Cara Mendulang Untung dari Bisnis Laundry

bisnis-laundry

Jika ingin memiliki usaha, buka saja bisnis. Pilih bisnis yang untungnya lumayan tetapi risiko tidak terlalu besar. Salah satunya adalah bisnis laundry.

Tanpa disadari setiap hari kita ingin berpenampilan menarik. Tak sekadar mandi, penampilan menarik juga terlihat dari pakaian yang dikenakan bersih, rapi, dan wangi. Karena tidak dipungkiri penampilan adalah impresi pertama orang lain terhadap kita. Misalnya kamu ingin ketemu kekasih atau menghadap dosen untuk bimbingan skripsi. Biar terlihat menarik, kamu pakai baju minimal yang rapi dan wangi.

Tentu, memiliki baju bersih tidak datang begitu saja. Kamu harus mencuci dan menyetrikanya. Terkadang malas dan membawa baju kotor ke laundry. Nah di sini, peluang Bisnis terlihat jelas.

Bisnis laundry, salah satu bisnis menjanjikan. Pasalnya, baju bersih dibutuhkan semua orang. Terlebih tidak semua orang punya waktu buat mencuci baju, karena kesibukan atau keterbatasan peralatan. Dengan masalah tersebut dan perhitungan matang, entrepreneur membangun bisnis laundry.

Biasanya, bisnis laundry terbagi menjadi bisnis laundry kiloan, ada juga yang menerapkan bisnis laundry potongan. Dari kedua model ini, sama-sama menekankan banyaknya orang yang bergantung menggunakan jasa laundry. Dengan memahami ini, Kamu pun bisa memetik untung dari peluang usaha laundry.

Modal Awal

Hal pertama yang harus kamu tentukan ketika ingin memulai bisnis laundry adalah modal awalnya. Berapa modal yang kamu miliki? Nah, modal awal inilah yang menentukan seberapa besar bisnis yang ingin kamu mulai. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki modal yang cukup, kamu bisa memulai usaha franchise di bidang laundry. Di mana, dengan bisnis franchise, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan peralatan maupun pemasarannya.

Cara Laundy Baju

Ini adalah syarat wajib. Kamu harus tahu cara mencuci baju sampai bersih dan cairan apa saja yang digunakan. Meskipun kamu nanti punya pegawai, tak ada salahnya menguasai bidang bisnismu. Dengan mengetahui cara mencuci baju yang baik, kamu bisa memulai bisnis dengan lebih mudah. Di mana, dengan kualitas dan hasil pakaian yang bersih dan rapi, orang-orang akan percata dan ingin mencoba mencuci bahu di usaha laundry kiloan kamu. Jangan lupa juga, terus perhatikan kualitas, hindari untuk penurunan kualitas di kemudian hari.

Peralatan dan Bahan Laundry

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah membeli peralatan yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis laundry. Tentukan mesin cuci dan pengering yang akan kamu gunakan untuk membuka usaha laundry. Minimal kamu harus punya dua mesin cuci dan satu mesin pengering. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mesin.

Pastikan spesifikasi mesin cuci khusus usaha. Karena mesin tersebut didesain untuk kegiatan berintensitas tinggi, sehingga kuat menggiling tumpukan baju kotor seharian. Karena mesin menggunakan aliran listrik, piluh yang memiliki fitur hemat daya. Plus lengkapi bisnis laundry dengan mesin pengering.

Kalau pelangganmu semakin banyak, kamu tidak bisa mengandalkan pengering mesin cuci. Karena daya peras mesin cuci tidak 100 persen. Mesin pengering punya kekuatan 100 persen. Jadi baju bersih dari mesin cuci lalu dimasukkan ke mesin pengering, menghasilkan baju kering yang siap setrika. Kamu tidak perlu menjemurnya di bawah matahari atau tidak terganggu ketika musim hujan.

Untuk bahan mencuci, beli detergen dan pewangi di tempat terpercaya. Kalau bisa, beli kemasan bulky karena harganya lebih terjangkau. Sehingga menghemat biaya produksi.

Lokasi

Pemilihan lokasi tak kalah penting dalam buka laundry. Dalam bisnis apapun, jangan random memilih lokasi. Pilih lokasi dekat kos-kosan sekitar universitas atau perkantoran di kota besar untuk bisnis laundry. Karena tidak semua kos-kosan melayani laundry dan tidak semua orang yang sewa kos-kosan sempat mencuci baju. Jika kamu sudah memiliki tempatnya, perhatikan sistem pembuangan limbah laundry. Jangan sampai limbahnya mengganggu tetangga. Namun, dalam memilih lokasi, kamu juga harus memikirkan biaya operasional bisnis, apakah mencukupi atau justru nombok. Ini tentu bisa membuatmu rugi.

Pelayanan

Di luar sana, tak sedikit bisnis laundry bermunculan. Ada yang berkembang, ada juga yang tutup. Tetapi yang membedakan bisnis kamu dan yang lain adalah pelayanan. Pelayanan bukan cuma baju bersih. Tetapi jangan sampai baju pelanggan tertukar. Apalagi jika ada barang tertinggal di baju kotor, simpan dan kembalikan ke mereka. Apapun bentuk barangnya. Meski barang itu sepele buatmu, tetapi buat mereka tidak demikian. Perhatikan juga waktu untuk mencuci pakaiannya, jangan sampai pelanggan kamu menunggu terlalu lama karena waktu layananmu sempit dan terbatas.

Jasa Tambahan

Selain pelayanan, jasa tambahan bisa membedakan bisnis laundry-mu dengan yang lain. Misalnya cuci sepatu, cuci boneka, atau cuci khusus batik tulis dengan cairan lerak. Ini adalah nilai plus bisnis yang bisa memperluas target market-mu.

Selain hal di atas, kamu juga harus memperhatikan hal-hal berisiko. Seperti update informasi soal pemadaman listrik berkala. Sehingga kamu bisa memberitahukan pelanggan kalau proses pencucian akan mundur. Dan jangan lupa, kantongi nomor telepon dan alamat service center mesin cuci dan pengering.

Harga Laundry

Hal selanjutnya yang harus kamu tentukan adalah harga laundry yang ingin kamu gunakan untuk setiap jasa laundrymu. Untuk menentukan harga, kamu harus mengetahui terlebih dulu siapa target market yang kamu tuju. Jika mahasiswa, kamu bisa memberi harga rata-rata yang sedikit murah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti ketika ingin membuka usaha laundry. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah melakukan rencana yang matang untuk memulai bisnis laundry. Jadi, sudah siap jadi pengusaha laundry?

Bacaan menarik lainnya:

Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing
Kotler, Philip., Keller, K. (2012). Marketing Management Global Edition Publishing as Prentic Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait