4 Langkah Finansial untuk Buah Hati, Persiapkan dari Sekarang

Finansial Buah Hati

Jika kamu saat ini mempersiapkan secara finansial untuk kedatangan buah hati, kamu mungkin memiliki sejuta hal yang melintas dalam pikiran kamu. Apakah pikiran kamu tertuju pada popok atau kamu khawatir tentang biaya penitipan anak? Atau kamu lebih memikirkan lebih jauh lagi ke masa depan calon buah hatimu?

Kami telah menyusun daftar rencana finansial ini untuk membantu mempersiapkan kedatangan buah hati ayah dan bunda.

Tinjau Asuransi Kesehatan Kamu

Kamu harus mempersiapkan asuransi kesehatanmu. Jika ini adalah anak pertama atau anak keduamu, asuransi dari pemerintah menjadi solusi utama untuk membebaskanmu dari biaya persalinan yang mahal. Namun, jika ini adalah anak ketigamu, kamu harus berkonsultasi dengan asuransi untuk merencanakan kelahiran buah hati. Dengan meninjaul lebih awal, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk menabung.

Daftarkan Lebih Awal

Tambahan buah hati menarik untuk semua orang, termasuk keluarga dan teman. Kemungkinan mereka akan mencari cara untuk terlibat atau membantu, itulah sebabnya merupakan ide yang baik untuk menyiapkan pendaftaran. Daftarkan segala sesuatu mulai dari popok hingga barang-barang besar sehingga ada sesuatu di setiap titik harga. Plus, teman dan keluarga mungkin datang bersama untuk membantu membeli barang-barang besar, yang akan membantu kamu memotong biaya.

Siapkan Rekening Anak

Bayi tidak hanya membutuhkan banyak barang, seperti popok dan susu formula, tetapi kamu juga akan melihat pengeluaran yang lebih besar seperti furnitur, dan mungkin penitipan anak. Merupakan ide bagus untuk mulai menabung untuk semuanya sedini mungkin. Pertimbangkan rekening tabungan terpisah, kamu dapat mulai menyimpan uang sekarang.

Kamu mungkin juga mempertimbangkan untuk mengatur transfer otomatis dari rekening tabungan utamamu ke rekening tabungan anak setelah setiap kali mendapat gaji. Ini bisa membantu kamu membangun tabungan tanpa harus memikirkannya. Ketika bayi tiba, kamu akan siap untuk biaya tambahan.

Buat Anggaran (Baru)

Jika kamu ingin tahu bagaimana mempersiapkan bayi secara finansial, mulailah memikirkan anggaran lebih cepat daripada nanti. Mulailah dengan berbicara dengan pasangan tentang segala perubahan besar yang mungkin memengaruhi keuangan kamu. Misalnya, jika salah satu dari kamu berpikir untuk tinggal di rumah setelah bayi lahir, sekarang adalah saat yang tepat untuk merencanakan kehidupan dengan satu penghasilan.

Lihatlah anggaran kamu saat ini. Lihat apakah kamu dapat menemukan ruang gerak dalam pendapatan dan tabungan pasanganmu. Umumnya, ini adalah saat yang tepat untuk merencanakan masa depanmu. Ketika kamu bersiap untuk memiliki bayi, ini adalah saat yang menyenangkan sekaligus saat yang membuat panik. Tetapi ini juga waktu terbaik untuk mulai mempersiapkan apa yang akan terjadi secara finansial. Menyusun rencana yang kamu rasa nyaman, dan tahu bahwa jika perlu, kamu selalu dapat menyesuaikan anggaranmu nanti dan masih dalam kondisi yang baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait