Investasi, Reksa Dana

Keuntungan Investasi Reksa Dana Online: Mengapa Harus Coba?

Keuntungan Investasi Reksa Dana Online: Mengapa Harus Coba?

Investasi reksa dana mengalami peningkatan minat secara pesat beberapa tahun belakangan. Kenaikan ini merupakan salah satu dampak adanya layanan keuangan berbasis teknologi alias fintech (financial technology). Masyarakat dimudahkan dengan layanan membeli reksa dana online sehingga minatnya juga semakin tinggi.

Jika selama ini masyarakat kerap bingung ketika ingin mulai berinvestasi mulai dari rekomendasi produk reksadana sampai dengan cara untuk transaksi maka hal ini bukan lagi jadi masalah. Hanya dengan bantuan gadget, masyarakat bisa melakukan investasi reksadana dengan mudah dan cepat. Pembelian reksadana juga dimudahkan dengan adanya layanan perbankan secara online sehingga melengkapi kepraktisannya.

Adapun, agen penjual reksa dana online pertama di Indonesia yaitu IPOTFUND dari Indo Premier muncul sekitar tahun 2014 dengan sistem user id. Kala itu, investasi online khususnya reksa dana belum begitu populer di tengah masyarakat. Karena itu penjualan reksadananya belum terlu memuaskan karena memang belum terlalu minat publik.

Meski demikian, reksadana mulai dilirik masyarakat setelah maraknya aplikasi online yang menyediakan penjualan produk reksadana. Dengan gencarnya pemberitaan media pula dan juga inisiasi pemerintah agar masyarakat lebih giat berinvestasi, maka instrumen investasi ini semakin mendapat tempat.

Berbagai kemudahannya dan kelebihannya yang mewadahi masyarakat pemodal yang ingin menanamkan modalnya tanpa perlu repot menjadi daya tarik utama. Dengan sistem agen penjual reksa dana online, kemudahan tersebut bertambah. Mulai dari gratis biaya transaksi, konsultasi jenis reksadana terbaik sesuai profil risiko sampai dengan pilihan manajer investasi yang terpercaya..

Membeli Reksa Dana Online, Cara Berinvestasi yang Pas Bagi Milenial

Perkembangan dunia saat ini menuntut segalanya harus serba mudah, cepat dan praktis. Bahkan dalam berinvestasi reksa dana pun berlaku hal yang sama. Investasi reksa dana online menjadi jawaban akan tuntutan tersebut. Cara ini juga cocok bagi milenial yang ingin berinvestasi dengan gampang tanpa menganggu aktivitas sehari-harinya.

Beruntunglah bagi kamu yang saat ini hidup di tengah-tengah kemajuan teknologi. Di mana, kamu bisa dengan mudah mengakses segala sesuatu hanya melalui gadget kesayangan kamu. Tak terkecuali terkait dengan investasi. Yang saat ini sudah bisa dilakukan baik itu secara offline ataupun online.

Salah satu produk investasi terbaik saat ini yang bisa kamu lakukan secara online adalah melalui reksa dana. Mengapa? Investasi dengan cara ini memiliki berbagai macam keuntungan, terutama dari segi biaya dan waktu saat tahapan investasinya.

Hal ini bisa membuat pengalaman investasi reksa dana kamu semakin mudah dan cepat dibanding investasi saham. Untuk dilakukan melalui platform investasi reksa dana online yang kini beredar di masyarakat luas. Ada banyak sekali platform online yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan demikian, kamu bisa merasa aman dan nyaman memercayakan uangmu. Misalnya saja membeli reksa dana secara online lewat Ajaib. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan dana Rp 10 ribu, Rp 100 ribu atau berapapun yang kamu miliki. Kelebihan lainnya adalah pilihan reksa dana tematik sehingga memudahkanmu memilih reksadana yang sesuai.

Tentu saja, bukan hanya bermanfaat dalam memangkas waktu dan biaya untuk proses investasinya saja. Melainkan masih banyak manfaat dan keuntungan investasi reksa dana online yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut.

  • Memberikan Kemudahan Bertransaksi

Kemudahan dalam hal bertransaksi pada investasi online menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu peroleh. Hal ini dikarenakan semua validasi data, pendaftaran, transaksi jual-beli dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi atau platform digital. Kamu hanya tinggal menyetor modal sejumlah yang ingin kamu beli.

Semua data-data kamu akan tersimpan secara aman dalam sebuah sistem online. Di mana kamu bisa memilih bertransaksi reksa dana online di platform investasi online yang memang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu tak perlu khawatir terkait tingkat keamanan dari platform investasi reksa dana online tersebut.

Selain itu, kamu juga mendapatkan kemudahan melalui reksa dana kekinian ini. Ketika ingin mencairkan dana investasi kamu cukup menunggu hasilnya dikirim via rekening bank.

  • Tak Menghabiskan Waktu Hanya untuk Memilih Jenis yang Cocok

Dengan berbagai opsi jenis reksa dana yang bisa kamu pilih, tentu saja hal ini menjadi masalah tersendiri. Dalam menentukan jenis yang cocok dengan profil risiko kamu. Mulai dari reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap sampai campuran semua lengkap tersedia.

Inilah keuntungan dari adanya platform investasi reksa dana online, kamu tak perlu bingung dengan banyaknya jenis yang tersedia. Kamu hanya butuh mencocokan profil risiko, yang mana untuk menentukan profil risiko biasanya platform investasi online telah menyediakan fiturnya.

Jika sudah mengetahui profil risiko kamu, kamu tinggal memilih jenis-jenis instrumen yang tersedia di platform dimana kamu mendaftar. Atau pilih yang direkemondasikan oleh tim ahli mereka. Mudah bukan?

  • Bebas Biaya Transaksi

Selain memangkas waktu proses investasi, berinvestasi reksa dana secara digital memberikan suatu kemudahan lainnya, seperti bebas biaya transaksi. Dimana biasanya jika tidak melalui platform investasi online, kamu akan dikenakan biaya transaksi.

Biaya tersebut berupa biaya pembelian, penjualan, dan pengalihan instrumen ke instrumen lainnya. Sisa dana yang kamu dapatkan dari gratis transaksi ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Pilihan lebih baik lagi dimanfaatkan untuk berinvestasi reksa dana.

  • Investasi Reksa Dana Bisa Dilakukan Kapan Saja

Keuntungan investasi reksa dana online selanjutnya yaitu bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Hal ini sangat cocok bagi kamu yang memang memiliki kesibukan yang super padat. Sehingga sudah tidak ada lagi batasan antara ruang dan waktu.

Sebab, terkadang masalah waktu dan tempat memang menjadi momok yang membuat seseorang enggan untuk berinvestasi. Namun kini, investasi tersebut ditawarkan dengan waktu yang lebih fleksibel dalam hal akses. Tentu saja akan mempermudah kamu dalam mengatur waktu luang, ketika kamu ingin berinvestasi.

Itulah berbagai keuntungan investasi reksa dana online yang bisa kamu dapatkan hanya melalui ponsel pintar kamu. Manfaatkan kecanggihan internet yang kamu miliki bukan hanya untuk sekedar posting di media sosial namun juga mendapatkan keuntungan finansial. Reksa dana terbukti bisa menjadi solusi untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Kamu bisa bersiap mengumpulkan dana untuk KPR rumah, kendaraan atau sekedar traveling dengan hasil investasi reksa dana yang kamu dapatkan. Pastikan kamu berinvestasi reksa dana online bersama Ajaib, platform online penjual reksa dana terbaik. Kami akan memastikan langkah investasimu aman dan menguntungkan sesuai dengan rencana yang kamu rancang.

Jika sudah diberikan kemudahan dan keuntungan seperti yang tertera pada poin-poin diatas. Apakah kamu masih berpikir bahwa berinvestasi reksa dana itu sulit?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Artikel Terkait