 tahun 1995 mengenai pasar modal. Emiten dimaksudkan untuk menjual efek ke publik. Sedangkan perusahaan publik menjual saham ke publik.

Keuntungan yang Meningkat

Cara menilai emiten saham yang bagus adalah dengan melihat keuntungan perusahaan yang menjadi emiten. Ini mungkin terkesan logis, tapi dalam dunia investasi saham, banyak kasus di mana investor gegabah untuk mengeluarkan uang kepada emiten saham yang belum menguntukan.

Investor jenis ini berspekulasi bahwa perusahaan ini akan menghasilkan uang di masa depan dan melupakan indikator fundamental. Beberapa indikator yang perlu dipertimbangkan agar sukses membeli emiten saham yang menjanjikan adalah kombinasi dari analisis teknikal dan analisis fundamental.

Memiliki Produk atau Jasa yang Baik

Tahapan kedua dalam cara menilai emiten saham yang bagus adalah melihat produk/jasa yang dikeluarkan perusahaan tersebut. Jika sebuah perusahaan memiliki produk yang inovatif, maka kemungkinan besar mereka akan sukses. Contoh kasusnya adalah Netflix (NFLX).

Saham ini memiliki performa yang cukup baik karena produk yang cerdas dan memiliki klien yang setia. Sebuah produk yang inovatif bisa mendapatkan penjualan lebih tinggi sehingga mampu mengembangkan perusahaan tanpa perlu bantuan pemilik saham untuk terus berutang. Penjualan yang kuat juga berarti pertumbuhan dividen yang kuat.

Manajemen yang Baik

Cara menilai emiten yang bagus juga bisa dilihat dari manajemen perusahaan tersebut. Manajemen tim yang efektif sangat krusial untuk kesuksesan sebuah bisnis. Keputusan dalam sebuah perusahaan biasanya ditentukan oleh manajemen, sehingga meminimalisir penggunaan dana yang tidak perlu, yang mampu memengaruhi investor.

Sinyal Positif Analisis Teknikal

Cara menilai emiten yang bagus juga bisa ditentukan dari analisis teknikal. Jika kamu belum mengetahuinya, analisis teknikal adalah analisis yang digunakan oleh investor untuk mengideentifikasi tren dan pola untuk mencari peluang masuk dan keluar pasar saham.

Analisis ini biasanya fokus kepada pola pergerakan dan volume harga untuk menentukan jual-beli saham dan juga mengetahui apakah emiten tertentu kuat tau lemah. Sebuah saham mungkin memiliki aspek fundamental yang baik namun juga memerlukan analisis teknikal untuk mengetahui bagaimana sentimen pasar. Jika pasar tidak melihat sebuah saham memiliki prospek cerah, maka harga saham tersebut akan sulit naik.

Keempat cara menilai emiten saham yang bagus ini bisa menjadi bekal penting kamu untuk terjun ke dunia saham dan bagaimana menghadapi dinamika pasar saham yang begitu cair. Perkaya pengetahuan kamu tentang dunia saham dan finansial dengan membaca blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait