Catat! Ini Pengertian Etika Bisnis dan Prinsip Etika Bisnis

pengertian-etika-bisnis-dan-prinsip-etika-bisnis

Apa sih pengertian etika bisnis itu? Apa saja prinsip etika bisnis yang harus dipahami para pebisnis? Berikut pengertiannya dari berbagai sumber dan ahli.

L. Sinuor Yosephus

Menurut Yosephus dalam buku Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer, etika bisnis adalah wilayah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindak manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis.

Charles W.L. Hill dan Gareth R. Jones

Hill dan Jones yang menulis buku Essentials of Strategic Management menyebutkan etika bisnis adalah suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar. Hal ini tentunya penting dalam pengambilan keputusan bisnis.

Manuel G. Velasquez

Penulis buku Business Ethics: Concepts and Cases ini menyatakan bahwa etika bisnis adalah studi yang dikhususkan mengenai moral benar dan salah, berkonsentrasi pada standar moral yang diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

Dari sejumlah pengertian etika bisnis di atas, dapat disimpulkan bahwa etika bisnis menjadi pedoman bagi para pebisnis mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan dalam menjalankan bisnis.

Lalu, apa saja prinsip etika bisnis?

Prinsip etika bisnis yang dapat dijalankan selama berbisnis, meliputi:

Prinsip kejujuran

Kejujuran akan membawa kesuksesan juga kepercayaan dari pihak lain yang bekerja sama dengan kita. Apalagi di hadapan konsumen, kepercayaan adalah yang paling utama sehingga mereka loyal. Misalnya, jangan membuat promo yang menipu dan menjebak konsumen.

Prinsip otonomi

Memiliki otonomi berarti sadar dan mengetahui betul apa yang dilakukan termasuk konsekuensinya ketika berbisnis. Ini berarti paham dengan aturan yang harus dipatuhi dan tahu mana hal baik yang harus dilakukan.

Prinsip saling menguntungkan

Bisnis harus dijalankan dengan cara-cara yang baik sehingga menguntungkan semua pihak yang terlibat. Pengusaha harus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen dan menyampaikan barang atau layanan terbaik sehingga mereka puas.

Prinsip keadilan

Jangan sampai salah satu pihak dirugikan dalam suatu hubungan bisnis. Baik dengan pihak internal maupun eksternal, hak-hak semua pihak harus terpenuhi.

Prinsip integritas moral

Pebisnis, karyawan, maupun bagian manajemen harus sebisa mungkin menjaga nama baik perusahaan. Selain itu, pebisnis juga perlu membangun rasa bangga dan percaya diri yang turut tercermin dari perusahaan.

Sumber lain dari Caux Round Table for Moral Capitalism, menyebutkan prinsip etika bisnis meliputi:

  • Tanggung jawab dalam hal yang dikerjakan.
  • Aspek bisnis harus mengarah pada inovasi, keadilan, dan komunitas dunia.
  • Saling percaya dalam perilaku.

Jadi, apa pun bisnis yang sedang kamu jalankan, jangan lupa untuk menerapkan prinsip etika bisnis di atas ya. Bisnismu pun lancar dan tidak ada pihak yang dirugikan. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait