Investasi, Investor Pemula

Apa Itu Investasi Online? Termasuk Investasi Reksa Dana?

Saat ini investasi online dan offline sudah tersedia di pasaran untuk menjangkau minat investator pemula yang kian hari kian meningkat saja. Salah satu alasan mengapa hadirnya investasi online sangat membantu masyarakat, adalah memangkas proses investasi yang dulunya masih konvensional menjadi digital.

Sebelum munculnya platform investasi online seperti sekarang, jika masyarakat investor pemula ingin berinvestasi reksa dana, emas, dll, mereka harus menunggu cukup lama. Untuk mengantre di tempat Manajer Investasi (MI) dan perusahaan manajemen aset yang bersangkutan.

Namun berbeda halnya dengan menggunakan platform investasi online. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja. Untuk membuka akun investasi online kamu dan memilih jenis investasi online,yang cocok untuk disesuaikan dengan kriteria kamu. Nah, pada kesempatan kali ini Ajaib akan memberikan informasi menarik perihal investasi online dan jenis-jenis investasi online terbaik apa saja.

1. Reksa Dana Online

Kemajuan arus teknologi informasi secara tidak langsung juga mengubah kebiasaan investasi masyarakat Indonesia. Dulunya masih konvensional, sekarang perlahan-lahan menjadi digital.

Reksa dana online merupakan salah satu investasi online terbaik yang cocok bagi kalangan investor pemula. Mengapa? Karena tingkat risiko dari investasi reksa dana online tidak begitu tinggi.

Pada platform reksa dana online, kamu bisa menaruh dana investasi kamu di berbagai instrumen investasi seperti reksa dana campuran, saham, syariah, pasar uang dan pendapatan tetap.

Apakah risiko dari instrumen investasi reksa dana sama besarnya?

Tentu saja tidak, reksa dana saham memiliki tingkat pengembalian terbesar dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya. Tetapi tingkat risiko kerugian reksa dana saham juga besar. Skema investasi reksa dana saham, biasanya memiliki jangka waktu paling sedikit selama 5 tahun atau lebih.

Sedangkan jenis reksa dana yang paling aman adalah reksa dana pasar uang, dengan skema jangka pendek dan dikenal sebagai investasi jangka pendek terbaik. Selain itu, reksa dana online biasanya tidak membebankan biaya transaksi kepada para investor yang terdiri dari biaya pembelian, penjualan dan pengalihan.

2. Emas Digital

Mungkin masih banyak dari kamu yang bertanya-tanya, apakah benar ada investasi emas digital? Tentu saja ada. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang sudah berlisensi dan mendapatkan izin untuk menjual emas dalam bentuk digital.

Jika perusahaan fintech diawasi oleh OJK, berbeda halnya dengan startup yang menjual emas secara online akan diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) sebagai regulator.

Bagaimana cara berinvestasinya?

Kamu hanya perlu mendatangi perusahaan-perusahaan investasi emas digital, namun tetap perhatikan yang sudah mengantongi izin dari Bappebti. Investor pemula, perhatikan mengenai biaya investasi awal emas digital yang berbeda-beda. Jadi skemanya seperti kamu sedang menabung jika sudah mencapai ambang batasnya. Kamu bisa menukarkan tabungan emas yang dimiliki menjadi emas dalam bentuk fisik.

Pegadaian merupakan salah satu tempat investasi emas digital yang bisa membantu kamu membeli emas dengan jumlah kecil. Selain itu, ketika tabungan emasmu sudah sesuai target yang kamu harapkan, kamu bisa meminta bantuan emas pegadaian untuk mencetak emas yang telah berhasil kamu tabung. Nah, jika dikemudian hari kamu membutuhkan uang untuk hal lainnya, kamu bisa menggadaikan emas tersebut secara langsung tanpa harus pergi dan mengunjungi cabang pegadaian.

3. Investasi Onlinedi Saham

Kini kamu bisa membeli saham secara online dengan mudah dan cepat di perusahaan sekuritas kepercayaan kamu. Dengan cara mengisi form secara online yang membutuhkan data identitas pribadi, data ahli waris, salinan buku rekening tabungan. Jika sudah mengisi form, kamu bisa memilih, membeli, dan menjual saham kamu tersebut.

Kamu bisa menjual langsung saham online tersebut walaupun baru dibeli jika harga saham bergerak naik yang disebut day trading. Uang hasil penjualan saham online kamu akan langsung dikirim ke rekening saham.

Demikianlah informasi perihal apa itu investasi online serta jenis-jenisnya yang bisa menambah wawasan kamu. Agar kamu dapat memilih jenis investasi online terbaik dan paling menguntungkan untuk menambah penghasilan. Gunakan akal sehat agar kamu tidak mudah tertipu dengan “investasi online bodong” dengan iming-iming return yang besar.

Hindari Investasi Bodong dengan Ajaib

Nah untuk menghindari dari investasi bodong yang merugikan, cobalah untuk memulai investasi kamu dengan mengecek aplikasi yang menyediakan jasa investasi online tersebut. Pilihlah aplikasi atau platform yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Ajaib. Untuk berinvestasi di Ajaib, kamu bisa memulainya hanya dengan mendownload aplikasinya atau mendaftar melalui website, kemudian pilih manajer investasi ataupun tujuan investasimu. Lalu berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan?

Melalui Ajaib, kamu bisa berinvestasi dengan modal awal mulai dari Rp 10.000. Hanya dengan uang sekecil itu kamu sudah bisa mulai berinvestasi dan mendapatkan keuntungan.

Namun, meski dirasa murah dan mudah, jangan lupa juga untuk mengecek suku bunga dan pasar modal. Di sinilah kamu bisa memahami apakah perusahaan manajer investasimu baik atau tidak. Cek juga laporan keuangan dan prospektum mereka. Dengan inilah kamu bisa memulai investasi dengan lebih tenang dan tepat.

Bukan hanya reksa dana, Ajaib juga menyediakan investasi lainnya, mulai dari saham, pasar uang, obligasi, dan juga investasi berbasis syariah. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jenis investasi sesuai dengan tujuan kamu memulai investasi, mulai dari dana pendidikan, dana darurat, pensiun, uang umroh atau haji, dan masih banyak lagi.

Jadi, sudah siap berinvestasi sekarang? Jangan tunggu nanti! Mulai investasi pertamamu sekarang di Ajaib dan dapatkan keuntungan maksimal dengan belajar investasi dari ahlinya.

Bacaan menarik lainnya:

Petajisto, Antti (2013). Active Share and Mutual Fund Performance. Financial Analyst JournalVolume 69. Number 4. CFA Institute.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Artikel Terkait