Potensi & Pengaruh Bisnis Online Shop Mewarnai Budaya Era Millenial

Potensi & Pengaruh Bisnis Online Shop Mewarnai Budaya Era Millenial
Potensi & Pengaruh Bisnis Online Shop Mewarnai Budaya Era Millenial

Saat ini semua orang dengan akses internet pasti akrab dengan bisnis online shop; baik sebagai konsumen, pedagang, maupun produsen, mereka semua saling mencari, membandingkan, dan berinteraksi langsung lewat internet dan web browser.

Tren bisnis tahun 2019 tidak akan jauh dari bisnis yang berbasiskan teknologi internet yang nantinya akan semakin canggih. Diperkirakan akan ada hampir 2 miliar pembelanja digital di 2019, berarti ¼ dari jumlah penduduk dunia. Sebelumnya 1,32 miliar di 2014, dan diperkirakan akan mencapai 2,14 miliar di tahun 2021 (data 10 April 2019).

Bisnis online shop memang bisnis yang menguntungkan. Seiring dengan merebaknya bisnis ini, banyak supplier memilih membuka toko di dalam marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, BliBli, dan kawan-kawan. Mereka beroperasi meraih untung di situ, dan marketplace-nya pun meraih untung lewat layanannya.

Para analis memaparkan bahwa perkembangan teknologi dan harapan konsumen akan membawa semua ini menuju inovasi yang menyeluruh, dari brand-brand khusus online shop, hingga raksasa-raksasa retail. Estimasi e-commerce kuartal 1 2019 naik 12,4% (+-1,1%) dari kuartal 1 2018, sementara total penjualan retail naik 2,0% (+-0,4%) di dalam periode yang sama. Penjualan e-commerce di kuartal 1 2019 dicatat sebesar 10,2% dari total penjualan. (data 17 Mei 2019). 

Bisnis Online Shop Sukses Menjadikan Semua Orang Berbisnis

Inilah yang dinamakan dunia tanpa batas (world without borders) di mana setiap orang dapat berinteraksi dan melakukan bisnis tanpa prosedur dan birokrasi rumit. Semua bisa secepat kilat menjelma menjadi seorang pedagang hingga produsen, yang giat berniaga 24 jam sehari! Tidak perlu modal banyak untuk memulai bisnis ini, karena tidak perlu menyewa tempat ataupun menggaji pegawai, dan pemasarannya pun gratis hanya lewat smartphone atau akun social media.

Pergeseran Budaya Shopping

Menurut data dari survey atas 25 online shop, konsumen cenderung giat berbelanja di awal minggu, khususnya pada hari Minggu dan Senin, sementara hari Sabtu adalah hari yang paling sepi. Di sisi lain, pada umumnya hari Minggu dan Senin adalah puncaknya kemacetan lalu-lintas. Menurut data Verto Analytics, 95% konsumen yang melakukan belanja online berusia 18-74 tahun. Millenial yang berusia 18-34 lebih sedikit, terhitung cuma 30% dari total populasi online shopping

Bisnis online shop pun sekarang berkembang ke sebuah “genre” baru yaitu dropshipping. Dropshipping adalah sebuah metode pengisian retail, di mana sebuah toko online tidak “menyetok” produk jualannya di tokonya. Pada saat terjadi penjualan di online shop-nya, ia akan membeli produk dari pihak ke-3 dan langsung mengirimkannya ke konsumen. Alhasil, pedagang ini tidak pernah melihat atau menangani sendiri produknya. Metode dropshipping masih sangat menguntungkan di 2019. Bagaimanapun, jika ada yang berpikir bahwa melakukan bisnis online shop bisa sukses hanya dengan menampilkan produk-produk di online shop-nya tanpa usaha lebih, mereka salah! Ikuti aturan-aturan mainnya, maka tingkat sukses dropshipping akan meroket di kuartal 2.

Tantangan Persaingan Ke Depan

Masa depan dan peluang bisnis online shop adalah ketika “minat belanja” akan sepenuhnya tertuang secara online. Cara online shopping berevolusi menjadi belanja sejati adalah dengan mengombinasikan manfaat belanja di toko dengan pengalaman online shopping, seperti produk boleh dicoba dulu sebelum dibayar via cash on delivery. Setiap brand harus fokus dan jeli dalam mengenali perubahan kebutuhan dari penggemarnya, yang juga senantiasa berubah-ubah.

Itulah beberapa hal terkait bisnis online dan potensinya yang terus berkembang di Indonesia. Jadi, buat kamu yang ingin memulai bisnis online, kamu harus benar-benar memahami bisnisnya dan teknik pemasarannya jika ingin menjadi pengusaha sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait