Merek Produk yang Kuat Penting untuk Investasi Sukses

test alt text
Jika Anda menganggap diri Anda sebagai investor jangka panjang, Anda harus tertarik untuk mencari perusahaan dengan merek produk yang kuat. Meskipun merek-merek yang kuat tidak menjamin investasi akan menjadi pemenang, merek-merek tersebut memberi perusahaan keunggulan dalam persaingan nya.
Setidaknya ada enam alasan mengapa merek yang kuat penting dalam hal berinvestasi di perusahaan.
# Basis Pelanggan yang Loyal
Nama-nama merek akan mempertahankan loyalitas pelanggan dalam jumlah tertentu. Mungkin ada selusin merek mi instan di pasaran, tetapi hanya ada satu Indomie. Karena banyak orang-orang yang mengkonsumsi mi instan memiliki preferensi yang ditentukan untuk Indomie, perusahaan memiliki pasar bawaan untuk produknya.
Ketika suatu produk menjadi merek yang kuat, ia cenderung memiliki posisi yang kuat di pasar. Meskipun produk itu mungkin salah satu dari banyak yang merek yang lain, merek yang kuat tetap unggul karena keunikan nya. Beberapa konsumen mungkin hanya dapat membeli mi instan dari perusahaan Indofood, dan tidak akan membeli produk mi instan lainnya.
# Reputasi yang Mapan
Merek yang kuat menciptakan manfaat tak berwujud bagi perusahaan yang jauh melampaui merek itu sendiri. Jika perusahaan memiliki satu atau lebih merek yang kuat dan terkenal, perusahaan memiliki kemampuan yang jauh lebih besar untuk meluncurkan produk baru.
Masyarakat telah mengakui keunggulan perusahaan dengan Produk A, sehingga mereka bersedia untuk mencoba Produk B ketika produk itu keluar, karena ada sedikit resistensi dimana perusahaan telah membangun reputasi yang baik. Perusahaan bahkan dapat menghabiskan lebih sedikit untuk pemasaran daripada yang dilakukan oleh perusahaan dengan merek yang jauh lebih lemah.
Jika perusahaan mengembangkan beberapa merek produk yang kuat, perusahaan dapat menjadi merek itu sendiri. Itu akan melipatgandakan semua efek memiliki satu merek yang kuat dan perusahaan akan dipercaya oleh pasar untuk keunggulan nya.
# Daya Tahan yang Kuat
Dari sudut pandang keuangan, loyalitas konsumen yang dihasilkan oleh kepercayaan merek menciptakan sejumlah stabilitas dalam perusahaan. Sementara perusahaan makanan dan minuman datang dan pergi, perusahaan dengan merek kuat terus beroperasi selama beberapa dekade.
Ini bisa menjadi sangat penting selama resesi ketika pelanggan mengurangi konsumsi terhadap lini produk baru. Meskipun mereka mungkin menolak produk-produk baru, mereka akan terus loyal kepada yang mereka kenal dan percayai. Ini memberi perusahaan-perusahaan dengan merek-merek kuat keunggulan bawaan selama kemerosotan ekonomi dan untuk jangka panjang.
Sebagai contoh, pada tahun 2019 Indomie sudah mencapai usia ke-47. Indomie telah melewati begitu banyak peristiwa ekonomi seperti krisis tahun 98 dan anjloknya nilai rupiah pada akhir tahun kemarin.
Itulah yang dapat dilakukan oleh branding yang kuat untuk perusahaan, dan itulah jenis perusahaan yang ingin Anda investasikan, perusahaan yang memiliki daya tahan.
# Arus Kas Positif
Merek yang kuat menciptakan lini produk yang memiliki masa simpan yang lama dan menyediakan arus kas yang mapan bagi perusahaan. Arus kas tidak hanya akan membuat perusahaan tetap sehat, tetapi juga akan memberikan kemampuan finansial untuk menguji produk baru di pasar. Dan bahkan jika satu atau lebih dari produk-produk baru gagal, perusahaan akan melanjutkan bisnis dengan merek-merek intinya.
# Kekuatan Melebihi Keuangan
Meskipun tidak selalu mungkin untuk menempatkan nilai rupiah yang tepat pada nilai merek yang kuat, sebuah merek tetap dapat memberikan kekuatan perusahaan di luar faktor keuangan.
Sebagai contoh, akan jauh lebih mudah bagi perusahaan dengan merek kuat untuk mengumpulkan uang, baik melalui penerbitan saham baru atau surat utang.
Investor, seperti halnya konsumen, akan memiliki kepercayaan lebih besar pada perusahaan yang mewakili produk atau layanan yang termasuk dalam kategori nama rumah tangga. Orang cenderung memercayai apa yang mereka ketahui, seperti merek yang kuat, dan menghindari apa yang tidak mereka ketahui.
# Bukti Keahlian Pemasaran Sebuah Perusahaan
Jika perusahaan memiliki merek yang kuat, itu menjadi indikator kuat kemampuan pemasaran sebuah perusahaan. Lagi pula, jika perusahaan menemukan cara mengubah produk mereka menjadi merek yang kuat, mereka juga dapat menduplikasinya dengan lini produk lainnya.
Selain itu, kesuksesan perusahaan dengan merek-merek kuatnya akan menurunkan resistensi konsumen, yang meningkatkan peluang keberhasilan lini produk baru. Ini lebih dari faktor tidak berwujud. Seperti disebutkan pada poin kedua di atas, pengenalan merek perusahaan kemungkinan akan memungkinkan mereka untuk memperkenalkan produk-produk baru dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada pesaing yang tidak dikenal. Ini bisa bernilai ratusan juta rupiah bagi perusahaan, dan merupakan kemenangan bagi investor.
Ada ribuan ide produk dan layanan baru yang diluncurkan setiap tahun. Banyak dari mereka adalah produk dan layanan luar biasa namun masih tidak berhasil. Alasan mereka sering kali karena pemasaran yang tidak memadai. Perusahaan dengan merek kuat memiliki sesuatu yang kemungkinan besar akan menghasilkan keuntungan ketika memasarkan produk baru. Sebagai seorang investor, itulah keuntungan yang bisa Anda ambil. Apakah Anda mencari merek yang kuat untuk berinvestasi?
Share to :
Artikel Terkait