Bisnis & Kerja Sampingan

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Kemitraan Bisnis

kemitraan bisnis

Ketika kamu memutuskan masuk ke dunia bisnis, kemitraan bisnis adalah hal yang tidak bisa kamu hindari. Bisnismu itu tidak akan berjalan tanpa adanya mitra yang bekerja sama denganmu. Kemitraan bisa dikatakan sebagai kerja sama yang kamu lakukan dengan pihak lain dan tujuan untuk membuat bisnismu lebih maju lagi. Intinya adalah kerja sama tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meraih keuntungan.

Kemitraan bisnis juga dikatakan sebagai salah satu elemen yang penting bagi dunia bisnis. Bahkan jika kamu pernah mempelajarinya, tema mitra ini pasti dipelajari sebagai teori di sekolah-sekolah karena memang pada dasarnya semua pebisnis harus melakukannya. Karena kemitraan bisnis dapat menghasilkan beberapa manfaat nyata seperti ini:

Membuat Bisnis Jadi Semakin Produktif

Karena kemitraan bisnis sifatnya saling melengkapi sehingga apa yang tadinya tidak bisa dilakukan, jadi bisa dilakukan. Di saat seperti ini kamu akan semakin produktif karena beban kerjamu dibantu oleh mitra yang lain. Produktivitas ini pun akan memengaruhi kemajuan usahamu nantinya.

Efisien

Karena ada yang membantumu dalam memajukan usahamu, maka kamu pun bisa melakukan efisiensi. Misalnya saja ketika kamu berhasil mendapatkan bantuan peralatan teknologi dari mitramu, kamu pun akan lebih cepat mencapai target dalam produksi. Dan kamu bisa mengurangi biaya produksi jauh lebih hemat, lalu bisa juga mendapatkan keuntungan yang lebih.

Dua di atas adalah taget yang tentunya ingin dicapai oleh mereka yang memiliki usaha. Karena dilakukan untuk meraih keuntungan, maka kamu harus memilih mitra yang tepat dalam berbinis. Pernahkah kamu mendengar beberapa kasus mereka yang bermitra dengan orang lain, tapi malah mengalami kerugian karena mitramu tidak amanah dan malah membawa kabur investasimu tanpa bilang-bilang.

Karena itu sudah sewajarnya ketika dalam bermitra kamu juga harus pilih-pilih. Ini bukannya pilih kasih, tapi pemilihan ini dimaksudkan agar kemitraan tersebut tidak akan membuat masalah yang serius padamu. Pada dasarnya kamu bermitra untuk mendapatkan keuntungan satu sama lain, pastikan kamu mendapatkan keuntungan itu.

Lalu, bagaimana caranya atau apa yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan mitra yang baik? Ini tidak berkaitan dengan apakah kamu perlu mengenal lama mitramu atau tidak. Berkenalan dengan orang baru pun bisa kamu lakukan karena bertemu dengan orang baru akan menghasilkan koneksi baru. Jadi, ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan kemitraan dengan orang lain.

Melakukan Survei Secara Saksama

Untuk melakukan survei ini harus diadakan sebelum mendekati si mitra. Survei dilakukan agar kamu tahu lebih dulu tentang mitramu, walaupun itu hanya sedikit. Karena biasanya calon mitramu lenih tertarik bekerja sama di bidang tertentu. Kalau bidangnya tidak menjadi yang ia favoritkan, maka kamu bisa mencari mitra yang lain. Survei mitra ini penting untuk tahapan selanjutnya. Jalan yang kamu lalui untuk menemukan mitra itu cukup panjang.

Memilih Mitra yang Memiliki Visi Serupa

Ini adalah salah satu elemen yang penting ketika bermitra dengan seseorang. Kamu bisa menemukan mitra itu di mana. Di dalam lingkaran pertemanan, di tempat yang tak terduga seperti mal, dan juga bisa juga menemukannya ketika sedang mengikuti sebuah seminar. Di sana kamu bisa mengobrol-ngobrol kecil dengannya. Pada dasarnya orang akan senang menceritakan apa yang sedang ia lakukan. Dan ketika perkenalan itu kamu bisa melakukan tukar cerita. Jika kamu percaya padanya dan ia percaya padamu, kamu bisa melakukan kerja sama saat itu juga.

Pastikan Calon Mitramu Punya Citra yang Bagus

Dalam dunia bisnis, sulit rasanya seseorang berdiri sendiri karena itu membutuhkan mitra untuk kelangsungan hidupnya. Di sini lah istilah dua lebih baik dari satu itu benar adanya. Untuk menemukan mitra yang baik, sudah dibilang sebelumnya, kamu harus rajin-rajin untuk survei. Tidak harus teman dekatmu, orang yang baru dikenal pun bisa asalkan memang memiliki reputasi yang baik. Reputasi atau citra yang baik ini untuk menjamin kesuksesan kemitraan kalian bersama. Memang orang bisa saja berubah jadi lebih baik, tapi jika kamu lebih memilih mitra yang punya track buruk dalam bekerja sama, sama saja artinya itu kamu mencari masalah di awal. Untuk di awal kerja sama, pastikan kerja sama itu berjalan dengan baik.

Citra yang baik ini dinilai dari keberhasilan mitra dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya. Tidak kabur ketika sedang bermasalah, dan juga tidak menipu mitra-mitranya.

Mitra Tersebut Memiliki Apa yang Tidak Kamu Miliki

Hal ini tidak harus berkaitan dengan uang. Maksudnya di sini adalah agar kalian bisa saling melengkapi satu sama lain. Ketika memutuskan mendirikan perusahaan bersama-sama, pastikan mitramu itu adalah sosok yang memiliki kelebihan yang menjadi kelemahanmu. Ketika kamu bisa saling melengkapi dengan kemampuan masing-masing, maka segalanya akan semakin mudah. Untuk menemukan yang bisa melengkapi seperti ini memang agak sulit, tapi kamu pasti bisa melakukannya.

Mitra Tidak Selamanya Harus Bersama

Ini adalah hal yang harus sudah kamu sadari ketika di awal memilih orang tersebut sebagai mitra. Mereka bisa saja memilih jalan lain ketika sudah merasa berhasil dan mendapatkan tujuannya ketika bekerja sama denganmu. Jadi, jangan kaget jika suatu saat kalian akan berpisah karena perpisahan adalah hal yang sangat memungkinkan. Karena itu kamu harus merelakannya pergi untuk melangsungkan kehidupan yang baru. Namun kalian pastinya akan tetap bisa berteman, hanya saja tidak menjadi mitra bisnis lagi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait