Lebih Menguntungkan Tabungan Atau Investasi

Lebih Menguntungkan Tabungan Atau Investasi

Memiliki masa depan yang cerah adalah keinginan semua orang, namun tidak semua orang merencanakannya sejak dini. Padahal merencanakan masa depan sejak dini tidaklah sulit. Kamu bisa mulai dengan tabungan dan investasi. 

Perbedaan Tabungan Dan Investasi

Dapat dikatakan bahwa keduanya adalah dua hal yang berbeda, namun sering kali diartikan sama oleh masyarakat Indonesia. Tabungan merupakan cara untuk menyimpan sebagian besar penghasilan untuk kepentingan masa mendatang. Sedangkan berinvestasi merupakan langkah menambah nilai aset yang kamu miliki demi tujuan jangka panjang. Lalu manakah yang lebih menguntungkan? Berikut penjelasannya: 

1. Karakteristik Produk

Perbedaan tabungan dan investasi dapat dilihat dari karakteristik kedua instrumen. Tabungan memiliki penambahan nilai aset lebih lambat. Namun bisa dijadikan sebagai dana darurat jika kamu memiliki kepentingan mendadak. Untuk risiko, tabungan memiliki risiko lebih rendah dibandingkan investasi.

Investasi bertujuan untuk kepentingan jangka panjang. Selain itu, tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak. Meskipun memiliki risiko, berinvestasi memiliki penambahan nilai lebih cepat daripada tabungan. Rata-rata keuntungannyadapat dirasakan di tahun kedua.

2. Persyaratan Produk

Untuk memiliki rekening tabungan di bank caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening dengan melampirkan identitas seperti KTP, SIM atau paspor. Kamu bisa membuka rekening dengan dana awal yang relatif kecil.

Berbeda dengan investasi. Untuk memulai berinvestasi kamu harus mengeluarkan modal. Besarannya di awal cukup besar untuk membeli aset. Misalnya kamu ingin berinvestasi emas, maka harus menyediakan dana yang cukup besar untuk memiliki emas tersebut. Harga emas saat ini mencapai Rp766.000 untuk satu gramnya.

Namun kamu tidak perlu khawatir jika tetap ingin berinvestasi. Ada beberapa jenis yang tidak membutuhkan modal besar diawal, seperti reksa dana. Cukup dengan Rp10.000 kamu sudah dapat berinvestasi reksa dana. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang reksa dana, kamu dapat membaca “Langkah Awal Mengenal Investasi Reksa Dana” yang sudah kami bahas sebelumnya.

Dari perbedaan tersebut kamu dapat sedikit mengenal tentang perbedaan tabungan dan investasi. Lalu mana yang lebih baik? Menabung atau berinvestasi?

Menabung atau Berinvestasi?

Tabungan atau investasi sama-sama menguntungkan, tergantung dari tujuan dan kemampuan keuanganmu. Menabung bisa kamu jadikan sebagai dana darurat dan bisa diambil kapan saja. Menabung juga tidak memiliki risiko kehilangan uang. Bisa dikatakan menabung lebih aman daripada investasi.

Sedangkan investasi untuk masa depan dan jangka panjang. Dengan berinvestasi bisa memperoleh keuntungan lebih besar daripada menabung. Cobalah berinvestasi reksa dana yang memiliki return rata-rata 20% pertahun dengan risiko yang kecil.  Dari penjelasan tersebut, sebaiknya tabungan dan investasi harus tetap kamu miliki karena keduanya saling melengkapi. Hanya saja porsinya harus diatur sesuaikan dengan tujuan dan kemampuan keuanganmu. jadi pikirkan baik-baik sebelum memutuskan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , ,
Artikel Terkait