5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis, Bisa Cepat Mulai Usaha

modal-bisnis
modal bisnis

Kamu harus mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang. Oleh karenanya, memiliki modal bisnis sangatlah penting untuk membangun sebuah usaha. Patut diketahui, Membuat satu ­start-up yang besar dan sukses, memerlukan modal yang tidak sedikit juga.

Namun jangan risau, sebenarnya modal bisnis untuk memulai usaha bisa didapat dengan banyak cara. Beberapa diantaranya adalah cara-cara mendapatkan modal bisnis ini.

Minta Kerabat Untuk Berinvestasi di Bisnis Kamu

Banyak pengusaha mengandalkan teman dan keluarga mereka untuk investasi awal, biasanya disebut “putaran benih yang aman”, kamu dapat menukar dana dengan saham di start-up kamu (yaitu, sepupu kamu menerima 4% dari perusahaan setelah memberi kamu modal yang cukup), meminta pinjaman pribadi (dengan atau tanpa bunga), atau bahkan sumbangan dari keluarga secara sukarela.

Manfaatkan bantuan dari Pemerintah

Biasanya, pemerintah daerah memiliki program untuk membantu bisnis kecil, termasuk pinjaman berbunga rendah , modal ventura, dan hibah. Untuk menemukan program yang memenuhi syarat untuk perusahaan kamu, carilah informasi dari internet atau badan-badan yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Sebagian besar bisnis biasanya tidak memenuhi syarat, jadi kamu mungkin tidak dapat menemukan apa pun. Tapi ada baiknya mencari lebih dalam dan teliti.

Gunakan Platform Crowdfunding.

Sebuah platoform pendanaan publik sudah mulai bermunculan di Indonesia. Platform crowdfunding memungkinkan kamu mendapatkan dukungan materi melalui kampanye online.  

Metode ini tidak hanya menghasilkan modal, tetapi juga dapat membantu kamu mendapatkan umpan balik produk awal, kesadaran merek, dan kadang-kadang, jika kamu memiliki kisah yang menarik atau terutama produk keren, kamu akan mendapatkan bonus!

Kartu Kredit Untuk Opsi Jarak Pendek

Biasanya bukan ide yang baik untuk menggunakan kartu kredit kamu untuk membayar pengeluaran bisnis kecuali kamu dapat membayar sisanya.

Terkadang, kamu tidak punya pilihan di dalam situasi membutuhkan uang dengan cepat. Namun perlu diingat, opsi kredit kepada bank dapat merusak bisnis kamu dalam jangka panjang (belum lagi, kesehatan finansial pribadi kamu).

Pinjaman Mikro

Kamu tidak dapat mengajukan pinjaman pada tahun pertama perusahaan kamu, karena pemberi pinjaman tidak mau melakukan investasi berisiko tinggi. Namun, kamu dapat memanfaatkan program pinjaman mikro untuk usaha kecil dan dapat menerima hingga ratusan juta rupiah. Program ini sudah tersedia di beberapa bank besar di Indonesia.

Pemberi pinjaman mikro dan pemberi pinjaman nirlaba adalah pilihan lain. Pemberi pinjaman ini sering mencari pengusaha minoritas atau kurang beruntung. Istilah mereka biasanya sangat adil.

Perlu diingat, kamu tidak perlu menerima uang dari orang lain jika kamu tidak mau. Beberapa perusahaan tidak pernah mengumpulkan dana sama sekali – pendiri mereka membayar sendiri biaya awal, dan kemudian, ketika perusahaan menjadi menguntungkan, pendapatannya mencakup semua biaya awal.

pilihan ini memungkinkan kamu (dan salah satu pendiri kamu, jika ada) untuk mempertahankan persentase yang jauh lebih besar dari perusahaan kamu. Tetapi kamu mungkin tumbuh lebih lamban tanpa suntikan dana yang besar.

Jika kamu memutuskan untuk melakukannya, jaga agar anggaran kamu seramping mungkin untuk menjaga eksistensi perusahaan kamu. Jangan lupa, sekarang ini juga ada banyak bisnis tanpa modal atau minim modal yang bisa dijalankan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait