Saham

Yuk Investasi pada Saham Unggulan Indeks LQ45!

Ajaib.co.id – Masih mencari produk investasi yang ngasih untung gede? Investasi saham adalah jawabannya. Bahkan, rata-rata nilai imbal hasil investasi (return) pada saham unggulan dapat mencapai dua digit per tahunnya.

Di saat seperti ini, masih ada kok saham-saham pilihan yang harganya murah meriah. Investasi saham sangat sesuai bagi kamu, milenial yang ingin jadi investor pasar modal.

Dengan membeli saham suatu perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), kamu berarti menjadi pemilik dari sebuah perusahaan emiten tersebut. Perusahaan yang menjual sahamnya ke publik di bursa memiliki kode sahamnya masing-masing.

BEI mempunyai fungsi layaknya seperti mal yang menyediakan tempat bagi para pelaku saham untuk bertransaksi, jual beli setiap saham atau efek yang mereka miliki. Instrumen investasi yang dijual di pasar modal merupakan investasi jangka panjang. Minimal saham emiten yang dapat kamu beli di bursa sebesar 1 lot, atau 100 lembar saham.

Indeks LQ45

Selaku otoritas pasar modal, BEI merilis beberapa indeks daftar koleksi saham sesuai dengan karakteristiknya. Hal ini bertujuan agar investor lebih mudah memilih saham. Jika tidak diklasifikasikan, maka kamu bisa bingung. Berdasarkan data per 6 Juli 2020, tercatat sebanyak 694 perusahaan sudah mendaftarkan sahamnya di BEI, .

Salah satu indeks saham paling dikenal adalah Indeks LQ45. Indeks LQ45 berisi daftar 45 koleksi saham pilihan. Setiap emiten yang masuk indeks LQ45 dipilih setiap 6 bulan. Saham-saham penghuni indeks LQ45 merupakan saham berlikuiditas dan kapitalisasi pasar tinggi dari seluruh saham yang tercatat di BEI.

Walaupun dari daftar saham unggulan, kamu masih bisa mengoleksinya. Sementara harga saham di Indeks LQ45 bervariasi mulai dari yang paling rendah seharga Rp338 per lembar sampai dengan yang termahal Rp76.500 per lembarnya. Hal itu mengartikan masih ada saham yang dijual di bawah Rp1.000 per lembar.

Mengapa Harga Saham Naik Turun?

Tidak usah bingung jika saham kamu di beberapa perusahaan terpantau merah membara, atau beberapa saat kemudian sahammu kembali menghijau. Naik dan turun harga saham merupakan hal yang wajar. Karena banyak faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya harga saham. Hal terpenting adalah penawaran dan permintaan.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat dua hal yang menjadi penyebab harga saham naik ada turun. Yakni faktor internal (dari dalam perusahaan) dan eksternal (dari luar).

Faktor Internal:

1. Faktor yang berasal dari fundamental perusahaan.

2. Aksi korporasi. Ini mencakup ekspansi, merger, right issue, akuisisi, dan lainnya.

3. Proyeksi atau rencana pencapaian kinerja perusahaan pada masa mendatang.

Faktor Eksternal:

1. Kondisi yang berasal dari fundamental ekonomi makro sebuah negara, termasuk Indonesia.

2. Fluktuasi mata uang atau kurs rupiah terhadap mata uang asing.

3. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

4. Faktor kepanikan dari nasabah.

5. Faktor yang manipulasi pasar.

Return atau imbal hasil dari investasi saham rata-rata per tahun mencapai 16,1%. Return seperti ini tentu menggiurkan jika dibandingkan investasi lain. Seperti return investasi di obligasi negara sebesar 7,6%, deposito 6,4%, emas sebesar 4,2%, dan di tabungan hanya mampu memberikan imbal hasil 2% per tahun.

Peningkatan nilai investasi untuk saham sejak tahun 2009 hingga Mei 2019 meningkat sampai 375,4%. Hal ini dinilai merupakan peningkatan tertinggi dibandingkan investasi lain.

Jika melihat nilai keuntungan atau imbal hasil yang besar, siapa yang tidak tergiur. Namun perlu diingat, investasi saham bersifat high risk atau berisiko tinggi. Maka dari itu, risikonya tentu saja kerugian atas penurunan harga (capital loss) dan risiko likuidasi bila perusahaan bangkrut.

Jika kamu merupakan tipe orang yang berani mengambil risiko, investasi saham sangat cocok. Namun sebaliknya jika masih takut dan cari aman, lebih baik pilih emas, tabungan, atau deposito.

Investasi Saham LQ45 di Ajaib

Jika kamu ingin memiliki salah satu saham yang tergabung dalam indeks LQ45, kamu bisa membelinya melalui aplikasi Ajaib. Sebelum membeli, pastikan kamu sudah mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah membuka rekening saham di Ajaib.

Setelah kamu menjadi nasabah yang prosesnya super cepat, kamu harus memahami terlebih dahulu cara membeli dan menjual saham di ajaib.

Jika kamu sudah fasih dengan penggunaan aplikasi Ajaib, kamu dapat memilih dan membeli saham-saham dalam list indeks LQ45 yang dibuat oleh bursa.

Artikel Terkait