Bye Upah Minimum! Ini 4 Cara Naik Gaji di Tempat Kerja

contoh slip gaji
cara naik gaji

Bagi kamu yang bertanya-tanya bagaimana cara naik gaji, sebenarnya memang ada hal-hal yang bisa dilakukan. Namun jangan salah sangka, cara-cara ini efektif bilamana kinerja kamu juga memang baik di mata perusahaan.

Sekarang mari kita masuk ke seluk-beluk cara untuk mendapatkan kenaikan gaji di tempat kerja. Kami mendapat langkah-langkah ini dari teman-teman yang sudah merasakannya langsung di lapangan. Yuk simak cara-caranya:

1. Lakukan Penilaian ke Diri Sendiri.

Ini bukan hanya praktik yang baik untuk mempersiapkan tinjauan kerja tahunanmu atau sebelum merencanakan untuk berbicara dengan pemimpin tentang naik gaji. Kamu harus melakukan beberapa tingkat penilaian diri sendiri setiap bulan atau lebih. Tanyakan kepada diri kamu beberapa pertanyaan penting:

  • Apakah saya telah memenuhi target atau harapan hingga saat ini?
  • Dalam hal apa saya sudah melakukan yang terbaik?
  • Dalam hal apa saya kehilangan harapan akan peran saya saat ini?
  • Jika saya adalah bos diri saya sendiri, apa yang saya harapkan ke diri sendiri sebelum meminta kenaikan gaji?

2. Dapatkan Feedback dari Atasan dan Rekan Kerja.

Tanyakan kepada orang lain di sekitar kamu bagaimana selama ini mereka melihatmu bekerja. Sebagian besar dari kita tidak suka mendapatkan umpan balik karena bisa terasa seperti kritik pribadi, tetapi info ini akan membuat kita melihat apakah penilaian diri kita tepat. Plus, itu membantu kita bergerak maju ke langkah berikutnya.

Coba pertanyaan dari daftar ini. Perpaduan pertanyaan ini memberi kamu arahan tanpa merasa diserang.

  • Apa beberapa buku yang kamu sarankan ke saya untuk dibaca agar saya bisa meningkatkan kinerja saya?
  • Menurut kamu apa cara terbaik bagi saya untuk meningkatkan kualitas diri di tempat kerja?
  • Bisakah kamu memikirkan saat ketika kamu sedang jaya dalam kariermu sendiri? Apa saran kamu untuk saya dari pengalaman itu?
  • Apa sesuatu yang bisa ditindaklanjuti yang bisa saya lakukan bulan ini untuk diperbaiki?
  • Bagaimana saya bisa bekerja dengan kamu lebih baik di masa depan?

3. Bekerja Sama dengan Atasan Demi Satu Tujuan

Gunakan apa yang kamu pelajari dari penilaian dan umpan balik untuk membuat rencana nyata untuk meningkatkan gajimu. Buat tujuan yang detail: spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan peka waktu.

Di lingkungan kerja, kamu memiliki pertemuan rutin dengan pemimpin kamu. Jika ini bukan sesuatu yang sesuai dengan lingkungan kerjamu, tanyakan apakah kamu dapat bertemu untuk berbicara dan membuat gol berdasarkan di mana kamu berada dan di mana kamu ingin berada.

Tanpa langkah ini, kamu akan bergerak secepat kemalasan saat tidur siang. Jangan menjadi malas. Bangun mimpi kamu dengan tujuan yang bisa dicapai.

4. Sabar dan Kerjakan Rencananya.

Kebanyakan orang tidak bekerja dari meja kecil ke meja besar dalam satu hari. Dan itu bahkan bukan apa yang kamu coba lakukan. Namun kamu tetap harus bersabar ketika menginginkan kenaikan gaji atau promosi. Kamu memiliki rencana dan sasaran untuk sampai ke sana. Sekarang kerjakan tujuan itu.

Selama waktu itu, tempatkan diri kamu di sekitar orang-orang yang melakukan lebih banyak hal yang kamu inginkan, dan perhatikan bagaimana mereka bertindak dan bereaksi. Ajukan pertanyaan kepada mereka.

Mimpi tidak menjadi kenyataan dalam semalam, ini tentang tekad., tentang gerakan. Terapkan hal-hal itu pada penganggaran, pengelolaan uang, dan etos kerja kamu. Pada akhirnya kamu dapat maju terus di tempat kerja dan di dalam kehidupan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait