Cara Ampuh Melipatgandakan Gaji Bagi Karyawan

Bedanya Sertifikat Deposito dan Deposito Reguler
Bedanya Sertifikat Deposito dan Deposito Reguler

Gaji yang diterima karyawan, seberapapun besarnya, pasti akan terasa kurang di tengah berbagai kebutuhan yang datang. Mungkin kamu perlu mengelolanya dengan lebih baik, mungkin pula kamu butuh menambah pos pemasukan. Beberapa mencoba bisnis tapi mungkin orang yang berjiwa karyawan sepertimu seharusnya mencari cara untuk melipatgandakan gaji alih-alih melakukan pilihan berisiko itu.

Sementara banyak orang mencoba menambah pendapatan dengan membuka bisnis sampingan, ada sebagian yang tak bisa melakukannya karena memang tak punya kemampuan enterpreneurship. Beberapa menambah penghasilannya dengan double job, sayangnya tak semua orang mampu melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Jikapun ada maka berdampak bagi kesehatannya sehingga terasa tidak sepadan dengan tambahan pendapatan yang diterima. Tak heran banyak orang terus berpikir keras bagaimana caranya melipatgandakan gaji yang diterimanya. Jika kamu termasuk salah satunya mungkin kamu bisa mencari cara melipatgandakan gajimu alih-alih menambah pekerjaan yang

5 Hal yang Bisa Melipatgandakan Gajimu

Bagaimana cara melipatgandakan gaji yang kamu miliki saat ini? Pertanyaan ini mungkin sering dilontarkan banyak karyawan. Dengan bertambahnya gajimu, selain meningkatkan taraf hidup, juga meningkatkan jumlah tabunganmu. Bahkan bisa saja pendapatan yang kamu miliki bisa digunakan untuk berinvestasi, membeli rumah, atau kendaraan impian.

Pertanyaan tentang melipatgandakan gaji ini lebih mudah dijawab dibandingkan pertanyaan lainnya tentang menambah income yang dimiliki. Bandingkan jika kamu menanyakan mana saham yang sebaiknya dibeli, investasi logam mulia apa yang paling bernilai tinggi atau apakah pasar saham akan naik atau turun.

Paling tidak, gajimu jelas berada jauh dalam kendalimu dibandingkan fluktuasi pasar investasi. Kamu juga memahami jelas kelebihan maupun kekurangan kondisi finansial dan potensi dirimu terkait gaji yang harus ditingkatkan ini.

Dengan model manajemen zaman sekarang, karyawan tak melulu harus punya karier yang sangat panjang untuk mendapatkan gaji yang berlipat ganda. Kamu bisa mendapatkannya asalkan tahu bersikap cerdas dan cermat untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Setidaknya ada lima hal yang bisa kamu lakukan untuk melipatgandakan gaji yang kamu terima saat ini.

# Kamu Harus Memiliki Keinginan dan Bukan Sekadar Harapan

Banyak sekali karyawan yang pergi bekerja sambil berharap segera mengalami kenaikan gaji daripada benar-benar bekerja untuk mendapatkan kenaikan tersebut. Jika benar-benar ingin meningkatkan gajimu, kamu harus proaktif. Jangan berharap manajemen membaca pikiran dan keinginanmu.

Kamu harus bekerja keras dan menambahkan nilai signifikan pada pertumbuhan perusahaanmu dan kesuksesan di masa depan. Kamu juga harus memastikan bahwa manajermu dan manajemen kantor mengetahui serta melihat upayamu. Sama seperti meningkatkan kekayaanmu melalui investasi adalah tujuan aktif, maka melipatgandakan gaji juga harus menjadi tujuan aktif yang ingin kamu capai.

# Pilih Divisi Kerja Kamu dengan Hati-Hati Atau Ubah Jika Memungkinkan

Meskipun mungkin terdengar tidak adil, tetapi tidak semua divisi fungsional diciptakan sama. Lihat di perusahaan tempatmu bekerja saat ini, apakah semua departemen memiliki struktur gaji yang sama? Ada beberapa divisi yang promosinya lebih cepat daripada divisi tertentu.

Cari tahu area fungsional mana yang lebih diminati. Divisi mana yang promosi dan skala pembayarannya lebih baik? Lebih penting lagi, bisakah kamu melakukan perubahan dan apakah divisi tersebut menarik untuk kamu jalani dalam periode waktu yang signifikan?

Memilih atau mengubah divisi fungsionalmu jauh lebih baik dilakukan pada tahap awal dalam kariermu dibandingkan nanti ketika kamu sudah di level menengah.

# Tingkatkan Keterampilan yang Kamu Miliki

Ingat kembali masa-masa kamu duduk di bangku sekolah. Bagaimana kamu naik dari satu kelas ke kelas lainnya di setiap tahun? Kamu terus-menerus belajar dan meningkatkan keterampilan diri sendiri. Kamu terus melakukannya sampai lulus sarjana atau pascasarjana. Kenapa kamu sekarang berhenti?

Secara umum, kamu tidak dapat mengharapkan memiliki keterampilan yang sama dan dibayar lebih setiap tahun. Inilah alasan mengapa sebagian besar perusahaan menyediakan pelatihan-pelatihan. Bahkan jika perusahaan tidak memiliki program pelatihan, ada banyak tempat belajar yang tersedia secara online yang dapat mengajarkan berbagai keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaanmu saat ini.

Salah satu yang paling mudah tersedia adalah situs web yang didedikasikan untuk pengajaran pemrograman. Keahlian yang lebih baru seperti pemasaran digital yang relevan untuk masa ini adalah sesuatu yang penting karena keterampilan ini berkembang lebih cepat daripada yang bisa diikuti oleh lembaga pengajaran tradisional.

Kamu juga bisa mengambil sertifikasi yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Semakin luas rentang keterampilanmu dan semakin banyak serta sering kamu meningkatkannya, semakin baik pula peluangmu untuk mendapatkan kenaikan itu.

# Lakukan Negosiasi Gaji

Jika kamu adalah salah satu karyawan dengan kinerja terbaik di industri yang kompetitif, kamu tidak perlu menunggu untuk menjadwalkan negosiasi gajimu. Kamu bisa menggunakan catatan kinerjamu selama ini yang mengesankan untuk meningkatkan gaji sampai dua kali lipat. Atasan umumnya akan menerima negosiasi tersebut jika kamu adalah aset penting perusahaan.

Pembicaraan mengenai kenaikan gaji harus kamu sesuaikan dengan atasanmu. Cari tahu persis apa yang dibutuhkan atasanmu saat ini, lalu lakukan apa pun untuk memenuhi keinginannya. Lacak kemajuan pekerjaanmu untuk menunjukkan secara nyata kepada perusahaan tentang nilai yang kamu tambahkan ke perusahaan, lalu minta kenaikan gaji sesuai dengan prestasi tersebut.

# Jika Tidak Berhasil, Ambil Alih Karier Kamu dan Pindah

Kamu sudah memiliki keinginan yang kuat untuk naik gaji, memilih divisi fungsional yang tepat, sudah melatih diri terus-menerus dan sudah melakukan negosiasi dengan atasan. Kamu melakukan segalanya dan masih belum juga mendapatkan kenaikan gaji. Ini biasanya berarti salah satu dari dua hal.

Yang pertama, perusahaanmu tidak memiliki kapasitas untuk membayarmu lebih banyak dan yang kedua, perusahaanmu tidak ingin membayar lebih untuk kamu dan kinerjamu selama ini. Dalam kedua kasus tersebut, opsi terbaik adalah mengubah perusahaan tempatmu bekerja.

Jangan mengambil opsi ini dengan ringan atau terlalu sering. Mengubah pekerjaanmu bisa jadi sulit tergantung pada kondisi pasar dan permintaan untuk peran dan keahlian yang kamu miliki.

Jika merasa bahwa kamu tidak diakui dalam perusahaanmu, baik itu melalui promosi dan kenaikan gaji atau bahkan pengakuan dari atasan, maka pada akhirnya kamu akan akhirnya membenci pekerjaan yang kamu jalani. Jika telah membenci pekerjaanmu sendiri, kemungkinan kamu akan kesulitan untuk naik atau menghasilkan lebih banyak uang di dalamnya.

Semua orang ingin menghasilkan lebih banyak uang, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana melakukannya apalagi cara melakukannya dengan cepat. Jika bosan dengan kenaikan gaji standar tahunan, ketahuilah bahwa, dengan sedikit tindakan strategis, kamu bisa melupatgandakan gaji yang kamu peroleh selama ini secara signifikan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait