Ini Caranya Menjalin Kerjasama dengan Waralaba Indomaret

waralaba indomaret
waralaba indomaret

Mau Bekerjasama dengan waralaba Indomaret? Ada caranya. Untuk mengetahuinya, simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib berikut ini ya.

Siapa tak tahu dengan waralaba Indomaret? minimarket yang menyediakan kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan primer dan sekunder ini kehadirannya bak cendawan di musim penghujan. Toko retail ini mudah ditemukan dimana saja. Standart pelayanannya juga sangat baik sehingga banyak dipilih masyarakat sebagai tempat belanja paling nyaman.

Pun dengan bertransaksi segala kebutuhan finansial, Indomaret juga memberikan kemudahan seperti untuk pembayaran tagihan Indihome, pembayaran iuran BPJS, dan lain sebagainya.

Sekilas tentang Indomaret

Sedikit kilasan mengenai Indomaret, Indomart pertama dengan mana ini dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 20 Juni 1988, dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Kemudian perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia di tahun tahun 1997 setelah memiliki lebih dari 230 gerai.

Hingga tahun 2015, jumlah gerai Indomaret berjumlah11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan awal tahun 2017, jumlah gerai Indomaret berjumlah 13.000 toko.

Nah, Jenis usaha franchise atau waralaba ini banyak sekali diminati oleh para pebisnis karena menjadi ladang bisnis yang sangat berpotensi. Berminat ikut bergabung dalam bisnis waralaba Indomaret, simak 7 langkah yang harus dilakukan seperti di bawah ini.

Persiapkan Dokumen

Persiapkan dokumen tentang data kependudukan yang mana kamu harus warga negara Indonesia asli dengan melampirkan:

  • Salinan dan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kopian dan asli Kartu Keluarga (KK)
  • Salinan dan asli identitas lain

Untuk mendapatkan dokumen keterangan identitas diri rasanya bukanlah hal yang sulit, dikarenakan identitas diri tersebut sudah pasti dapat anda miliki ketika berusia mencapai 17 tahun.

Pilih Lokasi yang Cukup Strategis

Selanjutnya kamu harus mencari lokasi yang tepat yang akan kamu jadikan tempat berdirinya Indomaret. kamu harus memperhatikan lokasinya dengan mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya:

  • Aksesibilitas kendaran
  • Dekat dengan jalan raya
  • Aksesibilitas konsumen seperti terletak pada daerah ramai, sarana umum, dan lain sebagainya.

Menentukan lokasi itu penting karena akan menentukan ramai tidaknya bisnis waralaba anda. Begitu juga aksebilitas yang perlu diperhatikan. kamu perlu menyiapkan lahan minimal sebesar 120-200 meter persegi

Surat Kelengkapan Usaha

Selanjutnya kamu perlu mengurus surat kelengkapan usaha yakni:

  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP)
  • Untuk mengurus IMB dan SIUP kamu perlu mendatangi Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, untuk NPWP anda perlu mendatangi kantor pajak, NPWP ini dari usaha waralaba yang kamu buka.

Modal untuk Investasi

Modal penting untuk kita membuka suatu usaha. Sediakan modal yang akan dinvestasikan dimana modal tersebut nantinya harus kamu serahkan kepada pihak Indomaret sebagai pemilik merk saat permohonan kerjasama disetujui.

Untuk besarnya modal tergantung jenis usaha waralaba mana yang kita pilih. Apakah akan membuka Indomaret itu sejak awal ataukah mengambil alih usaha yang sudah ada. Rp300 juta hingga Rp400 juta adalah kisaran modal yang harus anda siapkan.

Tetapi apabila anda mengambil alih dari mitra lama, kisaran uang yang dibutuhkan yakni sekitar 150-200 juta sudah termasuk royalti yang harus dibayarkan selama masa kontrak yang berlangsung dalam setiap 5 tahun.

Mendaftar Melalui Call Center

Jika semua syarat-syarat diatas telah terpenuhi semuanya, kamu bisa menghubungi Call Center Indomaret untuk bergabung atau kamu dapat mengunjungi lewat website indomaret untuk mengunduh formulir pendaftaran.

Selanjutnya tinggal menunggu kedatangan tim survey untuk mengecek lokasi yang telah dipilih kamu.

Tahap Persentasi

Tim verifikator dari Indomaret akan melakukan persentasi setelah anda melewati proses pendaftaran yang telah teregristras.

Persentasi tersebut terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yakni akan dijelaskan terkait keuntungan toko tiap bulan, mekanisme kerjasama, besarnya investasi modal, dan sistem operasional toko.

Pada tahap pertama ini bawalah kelengkapan dokumen berupa surat izin yang telah diurus sebelumnya.

Tahap kedua, kamu diberikan hasil kelayakan dari survey sebelumnya, perencanaan anggaran belanja, serta besarnya investasi modal.

Tandatangan kontrak antara anda dan pihak Indomaret akan dilakukan jika semuanya sudah lengkap dan disetujui. MOU ini berisikan tugas antara pihak waralaba dengan anda dalam hal kepengurusan izin, pembukaan toko, perenovasian toko, seleksi dan pelatihan karyawan, pembelian perlengkapan toko, dan pembayaran termin.

Pembukaan Toko

Setelah semua tahapan diatas dilakukan, kini memasuki tahap terakhir yaitu pelaksanaan pembukaan toko. Pihak Indomaret aakan melakukan proses pembukaan dan promosi. Tandatangan kontrak kerjasama selama lima tahun akan dilakukan dalam tahap pembukaan ini.

Bisa dikatakan, dengan bergabungnya kita dengan bisnis waralaba Indomaret menjadi salah satu langkah bisnis yang tepat karena pada dasarnya akan memberikan banyak keuntungan dengan sistem waralaba. Kehadiran Indomaret tetap akan ramai dikunjungi meskipun pasar dan toko tradisional juga masih banyak bertebaran.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait