3 Rekomendasi Ide Usaha Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga

3 Rekomendasi Ide Usaha Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga
3 Rekomendasi Ide Usaha Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga

Banyak anggapan bahwa jika seorang wanita menikah, maka kehidupan sehari-harinya hanya mengurus suami dan anak. Kekhawatiran ini dimaklumkan karena masih banyak laki-laki yang menganggap bahwa wanita sebagai objek. Persepsi seperti ini sudah mulai ditentang oleh banyak orang terutama dari kalangan muda.

Wanita, walaupun sudah berkeluarga, berhak untuk mengekspresikan dirinya. Ia juga berhak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terlebih lagi, wanita berhak mencari sumber penghasilan sendiri.

Banyak kaum Adam yang tidak mengizinkan istrinya bekerja. Alasannya sangat bervariasi, mulai dari gaji suami yang mencukupi sampai paham maskulinitas yang tidak sehat. Padahal, banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan sang istri di sela-sela aktivitas berumah tangga. Salah satunya adalah membuka usaha kreatif.

Semakin majunya teknologi sangat membantu membuka usaha ibu rumah tangga, sehingga kaum ibu kian terbantu dengan cepatnya aliran informasi dan komunikasi. Berikut adalah rekomendasi usaha kreatif untuk para ibu rumah tangga.

Bekerja lepas (freelancing)

Bagi yang tidak memiliki waktu cukup untuk bertemu orang di luar, freelancing adalah opsi yang tepat. Semua kegiatan freelancing bisa dilakukan dari rumah. Kamu hanya perlu mengandalkan komputer, tablet, atau ponsel untuk bekerja.

Beberapa situs freelancing terkenal adalah Fiverr dan Upwork. Ada banyak sekali kategori pekerjaan yang bisa kamu pilih, mulai dari desain grafis hingga penerjemahan. Namun karena saking banyaknya pengguna, harga jual jasamu harus semakin kompetitif.

Dropship dan menjual produk buatan rumah (homemade goods)

Jika kamu tahu cara membuat sendiri produk-produk rumahan, kumpulkan niat untuk menjualnya. Beberapa contoh produk homemade yang mudah diproduksi adalah sabun, lilin beraroma, dan kerajinan tangan. Selain itu, ibu rumah tangga yang hobi memasak makanan (terutama makanan kering), bisa menjualnya lewat e-commerce.

Hambatan dari kegiatan ini adalah semakin populer barangmu semakin banyak yang harus kamu kerjakan. Waktumu semakin tersita untuk memenuhi pesanan konsumen. Alternatif lainnya adalah dropship. Dengan dropship, kamu tidak perlu memproduksi barang dagangan. Tugasmu hanya bertindak sebagai penghubung produsen dan konsumen.

Menjadi influencer dan vlogger

Kegiatan blog video dan menjadi artis sosial media sedang populer di tanah air. Mulai dari pelajar hingga artis memiliki saluran vlognya sendiri. Dengan bermodalkan kamera dan komputer yang mumpuni kamu bisa menjual kisah hidupmu.

Untuk menggaet penggemar memang diperlukan usaha yang ekstra. Kamu harus kreatif dalam memilih topik konten. Bakat marketing kamu juga diuji. Salah satu keuntungan dari usaha ini adalah kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk tampil dalam konten-kontenmu.

Sebagaimana laki-laki, wanita juga berhak mengekspresikan diri mereka. Ekspresi diri ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Banyaknya pilihan untuk membuka usaha harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dengan ide usaha kreatif yang cocok bagi ibu rumah tangga di atas, kini kamu sebagai ibu tetap bisa membantu suami setidaknya untuk investasi masa depan dan membantu pendidikan anak-anak. Setelah usaha ini berjalan, jangan sampai lupa untuk berinvestasi. Jadi, bukan hanya kamu yang bekerja keras mendapat keuntungan, uangmu juga bisa menjadi salah satu alat yang membantumu meraih keuntungan. Temukan investasi yang cocok buat kamu di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait