Ini Dia Contoh Proposal Bisnis Plan Makanan

proposal-bisnis-plan-makanan

Ajaib.co.id – Setiap hari, manusia pasti makan. Bahkan di sela makan pokok, manusia juga makan makanan selingan. Karena itulah bisnis makanan tak pernah sepi dan tak akan pernah mati. Contoh proposal bisnis plan makanan makin menjamur di internet. Tandanya, banyak orang berminat untuk memulai bisnis di bidang ini.

Contoh Kerangka Proposal

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat proposal bisnis makanan. Berikut ini kerangka isi proposal yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat proposal yang baik dan benar

#1 Bagian awal

Terdiri atas nama perusahaan, visi, dan tujuan. Tujuan misalnya dapat berupa sosialisasi makanan baru atau memberdayakan petani mengolah hasil pangan.

#2 Latar belakang

Bagian ini menjelaskan alasan di balik ide produk makanan yang diciptakan. Biasanya ini berisi mengenai alasan kamu memulai bisnis makanan tersebut. Misalnya ketika kamu ingin membuat bisnis makanan sehat yang dilatarbelakangi kesulitan orang mencari makanan sehat yang enak dan tetap bergizi.

#3 Survei pasar

Meliputi analisis calon pembeli dan segmentasi kalangannya menurut usia maupun kelas sosial ekonomi. Jelaskan juga apakah produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

#4 Peluang bisnis

Menjelaskan hal-hal yang mendukung keberlangsungan bisnis dan perolehan keuntungan, misalnya lokasi strategis, tren di masyarakat, dan seterusnya.

#5 Deskripsi bisnis

Saatnya menceritakan secara panjang lebar mengenai produk makananmu. Mulai dari pengenalan bahan utama, pemilihan komposisi, penjelasan setiap varian rasa yang diciptakan, serta keunikan yang menjadi ciri khas makanan tersebut.

Jelaskan juga mengenai sistem penjualan, misalnya dengan mendirikan toko khusus, dititipkan ke toko yang sudah ada, lewat reseller atau dijual secara online. Selanjutnya adalah rencana usaha, baik dalam jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang, termasuk pengembangan produk di masa mendatang.

#6 Strategi pemasaran

Strategi pemasaran juga tak kalah penting dengan sistem penjualan. Pemasaran yang tepat akan mampu mencapai target pasar dengan baik. Tentukan strategi pemasaran melalui promosi produk, baik dengan menggunakan media luar ruang seperti banner atau spanduk maupun melalui media sosial.

Media sosial kini menjadi cara yang ampuh untuk mempromosikan produk. Jadi jelaskan juga pemanfaatan media sosial semaksimal mungkin untuk menggaet pasar lebih luas. Promosi dapat berupa pengenalan produk hingga pemberian bonus dan diskon.

#7 Rencana produksi

Meliputi penjelasan mengenai pengolahan bahan baku hingga menjadi produk jadi yang siap jual dan penanganan kualitasnya. Jelaskan juga mengenai sistem dan peralatan yang digunakan, lokasi produksi, dan sumber daya manusia yang mendukung proses produksi.

#8 Analisis keuangan

Di sinilah saatnya kamu meyakinkan calon investor mengenai perhitungan modal dan seluruh biaya hingga perkiraan keuntungan yang diperoleh. Pastikan jumlah modal awal, biaya produksi tetap dan tidak tetap (operasional), penentuan harga produk, dan perkiraan keuntungan.

#9 Kesimpulan

Sampaikan kembali pokok-pokok dalam contoh proposal bisnis plan makanan secara ringkas dan padat sebagai pengingat.

Contoh Proposal Bisnis Makanan

Untuk mempermudah kamu dalam membuat contoh proposal bisnis makanan. Di bawah ini, Ajaib akan memberikan contoh proposal yang bisa kamu tiru dalam pembuatan proposalmu.

Nama Perusahaan: PT Catering Sehat

Visi: Membuat masyarakat di Indonesia untuk mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi yang dikemas dan dipasarkan lebih menarik di kalangan milenial.

Tujuan utama: Mensosialisasikan produk makanan dengan gizi yang seimbang kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk yang menarik, serta membantu seluruh masyarakat untuk tetap bisa menjalankan hidup sehat dengan makanan yang tetap enak di mulut dan juga di kantong.

#1 Latar Belakang

Masyarakat di Indonesia terbilang sulit mendapatkan akses makanan sehat dan juga enak. Biasanya, makanan sehat yang sering dikonsumsi terbilang tidak ada rasanya dan hambar. Sedangkan, masyarakat Indonesia sudah sering diberikan makanan yang kaya akan bumbu.

Selain itu, ada juga masyarakat yang tidak mampu membeli makanan sehat karena harganya yang terlalu mahal. Karena itulah mereka sering mengabaikan gizi, terutama ketika ingin mengonsumsi makanan di luar rumah.

#2 Survey Pasar

Analisis calon pembeli: Catering Sehat dibuat dengan menargetkan seluruh masyarakat di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan rata-rata pengeluaran minimal Rp2 juta atau penghasilan minimal Rp5 juta.

Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Bukan hanya makanan 4 sehat 5 sempurna. Tapi juga keseimbangan gizi didalamnya. Mulai dari main course hingga dessert bisa terpenuhi. Juga memerhatikan kandungan dari makanan tersebut sesuai dengan tujuan masyarakat. Apakah untuk maintain gizi seimbang, penambah berat badan untuk anak, menu diet, dan sebagainya.

#3 Peluang Bisnis

Peluang Produk Catering Sehat: Banyak orang yang sulut mendapatkan makanan bergizi seimbang dan juga rasa yang enak di mulut. Belum juga ada yang memenuhu gizi sesuai tujuan dari makanan tersebut. Karena tidak hanya makanan sehat untuk diet kurus, tapi juga ada makanan sehat demi diet gemuk.

Lokasi Catering Sehat: Pusat kota Jakarta dekat perkantoran. Sehingga karyawan dapat dengan mudah mendapatkan akses makan sehat kapan saja. Selain itu, dilengkapi juga jasa pengiriman atau delivery ke kantor-kantor, sekolah, maupun ke rumah-rumah.

Tren masyarakat hari ini:

Banyak orang yang mulai peduli akan kesehatan badannya. Selain itu, makanan sehat kini juga menjadi tren di beberapa kalangan. Biasanya, mereka akan sering memamerkan makanannya melalui social media, terutama ketika makanan tersebut memiliki tampilan yang bagus dan baik, alias instagramable.

Perubahan Gaya hidup

a. Banyak orang yang sering foto makanan untuk dipost di Instagram

b. Habis nge gym lapar, makanan sehat lah yang dicari.

c. Malas maka siang di luar, enakan di delivery aja. Tinggal pesan dan pesanan sampai ke tujuan.

d. Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan:pola hidup sehat

#4 Rumusan Masalah

a. Menemukan makanan dengan gizi seimbang

b. Edukasi konsumen akan pentingnya makanan sehat

c. Memiliki chef yang juga paham akan kesehatan makanan

d. Lokasi di perkantoran yang agak sulit didapatkan, biasanya memiliki harga yang cukup mahal untuk sewa.

#5 Solusi Permasalahan

a. Bekerja sama dengan ahli gizi atau nutritionist untuk memerhatikan gizi pada setiap menu makanan.

b. Mempekerjakan chef yang profesional dan sedikit memahami menu makanan sehat.

c. Mencari banyak karyawan untuk mengirimkan makanan atau katering kapan saja dibutuhkan.

#6 Deskripsi Bisnis

Catering Sehat merupakan sebuah perusahaan katering yang menawarkan menu sehat dengan gizi seimbang, Menu makanannya bermacam-macam, mulai dari menu utama hingga menu sampingan atau dessert.

Catering sehat juga bekerja sama dan melibatkan ahli gizi atau nutritionist ketika ingin membuat menu. Dengan adanya produk-produk tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia akan teredukasi tentang pentingnya hidup sehat. Bukan hanya olahraga, tapi juga harus dibarengi dengan makan makanan sehat dan bergizi.

#7 Produk

Paket Sehat 1

Paket Diet & Bergizi

Paket Junior

Paket Kantoran

#8 Keunikan Catering Sehat

Menu yang dihidangkan: Pelanggan bisa mendapatkan menu makanan yang bervariasi sesuai dengan usianya dan juga tujuan kesehatannya. Misalnya, ketika mereka sedang butuh makanan penambah berat badan, maka katering yang bisa ditawarkan adalah paket Sehat 1, dan sebagainya. Sehingga, pelanggan bisa mencapai tujuan hidup sehatnya sesuai.

Sistem penjualan: Catering sehat ini juga bisa dikunjungi secara langsung di daerah perkantoran. Juga bisa didapatkan melalui online. Karena catering ini memiliki karyawan khusus yang akan mengantarkan makanan secara langsung ke lokasi yang dituju.

Penyajian makanan: Tidak perlu ditanya, meski makanan sehat, Catering sehat juga menyajikan menu makanan dengan tampilan yang menarik dan instagramable. Selain itu, Catering Sehat juga menyediakan berbagai macam menu dengan rasa yang enak dilidah sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Promosi: Catering sehat menawarkan biaya langganan yang lebih murah. Di mana, setiap pelanggannya yang berulang tahun juga akan dikirimkan menu spesial di hari ulang tahunnya. Selain itu, Catering sehat juga akan memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat melalui social media setiap harinya.

#9 Kesimpulan

Bisnis makanan sehat diprediksi akan meningkat dan terus berkembang, Hal ini terlihat dari mulai banyaknya masyarakat yang sadar akan pentingnya hidup sehat. Mereka juga akan termotivasi dengan gaya hidup sehat ketika kita menyajikan konten yang mengedukasi dan sesuai dengan target market itu sendiri. Selain itu, Catering Sehat juga dapat menjawab julukan “Mau Sehat, Gak Perlu Nyiksa. Catering Sehat, Punya Makanan Enak Tanpa Nyiksa”.

Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan bisnis makanan, antara lain lokasi strategis, harga terjangkau, keunikan, cita rasa yang enak, dan sebagainya. Namun tetap jangan lupakan faktor perencanaan yang rapi. Dengan perencanaan yang baik melalui contoh proposal bisnis plan makanan ini, usahamu akan lebih mudah mendulang sukses. Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait