5 Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Orang Tua Tersayang

Generasi milenial paham benar jika asuransi kesehatan adalah salah satu kebutuhan utama yang wajib dimiliki. Biaya pengobatan yang semakin tinggi menjadi alasan paling dasarnya. Sayangnya generasi sebelumnya masih banyak yang belum memahami pentingnya memiliki asuransi kesehatan terbaik untuk memastikan kebutuhan ini terpenuhi.

Adanya asuransi kesehatan paling tidak bisa meringankan bebanmu di kemudian hari ketika terserang penyakit. Sebagaimana istilah yang kerap dilontarkan orang, sehat itu mahal namun sakit jauh lebih mahal. Hal ini mengacu pada besarnya biaya pengobatan yang harus dikeluarkan jika terpaksa harus dirawat di rumah sakit.

Banyak yang tidak bisa mendapatkan pengobatan terbaik karena terhalang biaya. Hal ini karena mereka lalai untuk membuat asuransi untuk membantu memenuhi biaya yang dibutuhkan. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan ketika jatuh sakit mulai dari rawat inap, biaya rawat jalan, obat-obatan, terapi rutin untuk penyakit yang diderita sampai perawatan ketika sudah meninggal dunia.

Salah satu bukti masyarakat Indonesia masih banyak yang sadar akan pentingnya menjadi nasabah perusahaan asuransi ialah dengan membludaknya antrian BPJS Kesehatan. Banyak yang sudah terlanjur jatuh sakit baru kemudian membuat asuransi kesehatan plat merah itu.

Untung saja perlindungan kesehatan dari pemerintah itu langsung bisa dipakai meskipun baru dibuat. Jika tidak maka akan ada banyak orang yang terlantar karena tak punya asuransi kesehatan untuk kebutuhan pengobatannya.

Kamu sebagai generasi yang lebih melek literasi keuangan sudah seharusnya menularkan hal tersebut kepada sekitar. Dimulai dari orang tua dan kerabat, kamu bisa mengajak mereka melakukan pengaturan keuangan yang lebih baik. Salah satu wujudnya yakni bisa dengan memiliki asuransi kesehatan.

Cara lainnya adalah kamu bisa bersikap proaktif dengan membuatkan orang tuamu asuransi kesehatan. Akan sangat lebih baik pula jika kamu bisa membayarkan iuran bulanannya namun jika tidak setidaknya bantuanmu untuk memilih jenis asuransi kesehatan terbaik akan sangat berguna.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik Cocok Untuk Orang Tua

Sekarang ini sudah banyak sekali asuransi kesehatan yang menawarkan beragam fungsi asuransi dengan berbagai keuntungan. Tak terkecuali dari masa sekarang hingga masa depan nanti. Buat kamu yang ingin memberikan manfaat asuransi terbaik untuk orang tua, jangan sampai kamu salah pilih ya.

Pasalnya, terdapat beberapa asuransi yang tidak konsisten dalam memberikan kompensasi. Kamu bisa menemukan sejumlah keluhan dari pengguna asuransi yang kecewa dengan mudah di internet. Mulai dari jumlah uang pertanggungan yang tidak sesuai sampai reimburse yang terlalu lama.

Hal ini tentunya dikarenakan terlalu gegabah memilih produk asuransi yang cocok untuk orang tua. Faktor usia merupakan aspek penting untuk memiliki asuransi kesehatan. Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus jadi pertimbangan antara lain:

  • Masa Tunggu

Setiap produk asuransi kesehatan memiliki masa tunggu yang berbeda. Masa tunggu alias waiting period adalah jangka waktu yang harus pemilik premi jalani terlebih dahulu baru akhirnya bisa mendapatkan perlindungan dari pihak asuransi.

Tentunya orang tuamu sudah cukup berumur sekarang sehingga kemungkinan membutuhkan asuransi kesehatan lebih besar. Akan sangat lebih baik jika kamu bisa mendapatkan asuransi dengan masa tunggu yang singkat. Biasanya masa tunggu paling pendek yang disediakan yakni selama 30 hari, tentunya diserati dengan syarat dan ketentuannya. Namun bisa saja kamu mendapatkan asuransi dengan waiting period yang lebih singkat.

  • Sesuaikan dengan riwayat kesehatan

Umumnya polis asuransi yang bisa kita dapatkan ditinjau dari riwayat kesehatan yang dimiliki. Jika sejarah menunjukkan kita relatif sehat tanpa menderita penyakit kronis biasanya kamu bisa mendapatkan asuransi yang relatif terjangkau.

Hal ini kadang tidak berlaku sama untuk orang tua. Terlebih lagi jika ayah dan ibumu sudah berusia lanjut dan pernah mengalami penyakit yang serius. Konsultasi ini kepada agen asuransi pilihanmu untuk mendapatkan kesepakatan antara asuransi yang memberikan manfaat maksimal namun tetap sesuai denga kantongmu.

  • Menyediakan tanggungan pengobatan alternatif

Salah satu faktor penting dalam memilih asuransi kesehatan terbaik yang kerap dilupakan orang adalah pentingnya mencari produk yang memberikan perlindungan atas perawatan alternatif. Kebanyakan asuransi kesehatan hanya menyediakan biaya untuk pengobatan di rumah sakit.

Sayangnya kebanyakan orang tua kerap lebih percaya dengan metode pengobatan alternatif daripada medis rumah sakit. Bahkan banyak yang menolak mentah-mentah dan memilih berobat jalan secara alternatif pula. Apapun bentuknya, pengobatan tentu butuh banyak biaya. Karena itu asurasi dengan pembiayaan pengobat non media tentunya suatu pilihan yang amat menarik.

Selain dapat kamu berikan sebagai hadiah ulang tahun, manfaat asuransi kesehatan juga bisa menjadi investasi dalam segala kejadian di kehidupan. Harus jeli dan teliti sebelum memberikan yang terbaik untuk orang tua kamu. Nah, jika kamu masih bingung memilih asuransi kesehatan terbaik tahun 2019 untuk orang tua tersayang, ada baiknya kamu simak di bawah ini yuk!

1. Asuransi ALLIANZ

Total premi asuransi kesehatan Allianz yang harus dibayarkan selama setahun adalah Rp 11.250.000 untuk rawat inap. Yang menarik, batasan rawat inap di kamar seharga Rp 750.000 mencapai 180 hari setahun, termasuk paling tinggi diantara yang lain. Produk dari Allianz memiliki limit perawatan yang bervariasi tergantung jenis perawatannya. Sementara, batasan limit total setahun untuk gabungan perawatan tidak ada, sistem cashless.

2. Asuransi Kesehatan AXA

Produk asuransi kesehatan dari AXA total preminya dalam setahun adalah Rp 12.674.000 untuk rawat inap. Meskipun total premi ini sebenarnya lebih mahal diantara yang lain, asuransi AXA tidak menerapkan limit per perawatan.

Pertanggungan biaya perawatan dibayar sesuai dengan nominal di kuitansi, yang dibatasi limit gabungan perawatan sebesar Rp 80 juta setahun. Memiliki total limit gabungan dalam periode setahun senilai Rp 250.000.000 per orang. Pertanggungan biaya rawat inap beserta kamar seharga Rp 750.000 per hari dan maksimum hanya 60 hari setahun, lebih sedikit dari Allianz, sistem cashless.

3. Asuransi CIGNA

Cigna memiliki asuransi kesehatan keluarga, yaitu Family EaziCare. Premi ditentukan oleh berapa santunan per hari dan usia paling tua. Misalnya dalam contoh ini, santunan per hari Rp800.000 dan usia tertua 41 tahun, maka premi per bulan adalah Rp 716.600 atau setahun Rp8.599.200 untuk maksimum lima orang anggota. Terlihat preminya relatif murah, apalagi bisa memberikan pertanggungan sampai lima orang anggota keluarga.

4. Asuransi Manulife

Manulife merupakan salah satu asuransi terbaik di Indonesia yang memiliki produk asuransi kesehatan berupa rider atau tambahan dari asuransi jiwa term-life. Meskipun bukan asuransikesehatan murni, program ini punya manfaat yang menarik, tidak kalah dengan asuransi murni. Total premi setahun adalah Rp 9.854.000 untuk rawat inap.

Selain preminya lebih murah dari Allianz dan AXA, pertanggungan biaya kamar yang lebih tinggi, sebesar Rp800.000 per hari dengan maksimum rawat inap 60 hari setahun. Namun, Manulife menerapkan batas per perawatan yang relatif lebih rendah, meskipun tidak menentukan batas gabungan setahun.

5. Asuransi Astra Life

Merupakan produk Asuransi Jiwa yang dinyatakan juga sebagai investasi (Unit Link) dan sistem pembayaran dengan premi berkala (regular premium) yang dikeluarkan oleh PT Astra Aviva Life. dengan masa pertanggungan sampai tertanggung mencapai usia 99 tahun. Premi yang kamu bayarkan memberikan manfaat perlindungan asuransi dan manfaat investasi dalam bentuk Nilai Dana (ND).

#Apakah BPJS Kesehatan Saja Tidak Cukup?

Pemerintah kini gencar menggalakan kepemilikan BPJS Kesehatan bagi seluruh warga negara. Bahkan kini setiap orang wajib memilikinya kecuali ingin mendapatkan sejumlah sanksi yang akan menyulitkan ke depannya. Banyak yang beranggapan jika kepemilikan BPJS Kesehatan saja rasanya sudah cukup.

Hanya saja dengan kontroversi soal jaminan sosial pemeirntah ini banyak yang kemudian ragu sehingga mulai melirik asuransi swasta. Pertimbangannya untuk mendapatkan perlindungan kesehatan yang lebih baik. Hanya saja memiliki keduanya sekaligus bagi sebagaian orang masih terasa berat di kantong.

Otomatis iuran bulanan yang harus dikeluarkan berlipat ganda yang bagi sebagian orang bukan hal yang mudah dilakukan. Namun apakah BPJS Kesehatan saja sudah cukup untuk kebutuhan kesehatanmu dan keluarga? Atau memang perlu juga memiliki asuransi swasta untuk perlindungan ganda?

Kita tidak akan pernah tahu kapan sakit itu akan datang. Baik yang tua bahkan yang muda pun bisa saja jatuh sakit. Salah satu untuk menghindari berbagai macam penyakit adalah dengan hidup sehat. Akan tetapi jika tiba-tiba penyakit itu datang, tentu kita tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar dan upaya yang tepat untuk itu adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Adanya produk asuransi kesehatan memberikan kemudahan bagi seseorang dalam mengelola risiko keuangan akibat suatu penyakit. BPJS Kesehatan merupakan asuransi yang ditawarkan pemerintah sesuai Undang-Undang Pasal 9 ayat 1 untuk memberikan jaminan kesehatan kepada semua lapisan masyarakat. Saat ini masyarakat Indonesia diwajibkan untuk memiliki BPJS Kesehatan sebagaimana aturan pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2013. Selain BPJS Kesehatan, ada pula asuransi swasta yang menawarkan manfaat lebih. 

Disinilah banyak masyarakat yang masih bingung, apakah perlu memiliki asuransi lain selain BPJS? Jika dilihat dari manfaat dan perlindungannya, asuransi kesehatan swasta akan lebih menguntungkan ketimbang BPJS.

Pilih BPJS atau Asuransi Swasta?

Semua masyarakat Indonesia sebetulnya sudah dijamin kesehatannya oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan. Apabila digunakan secara efektif, beberapa biaya pengobatan untuk layanan kesehatan dapat ditangani sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan, mulai dari pemeriksaan, biaya rawat jalan, rawat inap, operasi, hingga obat-obatan. Kalau begitu apa yang membedakan dengan asuransi swasta?

Dari fungsinya BPJS Kesehatan dan asuransi swasta sama-sama menjamin kesehatan Anda. Namun, ada beberapa hal yang tidak bisa Anda dapatkan hanya dengan mengandalkan BPJS Kesehatan. Kasus yang selalu terjadi adalah antrean yang begitu panjang baik saat berobat maupun daftar klaimnya. Bahkan sejumlah rumah sakit menolak menerima pasien menggunakan BPJS Kesehatan apabila kapasitas ruangannya terbatas.

Selain terbatasnya rumah sakit yang mau menerima BPJS Kesehatan, penggunaannya pun harus berdasarkan domisili peserta BPJS. Selain itu proses klaim pun cukup ribet dan tidak bisa langsung menuju rumah sakit besar. Anda harus mendapat rujukan dari klinik kesehatan (fasilitas kesehatan tingkat 1) sebelum bisa klaim ke rumah sakit.

Untuk itulah kenapa asuransi swasta juga penting kamu miliki guna melengkapi apa yang jadi kekurangan BPJS Kesehatan. Dalam hal kenyamanan, fleksibilitas, serta klaim yang cepat jadi kelebihan asuransi swasta. Dengan asuransi swasta, kemungkinan antriannya lebih cepat dan bisa langsung menuju rumah besar atau provider.

Jadi, sudah tahu fungsi asuransi mana yang ingin kamu berikan ke orang tua tercinta? Sambil memilih, kamu juga bisa cek beragam pilihan asuransi mulai dari Cigna, AXA, Manulife, hingga asuransi Allianz. Ayo, saatnya mencari asuransi kesehatan terbaikdi Indonesia bagi orang tuamu sebagai bentuk kado terindah yang bisa kamu berikan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait